Smart akan Rilis SUV Listrik Hasil Garapan Mercedes-Benz & Geely

HANGZHOU, Carvaganza – Mercedes-Benz dan Geely dikabarkan segera mengenalkan SUV listrik dengan basis Smart di Munich Motor Show 2021. Ini merupakan produk pertama yang dihasilkan oleh kolaborasi dua perusahaan Jerman-China sekaligus merombak konsep dasar Smart sebagai sebuah mobil mungil. Dikenal dengan kode HX11, Smart SUV memiliki dimensi panjang hingga empat meter dan akan berperang di segmen SUV kompak. Meskipun, tidak sungguh-sungguh kompak seperti model Smart yang selama ini kita ketahui. 

Mercedes dan Geely sedikit mengubah diksi kompak pada Smart dengan menghadirkan konfigurasi 4-pintu dan 5-penumpang. Ia juga akan ditenagai dengan motor listrik dari baterai berkapasitas 70 kWh dengan tenaga maksimal 268 hp. Bahkan kedua pabrikan sudah melakukan berbagai pengujian termasuk daya jelajah pada calon SUV Smart ini, di atas kertas ia bisa dikendarai hingga 500 km. 

Kedua raksasa otomotif pun sudah sepakat untuk berbagi pekerjaan dalam melahirkan Smart SUV. Dilansir dari Autocar.com, Mercedes sepakat untuk fokus pada urusan desain sedangkan Geely akan memaksimalkan pengembangan dan produksi. Bahkan jalur produksinya pun sudah disiapkan di fasilitas Geely di kota Xi’an, China. SUV Smart akan berada satu rumah dengan jalur produksi Smart EQ Fortwo dan EQ Forfour.

Setelah diperkenalkan pada tahun ini, pabrikan memproyeksikan SUV Smart terbaru akan mulai diproduksi pada 2022. "Ini mungkin mengejutkan bagi sebagian orang: Smart akan memasuki pasar SUV dengan tenaga full listrik - luas namun kompak. Ini akan menjadi kendaraan pertama dari kolaborasi antara Mercedes-Benz dan Geely, yang akan keluar pada tahun 2022, dibangun di China,” kata Daniel Lescow, Vice-President of Global Sales Smart. 

Kerjasama kedua pabrikan ini didorong oleh keinginan Mercedes untuk meningkatkan volume penjualan Smart di masa depan. Markus Schafer yang merupakan Director of R&D pernah menyampaikan bahwa kerja sama ini akan menghasilkan masa depan Smart yang menjanjikan dibanding sebelumnya. Hal tersebut terkait pada peningkatan volume penjualan di dunia. Ia mengakui bahwa Smart sukses menciptakan sebuah kendaraan kompak yang unik namun sayang gagal dalam hal marketing. 

Diharapkan dengan kemampuan Geely yang dekat dengan Volvo dapat menghasilkan sesuatu yang berbeda sepanjang sejarah Smart. Selain itu, Mercedes yang sangat apik dalam menghadirkan desain juga dapat mendorong peningkatan kuantitas Smart di pasar otomotif dunia. Sekaligus menjadi sebuah “menu baru” bagi konsumen yang selama ini dekat dengan brand Smart.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda