Lamborghini akan Gunakan Dual-Clutch di Semua Produknya

ROMA, 21 Januari 2016 -- Lamborghini mengumumkan bahwa nantinya semua produk Lamborghini tidak akan lagi menggunakan transmisi dengan sistem single cluth. Nantinya semua produk Lamborghini nantinya akan menggunakan transmisi otomatis Dual-Clutch.

Sebelumnya, pabrikan mobil sport lainnya, Ferrari, sudah mengganti transmisi single clutch dengan Dual-Clutch. Hal yang sama juga dilakukan McLaren dan Audi. Pabrikan asal Jerman, Porsche, sudah mengganti transmisi dengan Porsche Doppelkupplungsgetriebe (PDK). PDK adalah transmisi otomatis yang dikembangkan oleh Porsche dengan teknologi kopling ganda.

“Anda tidak akan lebih cepat dari menggunakan transmisi otomatis Dual-Clutch jika anda menggunakan transmisi manual,” ujar Stefan Winkelman, Lamborghini CEO.

“Sekarang sudah tidak ada orang yang menanyakan transmisi single clutch. Ketika saya pertama kali bergabung dengan Lamborghini, mungkin hanya 10% yang menanyakan transmisi model ini,” tambahnya.

Maurizio Reggiani, chief of research and development, mengatakan menggunakan transmisi otomatis Dual-Clutch adalah yang pertama kali untuk Lamborghini. Dua produk mereka yang tergolong baru yaitu Gallardo dan Muchielago juga masih menggunakan transmisi dengan model ini.

TITO LISTYADI

Artikel yang direkomendasikan untuk anda