Beranda Updates Mercedes F1 Ganti Livery Musim Ini, Bukan Silver Arrow Lagi

Mercedes F1 Ganti Livery Musim Ini, Bukan Silver Arrow Lagi

BRACKLEY, Carvaganza.com – Kurang dari sepekan jelang seri pertama Formula 1 musim 2020, tim Mercedes merilis livery barunya. Mercedes menyusul Williams menjadi tim yang meluncurkan livery kedua, sebelum balapan pertama. Namun livery baru Mercedes tidak berkaitan dengan perubahan pada sponsorship.

Warna perak atau silver yang menjadi ciri khas Mercedes tidak dipakai pada livery baru. Melainkan, mobil Mercedes W11 tampil gelap dengan livery berwarna dominan hitam. Bisa dibilang livery baru ini tidak lagi membuat Mercedes layak disebut sebagai Silver Arrow.

Keputusan Mercedes mengganti livery tahun ini berkaitan dengan isu rasisme dan diskriminasi yang telah berlangsung satu bulan terakhir ini. Apalagi, Lewis Hamilton sebagai pembalap berkulit hitam di tim juga belakangan aktif bersuara terkait isu global ini.

Hamilton telah menginisiasi pembentukan komisi baru untuk meningkatkan keragaman di motorsport. Formula 1 sendiri kemudian menyusul dengan inisiatif kampanye #WeRaceAsOne, bersama Satuan Tugas baru yang khusus indeitifikasikan lapangan kerja dan pendidikan untuk mereka yang kurang beruntung.

Warna hitam secara keseluruhan menggantikan warna dasar perak yang identik dengan Mercedes selama ini. Praktis perubahan hanya terjadi pada warna dasar mobil. Tema desain livery masih sama seperti sebelumnya, lengkap dengan striping hijau muda milik Petronas dan pola logo Mercedes di engine cover.

“Rasisme dan diskirminasi tidak ada tempat di dalam masyarakat kami, olahraga kami atau tim kami: ini adalah keyakinan inti dari Mercedes. Tetapi memiliki keyakinan yang benar dan pola pikir yang benar tidak cukup kalau kita tetap diam,” kata Toto Wolff, bos tim Mercedes.

“Kami ingin menggunakan suara kami dan platform global kami untuk berbicara pada penghormatan dan kesetaraan, dan Silver Arrow akan balapan dengan warna hitam untuk sepanjang musim 2020 demi menunjukkan komitmen kami pada keragaman yang lebih besar dalam tim kami dan olahraga kami.”

Dari penjelasan Wolff, livery baru ini akan dipakai sepanjang musim 2020 berjalan, mulai dari seri Austria akhir pekan ini. Tidak hanya mobil, tema warna baru juga akan berlaku pada seragam seluruh personil tim Mercedes, termasuk pembalap. Desain livery helm Hamilton dan Valtteri Bottas juga diperkirakan akan ikut berubah mengikuti.

“Kami ingin membangun sebuah warisan yang melampaui olahraga ini dan kalau kami bisa menjadi pemimpin dan bisa mulai membangun lebih banyak keragaman dalam bisnis kita sendiri,” kata Hamilton.

“Itu akan mengirim pesan yang kuat dan memberi orang lain kepercayaan diri untuk memulai dialog tentang bagaimana mereka dapat menerapkan perubahan.”

Sumber: Formula 1

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Beda dari Versi Global, Honda Jazz di Indonesia akan Berwujud City Hatchback?

JAKARTA, Carvaganza.com – Sudah hampir setahun Honda Jazz/Fit generasi terbaru debut sejak Tokyo Motor Show 2019. Sampai saat ini juga, belum ada titik cerah...

Hyundai i30 N Facelift: Lebih Hot, Kencang, dan Canggih

SEOUL, Carvaganza.com – Resmi sudah Hyundai i30 N versi baru diluncurkan sebagai hot hatchback performa tinggi, untuk melawan para rival dari Jepang dan Eropa....

Jawab Tantangan Lucid Motors, Tesla Kenalkan Model S Plaid

SAN CARLOS, Carvaganza.com - Lucid Motors memulai genderang perang. Diawali perkenalan Lucid Air Dream Edition awal September lalu, langsung membuat telinga Tesla panas. Tanpa...

Honda Resmi Mulai Brio Virtual Drift Challenge, Ada Hadiah Puluhan Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) terus berupaya membuat para pecinta Honda betah di rumah selama pandemi berlangsung. Menyusul peluncuran mobil game...