GIIAS 2021: Aplikasi MySuzuki, Cara Optimalkan Service dan Spareparts

aplikasi MySuzuki

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai cara dilakukan pemegang merek untuk memaksimalkan layanannya. Di masa pandemi Covid-19 salah satu yang dimaksimalkan adalah penggunaan platform digital dalam sales, marketing, dan aftersales. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang turut mengoptimalkan pelayanan lewat platform digital seperti Call Center Halo Suzuki (0800 1100 800), SERA (Suzuki Emergency Road Assistance), serta digitalisasi lewat aplikasi MySuzuki dan website resmi.

Di tahun 2021, kinerja bengkel dan service Suzuki mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Menurut Hariadi, Service Asst. to Dept. Head PT SIS, permintaan service Suzuki meningkat ketika pandemi Covid-19.

"Hal ini karena banyaknya kendaraan yang lama tidak terpakai dan hendak dipakai sehingga harus melalui screening service terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah ketika digunakan dan mesin dapat bekerja secara optimal. Selain itu, peningkatan permintaan service ini juga terjadi karena adanya kemudahan dan keamanan pelayanan melalui platform digital yang dioptimalkan Suzuki, seperti Halo Suzuki dan SERA (Suzuki Emergency Road Assistance)," katanya.

Saat ini, Suzuki memiliki 462 bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk service mobil dan sepeda motor, Suzuki telah melayani 1.041.571 unit intake yang terdiri dari 770.985 mobil di total 234 bengkel dan 270.568 sepeda motor di total 228 bengkel. Dari total unit mobil tersebut, 39% masuk ke dalam kategori perbaikan ringan, 60% masuk ke dalam kategori perbaikan menengah, dan 2% masuk ke dalam kategori perbaikan berat.

bengkel suzuki

Suku Cadang

Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan penjualan suku cadang atau sparepart. Informasi itu disampaikan melalui sesi media discussion di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Pihaknya mengatakan selama pandemi 2020 terjadi penurunan sebesar 20,2 persen dibandingkan 2019. Produksi pun sempat terhenti dan permintaan menurun.

"Dari 2018 sparepart Suzuki selalu meningkat, penjualan pun naik hingga 106,1 persen. Namun sejak terjadi pandemi pada 2020, semua sektor industri termasuk Suzuki mengalami penurunan. Tapi saat di 2021 berangsur membaik bahkan tergolong recovery. Ditambah November dan Desember penjualan kami diperkirakan naik 108,8 persen," kata Dessy Karmilasari, Domestic Spareparts Sales Section Head PT SIS.

Secara kontribusi, hingga Oktober 2021 penjualan suku cadang kendaraan Suzuki masih didominasi oleh kendaraan roda empat. Mencakup mobil penumpang dan juga komersil. Tercatat sebanyak 64,9 persen, kemudian disusul roda dua 33,9 persen, lalu sisanya dari OBM (Outboard Motor/mesin kapal) sebanyak 1,2 persen. Dari ketiga model bisnis itu, yang paling dominan adalah penjualan Suzuki Genuine Part (SGP), semuanya di atas 50 persen, kemudian disusul Suzuki Genuine Oil (SGO), dan aksesori.

aplikasi MySuzuki

Aplikasi MySuzuki

Sejalan dengan ketentuan pembatasan jarak maupun pengendalian mobilitas, inovasi berperan penting untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya dengan menyediakan penjualan spare part melalui MySuzuki. Platform digital itu pada akhirnya dapat mengakomodasi konsumen yang butuh suku cadang maupun oli dengan mudah dan aman.

MySuzuki sebetulnya sudah disiapkan dari 2018. Aplikasi tersebut seperti e-commerce pada umumnya. Konsumen perlu repot pergi ke bengkel Suzuki, cukup mengakses aplikasi My Suzuki, segala aktivitas penjualan spare part, oli, dan aksesori resmi bisa dilakukan di sana.

“Mungkin ini karena ada PPKM, kemudian lebih banyak karyawan yang WFH, sehingga MySuzuki bisa sangat membantu customer yang tidak bisa keluar rumah. Berkat aplikasi My Suzuki penjualan kami dari 2018 sampai 2021 meningkat di atas 200 persen,” jelasnya.

Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT SIS menambahkan, sepanjang 2021, Suzuki mencatat transaksi melalui MySuzuki mengalami peningkatan sebesar 33 persen. Di 2022, Suzuki menargetkan penjualan spareparts dapat tumbuh 5–10 persen dibandingkan dengan 2021. “Kami menjamin keamanan pelayanan dan transaksi melalui digitalisasi seperti pada aplikasi MySuzuki yang terpercaya, karena kami terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan bagi pelanggan Suzuki,” ujarnya. (RAJU)

Mobil Suzuki Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya