Beranda Updates Mercedes-AMG Punya Turbocharger Baru, Adopsi Teknologi F1

Mercedes-AMG Punya Turbocharger Baru, Adopsi Teknologi F1

AFFALTERBACH, Carvaganza.com – Demi menawarkan generasi baru mesin yang lebih bertenaga namun tetap efisien dan ramah lingkungan, Mercedes-AMG perkenalkan teknologi terbarunya. Dikembangkan langsung oleh Mercedes-AMG High Performance Powertrain (HPP), kini lahir turbocharger baru dengan dukungan sistem elektris.

Unit turbo baru ini bekerja dengan bantuan kelistrikan, agar dapat langsung bekerja saat mesin masih di putaran (rpm) rendah sekalipun. Dengan begitu, mesin bisa lebih instan mendapatkan torsi optimal saat dibutuhkan setiap waktu. Gejala turbo lag semakin dieliminasi oleh teknologi baru ini.

Dikembangkan oleh Mercedes-AMG HPP, teknologi ini bisa dibilang turunan langsung dari keunggulan Mercedes di Formula 1 yang didominasinya saat ini. Divisi khusus ini memang bertanggung jawab pada pengembangan dan produksi mesin Mercedes yang digunakan di Formula 1.

Rencananya, turbo baru ini akan menggantikan teknologi turbo lama yang beroperasi hanya mengandalkan gas buang dari mesin. Mercedes akan memasang turbo baru ini pada unit mesin AMG 2,0 liter empat silinder dan V8 4,0 liter.

Perancangan dan engineering dari turbo baru ini dikembangkan Mercedes-AMG bersama dengan Garrett Motion, produsen turbo yang tentunya sudah tidak asing. Keduanya sudah lebih dulu berkolaborasi dengan ciptakan turbo dengan asistensi elektris, untuk model AMG 53, bermesin 3,0 liter.

Sistem baru ini bekerja menggunakan motor listrik kompak, yang terintegrasi poros turbocharger. Posisinya terletak di antara roda kompresor di inlet udara bersih dan roda turbin pada sisi outlet, untuk mendongkrak induksi. Motor listrik ini bekerja pada sistem elektris 48V, yang digunakan menggerakkan kompresor di awal  masuknya gas buang ke turbo. Dengan begitu, turbo sudah aktif sejak putaran awal.

Diklaim pabrikan, unit turbo ini bisa beroperasi hingga pada putaran 170.000 rpm, demi menyediakan aliran udara dalam rasio lebih tinggi. Unit turbo, motor listrik dan sistem elektronik semuanya terhubung ke sirkuit pendingin mesin.

“Kami telah dengan jelas menetapkan tujuan kami untuk masa depan berleektrifikasi. Dengan langkah ini kami secara strategis melengkapi teknologi modular kami dan menyesuaikannya dengan kebutuhan performa kami,” jelas Tobias Moers, Chairman AMG.

“Pada Langkah pertama ini termasuk turbocharger listrik – sebuah contoh transfer teknologi Formula 1 ke jalan raya, sesuatu yang bersamanya kami akan bawa turbochager mesin pembakaran ke level yang tidak terjangkau sebelumnya.”

Detail informasi teknis terkait sistem turbo baru ini belum dirilis oleh Mercedes-AMG. Hanya diklaim bahwa turbo baru akan meningkatkan respons mesin dari saat kecepatan idle, juga sampai seluruh rentang putaran mesin. Yang pasti, Mercedes-AMG merancang turbo baru ini demi memberikan torsi tinggi sejak putaran awal mesin.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Bridgestone Kenalkan Teknologi ELITEN, Khusus Mobil Listrik

BRUSSELS, Carvaganza – Perkembangan teknologi ban sejalan dengan tren mobil listrik. Pabrikan ban raksasa Bridgestone menciptakan teknologi baru yang disebut ENLITEN yang khusus digunakan...

Dari Sedan Ke SUV, Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Jika kehadiran generasi keenam  Toyota Corolla ditandai munculnya Bubble Economy Jepang pada 1987, kelahiran generasi ketujuh justru ditandai dengan hancurnya Bubble...

Ekspor Meningkat, Suzuki Kapalkan 5.030 Kendaraan di Juli

JAKARTA, Carvaganza – Selain penjualan, tren peningkatan ekspor produk-produk Suzuki buatan Indonesia terus berlanjut ke semester kedua 2020. Selama bulan Juli lalu, PT Suzuki...

Tambah Line-Up, MG HS Siap Diluncurkan di Indonesia Besok

JAKARTA, Carvaganza -- Setelah 4 bulan sejak peluncuran mobil perdananya di Indonesia akhir Maret lalu, MG siap memperkenalkan model keduanya di Indonesia. Manufaktur Inggris...

Ioniq akan Menjadi Sub-Merek Hyundai Khusus Mobil Listrik

SEOUL, Carvaganza.com – Selama ini kita mengenal Ioniq sebagai nama salah satu model mobil listrik lansiran Hyundai. Ke depannya, Hyundai akan menggunakan nama Ioniq...