Hypercar Listrik Lotus Evija Melakukan Debut Publik Perdana Di GoodWood SpeedWeek

Produsen mobil asal Inggris, Lotus memperkenalkan hypercar bertenaga listrik pada 2019. Mobil yang memiliki kode produksi Type 130 itu rencananya mulai diproduksi pada pertengahan 2021 dan dijual terbatas, hanya 130 unit saja.

Mobil yang ditunggu-tunggu ini akhirnya melakukan debut publik perdana di GoodWood SpeedWeek. Evija beraksi di lintasan bersejarah itu bersama deretan supercar beroktan tinggi.

Tiga mobil pra-produksi diturunkan selama perhelatan di Goodwood. Satu mobil utuh dan dua mobil prototipe ditampilkan. Dua mobil dibalut livery balap Lotus berwarna hitam-emas yang legendaris. Mobil prototipenya juga dihiasi gambar sirkuit West Sussex dengan imbuhan tulisan ‘Lotus x Goodwood: Creating History since 1948’. Goodwood menjadi lintasan pertama yang dilindas ban mobil Lotus di kejuaraan balap.



Bangsawan terhormat, Lord March, anak dari Duke of Richmond yang jadi penyelenggara kegiatan ini ikut mencicipi performa dahsyat Lotus Evija. “Luar biasa kecepatannya. Saya belum pernah merasakan yang seperti ini,” ujarnya dalam keterangan pers yang dikirim Lotus kepada kami Jumat, (16/10).

Lebih lanjut, Charlie, nama aslinya, menyebut, “Kedatangan hypercar bertenaga listrik membawa semangat baru kepada generasi baru dan konsumen muda. Perkembangan mobil listrik dalam sepuluh tahun terakhir sangat luar biasa. Banyak potensi yang dimiliki mobil ini karena kita tetap dapat merasakan performa yang hebat dan menikmati kesenangan mengemudikan mobil berperforma tinggi.”

Gavan Kershaw, Director of Vehicle Attributes, Lotus mengatakan, “Kami senang sekali bisa mendemonstrasikan Evija di Goodwood. Lintasan Goodwood sangat cepat dan menantang karena permukaan jalan yang beragam. Kami bisa menguji dan mendemontrasikan mobil ini di beragam kondisi.”



Lotus Evija dirancang lewat filosofi desain yang sederhana. Tak banyak ornamen dan lekukan ditubuhnya. Semuanya didesain agar bobot kendaraan sangat ringan. Bahkan panel bodinya terbuat dari material serat karbon yang kokoh namun ringan. Material menjadi perhatian pentuing Lotus. Sampai velg berukuran 21-inci miliknya terbuat dari magnesium.

Proses desain mobil ini dipimpin oleh Design Director Lotus, Russel Carr. Ia secara evolusioner menciptakan desain lubang fender roda belakang yang terhubung dengan lubang udara di bagian belakang mobil.



Tapi tak hanya itu yang penting. Hypercar listrik berbobot 1.750 kg ini digerakkan empat motor elektris yang masing-masing menggerakkan setiap roda menjadikan Evija sebagai Hypercar listrik berpenggerak empat roda. Sistem penggeraknya dirancang oleh Williams Advanced Engineering.

Masing-masing motor elektris di setiap roda menghasilkan bertenaga 493 hp. Total output gabungannya 1.972 hp dengan torsi puncak 1.700 Nm. Kemampuan akselerasi 0-100 kph Lotus Evija diklaim di bawah 3 detik dengan kecepatan maksimum sanggup menyentuh 320 kpj. Mobil ini memiliki jarak tempuh sejaih 346 km sampai energi baterainya habis terkuras. Kemampuan luar biasa ini harus ditebus dengan harga yang fantastis pula. Butuh sekitar US$ 2 juta untuk bisa meminangnya.
RIZKI SATRIA



Sumber: Lotus

Artikel yang direkomendasikan untuk anda