Resmi Mengaspal, Audi e-tron GT 2022 Dianggap Mobil Listrik Terganteng

INGLOSTADT, Carvaganza – Audi e-tron GT 2022 akan segera hadir dan melengkapi line up EV di jajaran Audi bersama e-tron dan e-tron Sportback 2021. Ketiganya merupakan kendaraan super mewah dan kencang yang ditenagai oleh motor listrik. Namun, sang desainer Marc Lichte menyatakan bahwa Audi e-tron GT 2022 merupakan model terbaik yang pernah ia ciptakan. Beberapa peminat mobil listrik dan sportscar pun setuju bahwa e-tron GT memiliki tampilan yang tidak dimiliki oleh sportscar lain. 

Di samping itu, Audi e-tron GT 2022 adalah sedan sport yang berbagi platform dengan Porsche Taycan. Serupa dengan Taycan, Audi e-tron GT 2022 memiliki konfigurasi 4 penumpang dengan panjang kendaraan mencapai lima meter dan lebar hampir dua meter. Ia akan bersaing di pasar sedan besar bertenaga listrik bersama dengan BMW 8-Series dan Tesla Model S. 

Audi e-tron GT versi produksi akan dibekali dengan dua motor listrik dan berpenggerak all-wheel drive Quattro. Motor listrik depan menghasilkan tenaga maksimal 235 hp, sedangkan motor listrik yang dipasang dibelakang mampu menghasilkan tenaga hingga 429 hp. Namun keduanya juga mampu menghasilkan tenaga kombinasi 469 hp bahkan saat menggunakan mode Launch tenaganya bisa meningkat hingga 522 hp dalam 2,5 detik. Sedangkan untuk kemampuan akselerasinya, Audi e-tron GT 2022 ini bisa mencapai 0-100 km/jam dalam 3,9 detik. Selain itu kecepatan maksimalnya pun bisa menyentuh angka 244 km/jam. 

Audi e-Tron GT

Pengembangan lainnya terdapat pada peningkatan downforce pada desain e-tron GT 2022. Di antaranya adalah menggunakan spoiler belakang aktif juga penyesuaian ketinggian telah meningkatkan mencapai koefisien drag 0,24.

Platform Taycan pada e-tron GT juga termasuk pada pengembangan penggerak all-wheel drive Quattro dan transmisi dua percepatan. Gigi pertama ditujukan saat kendaraan baru memulai perjalanan atau start-engine. Sedangkan gigi kedua yang memiliki fungsi saat berakselerasi di jalan tol dengan tetap meningkatkan efisiensi baterai. Audi e-tron GT 2022 juga menggunakan baterai dua paket baterai yang digunakan pada Porsche Taycan 4S. Baterai berkapasitas 93 kWh ini juga mampu membawa Audi e-tron GT menjelajah hingga 482 km. Keunggulan lain yang dapat ditemukan dari sedan grand tourer ini adalah waktu pengisian daya yang cukup singkat hanya membutuhkan 22 menit untuk mencapai 80%.

Di dalam kabin Audi e-tron GT 2022 terdapat material non kulit yang membungkusnya kecuali pada bagian kemudi namun material kulit Nappa juga masih tersedia sebagai pilihan. Keempat joknya dapat diatur hingga delapan posisi dengan desain bucket sport seat yang memiliki kursi pijat dan pemanas. Layanan hiburannya dibekali dengan layar 10,1 inci yang sudah didukung dengan sistem MMI.

Audi e-Tron GT

Audi e-tron GT pertama kali muncul ke public pada Los Angeles Auto Show 2018 dengan versi konsep. Saat itu, Audi e-tron GT tampil dengan desain coupe dan memiliki konfigurasi empat pintu dengan sentuhan performa dari divisi Audi Sport. 

Audi e-tron GT 2022 resmi mengaspal dan akan tersedia dalam empat varian yakni Audi e-tron GT Quattro, e-tron GT Premium Plus, e-tron GT Prestige dan Audi RS e-tron GT. Harga yang dibanderol mulai dari USD 99.900 – USD 139.000 atau setara Rp. 1,4 – Rp. 2 Miliar (belum termasuk biaya pajak dan pengiriman). ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autoblog, Car and Driver

Artikel yang direkomendasikan untuk anda