Hyundai ix20, Getting There

Hyundai ix20, Getting There

Persaingan industri otomotif memang ketat dan dingin, bagaikan kolam penuh dengan ikan hiu yang tak segan melahap ikan-ikan yang lebih kecil. Lantas bagaimana dengan Hyundai? Sebagai pemain yang relatif baru – belum genap 50 tahun – posisi pabrikan mobil asal Korea ini kalah start dan masih rawan kena sikut.

Sepertinya Hyundai menyadari hal itu dan melakukan langkah-langkah strategis seperti merekrut Peter Schreyer sebagai chief designer di awal 2013. Peter merupakan mantan desainer Audi dan Volkswagen dan namanya meroket berkat kontribusinya terhadap desain Audi TT. Ia berambisi ingin mengubah ‘wajah Hyundai’ demi menonjolkan karakter desainnya sekaligus memberikan identitas.

Ambisi Peter tertuang dalam new ix20 2016. Mini-MPV ini diperkenalkan pada Geneva Motor Show 2015 dan masih mempertahankan desain Hyundai yang mengalir. Tapi tak seperti versi-versi sebelumnya, new ix20 kali ini mendapat ‘wajah baru’.

23082015-Car-Hyundai_ix20_02

Tampilan baru ix20 semakin memperkuat kesan bold dengan menggunakan grille heksagonal baru berlapis chrome yang lebar. Impresi dinamis terlihat pada desain baru projector headlamps bi-function dan wheel cover 15-inci. New ix20 juga tersedia dengan pilihan velg 16 dan 17-inci.

Di dalam kabin, new ix20 masih mengusung kelapangan dan fleksibilitas – dua keunggulan yang membuat ix20 versi sebelumnya begitu populer di pasar Eropa. Berbekal wheelbase panjang berukuran 2.615mm dan tinggi mobil 1.600 mm, MPV ini menawarkan kabin yang cukup lega bagi 5 penumpang.

Interiornya dilengkapi audio system baru dengan Bluetooth connectivity, slot USB dan AUX sehingga memungkinkan Anda mendengar musik dari smartphone. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan koleksi lagu-lagu di My Music yang berkapasitas 1GB.

23082015-Car-Hyundai_ix20_04

Tak hanya tampilan, Hyundai juga upgrade mesin dieselnya. Kini new ix20 bermesin 1.6L diesel punya torsi yang lebih besar, 260 Nm hanya pada 1500 rpm. Sedangkan mesin bensin yang berteknologi Continuous Variable Valve Timing (CVVT) tersebut mendapat transmisi otomatis 6-kecepatan baru, menggantikan transmisi otomatis 4-kecepatan pada model terdahulu sehingga lebih hemat bahan bakar.

Efisiensi BBM juga semakin meningkat dengan Blue Drive. Paket teknologi ini terdiri dari Stop & Go (ISG), low rolling-resistance tyre yang meminimalisir energi saat ban berputar, alternator management system (AMS) dan active air flap pada grille depan yang mampu meningkatkan aerodinamika.

Hyundai mungkin masih menjadi ‘ikan kecil’ dalam ‘kolam’ industri otomotif dunia. Tapi paling tidak, ia menawarkan pilihan mobil dengan desain yang diterima pasar Eropa dan harga yang lebih kompetitif.

23082015-Car-Hyundai_ix20_03

[table id=27 />

MIRAH PERTIWI

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature