Land Rover Akan Tambah Keluarga Defender Pada 2022

Land Rover Defender

JAKARTA, CARVAGANZA - Akhirnya secara resmi Land Rover Defender dengan dimensi yang lebih besar ini akan dipasar pada 18 bulan mendatang. Rumor tentang kehadiran Land Rover Defender tiga baris sebenarnya sudah muncul sebelum pabrikan menghidupkan kembali Defender pada 2019 lalu. Dikenal sebagai Defender 130, SUV ini menawarkan konfigurasi 7-penumpang dan akan menyasar pasar baru di Amerika Utara, Cina dan Timur Tengah.

Namun menurut Land Rover pada beberapa tahun lalu, pengembangan Defender 130 ini hanya pada konfigurasi penumpangnya. Meski memiliki panjang dimensi yang mencapai 5,1 meter, namun Defender 130 tetap mempertahankan jarak sumbu roda 3,022 mm sama seperti Defender 110.

Land Rover Defender

Defender 130 akan dijual bersamaan dengan Defender 90 dan 110 dalam mesin plug-in hybrid dan mesin konfigurasi V8. Inilah Defender dengan kemampuan yang lebih lagi dibanding jajaran lini produk Defender yang lain.

Di bawah bendera Tata Motors, Land Rover berjanji akan terus bereskpansi pada model-modelnya. Fokus utamanya adalah tetap menghadirkan kendaraan-kendaraan yang memiliki kemampuan off-road sejati dengan teknologi yang terdepan. Tata Motors yakin bahwa segmen ini akan terus berkembang dan diminati pada tahun-tahun ke depan.

Land Rover Defender

Director Desain Jaguar Land Rover, Gerry McGovern pun mengisyaratkan bahwa ini memang pasar yang berkembang bagi pabrikan. Ditambah lagi dengan menggunakan basis atau platform yang sudah ada, mereka tidak terlalu banyak berinvestasi dalam hal pengembangan Defender ini. Ia yakin bahwa Defender memiliki kekuatan tersendiri bagi brand untuk menarik minat konsumennya.

Saat ini, JLR tengah mengumumkan strategi Reimagine yang fokus pada pengembangan model Jaguar menjadi kendaraan listrik di 2025. Sejalan dengan itu, produk Land Rover pun juga akan tersedia dengan tenaga listrik yang meliputi Range Rover, Dicovery dan tentu saja Defender. Pabrikan merencanakan merilis model pertama Land Rover dengan mesin eletrik pada 2024 mendatang. Sedangkan Land Rover Defender yang ditenagai listrik akan diperkenalkan pada tahun berikutnya.

Land Rover Defender

Beberapa model yang sudah menggunakan mesin hybrid di antaranya adalah Land Rover Range Rover Velar Plug-In Hybrid, Defender Plug-in Hybrid dan Range Rover Evoque Hybrid. Land Rover fokus pada pengembangan mesin hybrid berbasis plug-in hybrid dan mild hybrid electric vehicle.

Keduanya memiliki perbedaan mekanisme kerja, misalnya model plug-in hybrid yang mengoperasikan dua mesin (listrik & konvensional) menjadi tombak utama untuk menggerakan kendaraan dan dapat menghasilkan tenaga secara bersama-sama.

Sedangkan pada sistem mild-hybrid electric vehicle terdapat perbedaan mekanisme dalam sektor sumber tenaga. Antara motor listrik dan mesin konvensional memiliki tugas terpisah dalam menggerakan kendaraan. Berbeda dengan model plug-in, mild hybrid ini tidak membutuhkan pengisian daya baterai karena energinya disuplay langsung oleh mesin pembakaran. ALVANDO NOYA / RS

Baca juga: Smart akan Rilis SUV Listrik Hasil Garapan Mercedes-Benz & Geely

Sumber: Motor1

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Land Rover Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya