Ford Uji Coba Mobil Tanpa Awak di California

Ford Uji Coba Mobil Tanpa Awak di California
CALIFORNIA, 18 Desember 2015 – Ford menjadi pabrikan terakhir yang mendapat izin melakukan uji coba autonomous car alias mobil tanpa awak di jalanan umum. The California Autonomous Vehicle Testing Program milik Ford rencananya akan dilakukan tahun depan.

Mobil yang akan digunakan adalah Ford Fusion Hybrid sedan yang dikembangkan oleh Research and Innovation Center milik Ford di Palo Alto. Lokasi yang menjadi markas 100 peneliti itu merupakan pusat riset terbesar di Silicon valley.

Ford Fusion Hybrid memadukan 80% teknologi dan 20% desain pada tubuh Ford Fusion Hybrid. Berbekal tenaga 188 HP  dan mesin 2.0 L 4silinder serta dilengkapi dengan baterai 1.4 kWh lithium-ion, mobil ini siap mencuri perhatian.

Presiden and CEO Ford Mark Fields mengatakan uji coba ini merupakan bagian dari 10 tahun program pembangunan kendaraan otonom Ford. “Mobil otonom merupakan langkah penting untuk menunjang transportasi dunia di masa depan,” katanya.

California menjadi lokasi favorit pengujian mobil tanpa awak. Ford mengikuti jejak beberapa pabrikan lain yang melakukan uji coba seperti BMW, Honda, Mercedes, Nissan, Tesla, dan Volkswagen, plus Google.

Sebelumnya, Ford sudah melakukan uji coba di sebuah kota buatan, M City, yang dibangun oleh Ann Arbor dari Universitas Michigan. Dalam uji coba tersebut teknologi yang diujikan yakni kamera depan, radar, sensor ultrasonic dan sensor lidar. Mobil ini juga dipersiapkan untuk melakukan interaksi virtual antara mobil otonom dan pejalan kaki, sensor yang mendeteksi dan melacak objek dalam pandangan kendaraan dan deteksi pejalan kaki berbasis kamera.



HAFNI KUSUMAWARDHANI

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya