Dukung Pendidikan, Goodyear Dorong Pelajar Menyukai STEM

AKRON, Carvaganza.com – Pabrikan ban raksasa asal Amerika Serikat, Goodyear, tak sekedar berinovasi di bidang teknologi terutama ban. Mereka juga mendorong para pelajar sekolah menengah pertama dan atas di AS untuk menyukai bidang Science, Technology, Enginering Dan Math (STEM). Dukungan ini dilakukan lewat acara tahunan STEM Career Days.

Goodyear berharap acara ini bisa menginspirasi generasi muda menyukai bidang ini sehingga nantinya akan lahir berbagai inovasi baru – termasuk soal ban -- dari tangan para pelajar di masa depan. Di acara ini, Goodyear memperkenalkan pengetahuan dasar di bidang STEM. Mereka menghadirkan para profesional untuk mendorong siswa agar bisa menggali karir di bidang STEM.

Menurut Brandy Moorhead, Direktur, Pengembangan Produk Off-Highway Global Goodyear, perusahaannya berusaha turut mendorong siswa terlibat dalam bidang STEM. “Acara STEM Career Days ini merupakan peluang bagus bagi siswa untuk mendapatkan pemahaman dasar tentang STEM dan berharap ini bisa menginspirasi siswa mengejar karir di bidang ini,” katanya.

Sebagai informasi, STEM merupakan singkatan dari sebuah pendekatan pembelajaran interdisiplin antara ilmu pengetahuan, teknologi, Teknik atau rekayasa, serta matematika. Menurut Tom Torlakson, dalam bukunya 'Innovate: A Blueprint For Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education' (2014), pendekatan dari keempat aspek ini merupakan pasangan yang serasi antara masalah yang terjadi di dunia nyata dan juga pembelajaran berbasis masalah.

Pendekatan ini mampu menciptakan sebuah sistem pembelajaran secara kohesif dan pembelajaran aktif karena keempat aspek dibutuhkan secara bersamaan untuk menyelesaikan masalah. Solusi yang diberikan menunjukkan bahwa peserta didik mampu untuk menyatukan konsep abstrak dari setiap aspek.


Batal Karena COVID-19


Goodyear STEM Career Days sendiri dibagi menjadi dua acara yang ditujukan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Untuk High School digelar dan disponsori oleh Universitas Akron yang melibatkan sekitar 500 siswa.

STEM Career Days untuk kelas 9-12 ini dilangsungkan 29 Februari 2020 lalu. Siswa mengikuti serangkaian acara bersamaan dengan kompetisi Rube Goldberg yang mengharuskan siswa menggunakan prinsip-prinsip STEM untuk membuat perangkat yang dapat menyelesaikan tugas sederhana.

Para pemenang kompetisi akan menerima penghargaan di akhir acara. Selain itu, ada juga tur kampus Universitas Akron, konsultasi dengan para profesional, mahasiswa dan pembicara yang membahas berbagai topik serta pemberian beberapa beasiswa kepada siswa sekolah menengah atas.

Sayangnya kegiatan untuk tingkat SMP dibatalkan karena wabah virus COVID-19 melanda Amerika Serikat. Sedianya acara ini akan diadakan di pusat pembelajaran komunitas Firestone, sekolah umum Akron. Tahun lalu acara yang sama melibatkan sekitar 1.000 siswa. Kegiatan ini biasanya diisi pameran karir, kegiatan interaktif di kelas yang dikelola oleh organisasi lokal setempat.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda