Beranda Updates Mercedes-AMG Punya Turbocharger Baru, Adopsi Teknologi F1

Mercedes-AMG Punya Turbocharger Baru, Adopsi Teknologi F1

AFFALTERBACH, Carvaganza.com – Demi menawarkan generasi baru mesin yang lebih bertenaga namun tetap efisien dan ramah lingkungan, Mercedes-AMG perkenalkan teknologi terbarunya. Dikembangkan langsung oleh Mercedes-AMG High Performance Powertrain (HPP), kini lahir turbocharger baru dengan dukungan sistem elektris.

Unit turbo baru ini bekerja dengan bantuan kelistrikan, agar dapat langsung bekerja saat mesin masih di putaran (rpm) rendah sekalipun. Dengan begitu, mesin bisa lebih instan mendapatkan torsi optimal saat dibutuhkan setiap waktu. Gejala turbo lag semakin dieliminasi oleh teknologi baru ini.

Dikembangkan oleh Mercedes-AMG HPP, teknologi ini bisa dibilang turunan langsung dari keunggulan Mercedes di Formula 1 yang didominasinya saat ini. Divisi khusus ini memang bertanggung jawab pada pengembangan dan produksi mesin Mercedes yang digunakan di Formula 1.

Rencananya, turbo baru ini akan menggantikan teknologi turbo lama yang beroperasi hanya mengandalkan gas buang dari mesin. Mercedes akan memasang turbo baru ini pada unit mesin AMG 2,0 liter empat silinder dan V8 4,0 liter.

Perancangan dan engineering dari turbo baru ini dikembangkan Mercedes-AMG bersama dengan Garrett Motion, produsen turbo yang tentunya sudah tidak asing. Keduanya sudah lebih dulu berkolaborasi dengan ciptakan turbo dengan asistensi elektris, untuk model AMG 53, bermesin 3,0 liter.

Sistem baru ini bekerja menggunakan motor listrik kompak, yang terintegrasi poros turbocharger. Posisinya terletak di antara roda kompresor di inlet udara bersih dan roda turbin pada sisi outlet, untuk mendongkrak induksi. Motor listrik ini bekerja pada sistem elektris 48V, yang digunakan menggerakkan kompresor di awal  masuknya gas buang ke turbo. Dengan begitu, turbo sudah aktif sejak putaran awal.

Diklaim pabrikan, unit turbo ini bisa beroperasi hingga pada putaran 170.000 rpm, demi menyediakan aliran udara dalam rasio lebih tinggi. Unit turbo, motor listrik dan sistem elektronik semuanya terhubung ke sirkuit pendingin mesin.

“Kami telah dengan jelas menetapkan tujuan kami untuk masa depan berleektrifikasi. Dengan langkah ini kami secara strategis melengkapi teknologi modular kami dan menyesuaikannya dengan kebutuhan performa kami,” jelas Tobias Moers, Chairman AMG.

“Pada Langkah pertama ini termasuk turbocharger listrik – sebuah contoh transfer teknologi Formula 1 ke jalan raya, sesuatu yang bersamanya kami akan bawa turbochager mesin pembakaran ke level yang tidak terjangkau sebelumnya.”

Detail informasi teknis terkait sistem turbo baru ini belum dirilis oleh Mercedes-AMG. Hanya diklaim bahwa turbo baru akan meningkatkan respons mesin dari saat kecepatan idle, juga sampai seluruh rentang putaran mesin. Yang pasti, Mercedes-AMG merancang turbo baru ini demi memberikan torsi tinggi sejak putaran awal mesin.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Bingung Pilih Toyota Calya Atau Daihatsu Sigra? Simak Ulasan Ini!

Menjelang liburan akhir tahun biasanya tren penjualan mobil naik, mengikuti kebutuhan mudik. Andai keperluan dan ketersediaan finansial berada di segmen LCGC. Ada dua opsi...

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition vs Suzuki XL7 Alpha, Pilih Mana?

Edisi terbatas sering menjadi senjata pabrikan otomotif untuk memikat pelanggan. Lantaran tak banyak dijual, memberikan kesan eksklusif. Salah satunya Xpander Cross Rockford Fosgate Black...

Hypercar Elektrik, Pininfarina Battista Tawarkan Isi Baterai Gratis Selama Lima Tahun

Geneva Motor Show 2019 menjadi saksi lahirnya hypercar elektrik berwujud cantik, Pininfarina Battista. Diklaim sebagai mobil paling bertenaga yang pernah didesain dan diciptakan di...

Rutin Ganti Pelumas Mobil Lubricants, Menangkan Ratusan Hadiah Langsung

TANGERANG, Carvaganza -- Perawatan mesin secara rutin dan berkala menjadi salah satu cara untuk menjaga mesin kendaraan Anda tetap awet dan prima. Perhatikan beberapa...

Bugatti Bolide, Hypercar Ekstrem 1.824 Hp yang Siap Pecahkan Rekor

MOLSHEIM, Carvaganza.com - Sosok hypercar misterius yang baru-baru ini Bugatti tes di Paul Ricard, Perancis akhirnya resmi diungkap ke publik. Adalah Bugatti Bolide, nama...