Ini Alasan Memilih Suzuki All New Ertiga di Antara Banyak Pemain LMPV

Suzuki All New Ertiga

JAKARTA, Carvaganza -- Segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) terbilang unik. Konsumen di segmen ini menginginkan mobil dengan kriteria nan ideal; harga murah, mesin irit, kabin luas dan nyaman, serta mampu menampung banyak orang. Meski bikin pusing banyak pabrikan, tapi mereka berusaha memenuhi permintaan tersebut lantaran inilah segmen paling gemuk di Tanah Air.

Alasan konsumen memilih kendaraan juga bermacam-macam. Ada karena faktor gengsi, harga murah, tapi tentu saja ada juga atas dasar kebutuhan fitur lengkap. Suzuki Ertiga ditawarkan dalam 3 varian GA, GL, dan GX. Mana pilihan terbaik dari mobil dengan tagline yaitu Kebanggaan Keluarga itu?

All New Ertiga memiliki bodi yang lebih besar dibanding generasi awal, berpengaruh ke luas kabin. Efek paling terasa di kursi baris ketiga, bisa diduduki penumpang dewasa dengan cukup nyaman. Tak kalah penting, kini tersaji area bagasi lebih luas, meski kursi dalam keadaan tidak terlipat. Bila butuh mengangkut banyak barang, tinggal merebahkan sandaran ke depan, maka terhampar lantai rata. Sangat praktis karena tak perlu proses melipat yang sulit.

Kemudahan bagi pengguna Ertiga dimulai dari depan. Pengemudi kini sudah menggunakan keyless dan push start/stop button. Tak lagi menggunakan metode kuno berupa kunci biasa. Lalu head unit menggunakan layar 8 inci. Pindah ke belakang 2nd row armrest memanjakan penumpang tengah. Plus ventilated cup holder.

Suzuki All New Ertiga

Dari segi kenyamanan, Ertiga sudah dilengkapi double blower AC. Fitur ini penting terdapat di mobil keluarga 7-seater, supaya udara dingin cepat merata ke seluruh kabin. Tersedia arm rest di bagian tengah kursi baris kedua. Kontrol AC pun berubah model tombol plus layar digital. Berubah modern dan kekinian.

Suspensinya nyaman dan stabil, dapat dikatakan salah satu terbaik di kelasnya. Semua itu berkat platform Heartect yang diklaim lebih ringan dan rigid dari basis Ertiga lama. Bantingannya masih seenak Ertiga lama dengan jenis suspensi sama.

Mesin juga alami peningkatan signifikan. Tetap pakai seri K yang terkenal irit, kini jadi K15B dengan kubikasi 1.500 cc. Untuk Ertiga tipe GL ada opsi transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Kami sudah mencoba keduanya dan merasakan perbaikan performa dibanding model terdahulu. Terutama torsi yang lebih berisi di putaran rendah, membuat akselerasi di tiap percepatan lebih ringan.

Suzuki All New Ertiga interior

Konsumsi BBM Ertiga terbilang irit. Mesin bensin ini untuk dalam kota mencapai 12,3 km/liter untuk pemakaian kecepatan rata-rata 20 km/jam, dan 17 km/l di jalan tol dengan penggunaan konstan di 100 km/jam. Jika menggunakan teknik eco driving, All New Ertiga transmisi manual mencatatkan angka 33,45 km/liter dan transmisi otomatis 29,67 km/liter. Data ini diambil dari kegiatan All New Ertiga Tripventure yang diselenggarakan 27-28 Agustus 2019 lalu di Cirebon oleh wartawan otomotif.

Soal fitur keselamatan dan keamanan tak dilupakan Suzuki. Ertiga dilengkapi perangkat standar sesuai kebutuhan paling dasar saat ini. Sudah pasti ada dual SRS airbag serta ABS+EBD di sektor pengereman. Saat berkendara dibantu Hill Hold Control dan Electronic Stability Programme. APAR dan Immobilizer bertugas menjaga keamanan mobil agar tidak mudah digondol maling. Setidaknya fitur yang semakin penting sekarang ini sudah tersedia.

Nah, terakhir soal harga. Normalnya saja Suzuki Ertiga sangat kompetitif dengan lawan sekelas. Jika ditambah potongan harga, tentu semakin menarik. Apalagi saat ini kebijakan PPnBM berlaku sampai akhir tahun. Jika berminat silahkan datang ke dealer Suzuki terdekat. (RAJU)

Harga All New Ertiga OTR Oktober 2021:

Tipe Harga
All New Ertiga GA MT Rp 201.900.000
All New Ertiga GL MT Rp 220.700.000
All New Ertiga GL AT Rp 230.500.000
All New Ertiga GX MT Rp 234.000.000
All New Ertiga GX AT Rp 243.850.000
All New Ertiga Suzuki Sport MT Rp 245.350.000
All New Ertiga Suzuki Sport AT Rp 255.150.000

Mobil Suzuki Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature