F1: Cetak Pole ke-100, Strategi Superior Hamilton Menangkan GP Spanyol 2021

BARCELONA, Carvaganza – Persaingan kuat antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen kembali berlanjut ke seri F1 Grand Prix Spanyol 2021, Minggu (9/5/2021), di Sirkuit Barcelona. Adu strategi antara keduanya menyajikan pertarungan menarik di depan, di saat para rival lainnya tertinggal jauh. Kali ini, kemenangan kembali menjadi milik sang pembalap Mercedes.

Kemenangan diraih Hamilton diawali dengan start terdepan, yang merupakan pole position yang ke-100 baginya dan rekor yang terus dicetaknya di F1. Namun, meski start dari posisi pertama, upaya Hamilton meraih kemenangan tidaklah mudah.

Begitu lima lampu merah start padam, Verstappen dari posisi kedua langsung menusuk dan menyalip Hamilton menuju tikungan pertama. Di belakangnya, Valtteri Bottas juga harus kehilangan posisi ketiga karena disalip oleh Charles Leclerc dengan Ferrarinya. Leclercl bahkan sempat hampir menyalip Hamilton di tikungan 3, namun berhasil ditahan. Persaingan ini menjadi menu di baris depan selama stint pertama balapan berlangsung.

GP Spanyol 2021

Verstappen sanggup bertahan dan menjaga jarak cukup aman dari Hamilton di depan. Sementara Bottas yang tertahan Leclerc harus tertinggal dari dua pembalap di depan, karena kesulitan menyalip karena harus berada di belakang aliran udara kotor. Apalagi kecepatan mobil Ferrari milik Leclerc tidak sekompetitif Mercedes dan Red Bull di depannya.

Masih di awal balapan, safety car harus masuk ke trek karena mobil Yuki Tsunoda mengalami masalah mesin dan terhenti di tikungan 10 yang baru didesain ulang. Jarak yang kembali rapat antar para pembalap memberi peluang duo Mercedes untuk menyerang Verstappen. Namun saat safety car berakhir dan balapan restart, Verstappen berhasil lepas dari serangan Hamilton menuju tikungan pertama.

Meski sudah berhasil masuk ke range aktivasi DRS, masing-masing Hamilton dan Bottas tidak bisa cukup dekat untuk menyalip Verstappen dan Leclerc di depannya. Posisi empat besar ini bertahan sampai pit window pertama, dimana Bottas menjadi yang pertama masuk pit di lap 24. Lewat keputusan ini, Bottas akhirnya berhasil menyalip setelah Leclerc juga masuk pit beberapa lap kemudian.

Sementara duel Verstappen dan Hamilton, Red Bull lebih dulu lakukan pitstop untuk Verstappen. Namun ternyata, terjadi miskomunikasi yang membuat Verstappen salah tangkap dan masuk pit lebih awal dari strategi tim. Verstappen masuk pit di lap 25 dengan prosesi yang lambat sampai 4 detik, karena kru belum sepenuhnya siap.

GP Spanyol 2021 Safety Car

Hamilton baru masuk pit lima lap setelahnya, dan keluar pit masih di belakang Verstappen. Persaingan di dua posisi terdepan ini pun berlanjut dan semakin intens. Dalam beberapa lap, Hamilton dengan ban yang lebih baru berhasil masuk ke range DRS. Namun lagi-lagi turbulens dari mobil Red Bull menyulitkan Hamilton mengambil slipstream di belakang Verstappen.

Mercedes akhirnya memilih strategi alternatif, memanggil Hamilton kembali masuk pit di lap 42. Sementara Verstappen bertahan di depan dengan satu kali pit, Mercedes berharap bisa menyerang di akhir dengan strategi dua kali pit. Hamilton keluar pit di posisi ketiga, dengan jarak 23 detik dari Verstappen, dengan sisa balapan 23 lap.

Secara perlahan, setiap lapnya Hamilton memangkas jarak dengan Verstappen di depannya. Namun sebelum menuju rival utamanya, Hamilton harus melewati dulu Bottas. Meski sudah diberi team order, Bottas tidak dengan mudah membiarkan Hamilton menyalipnya di tikungan 10 di lap 52. Setelahnya, dengan ban yang jauh lebih segar, Hamilton memburu Verstappen menuju kemenangan.

GP Spanyol 2021

Sampai lap 58, jarak Hamilton dari Verstappen sudah kurang dari 3 detik. Tidak lama pun Hamilton masuk dalam jarak DRS, dan menyerangnya di lap 60. Sadar akan serangan rivalnya, Verstappen melakukan manuver bertahan cukup awal di trek lurus demi memecah slipstream untuk Hamilton. Namun usahanya kurang efektif, karena perbedaan kecepatan yang signifikan membuat Hamilton dengan mudah menyalipnya di tikungan 1.

Sadar tidak akan sanggup melawan lagi, Red Bull lantas memanggil Verstappen untuk masuk pit lagi di lap 61. Demi memaksimalkan poin yang bisa diraih, Red Bull mengincar poin dari fastes lap dari strategi pitstop di akhir balapan ini. Akhirnya Hamilton berhasil menang dengan jarka 15,8 detik dari Verstappen yang merebut fastes lap, diikuti Bottas di posisi ketiga. Ferrari pun meraih posisi finish terbaiknya musim ini melalui Leclerc di posisi keempat.
WAHYU HARIANTONO

GP Spanyol 2021

 

GP Spanyol 2021

Artikel yang direkomendasikan untuk anda