Dongfeng Ketahuan Garap MPV Baru Calon Rival Wuling Cortez

BEIJING, Carvaganza – Keluarga model MPV dari pabrikan China sepertinya akan bertambah banyak. Baru-baru ini kedapatan sosok sebuah MPV sedang diuji, yang diselimuti penuh oleh kamuflase. Kuat diduga sosok tersebut adalah Dongfeng Scenery, yang segmennya bersinggungan dengan Baojun 730 alias Wuling Cortez.

Prototipe MPV ini terlihat punya perawakan yang lebih besar daripada Dongfeng Scenery S370. Artinya, model ini entah model penerus atau bahkan model untuk segmen yang lebih tinggi dari Scenery S370. Selain segmen, harganya juga diprediksi akan berdekatan dengan 730 alias Cortez.

Dari segi tampilan, mobil baru ini menggunakan kisi-kisi udara depan pada grille yang besar. Bentuk grille internal menggunakan desain dot matrix, yang penuh gaya. Wajah depan mengikuti gaya bahasa terbaru. Model bilah horizontal sudah ditanggalkan, berganti titik-titik chrome sebagai perwujudan Infinite Starlight Design. Lampu depan memiliki bentuk yang panjang dan menyipit. Wujud asli roman depan agak susah ditebak lantaran balutan stiker kamuflase sangat rata.

Spyshot Donfeng Scenery

Kemudian dari sisi bodi, mobil baru ini memiliki struktur tubuh standar ala MPV. Saat Anda mengamati baris kedua, ia tampak menggunakan desain pintu geser samping. Lalu pola velg berukuran besar jari-jari rapat, 15 palang. Berdasar informasi di sana, MPV tiga baris ini memiliki panjang 5.100 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.790 mm dan jarak sumbu roda 2.900 mm. Jika dimensi itu benar, maka seharusnya tatanan kabin bisa sangat lapang. Sebagai perbandingan, jarak sumbu roda Baojun 730 aka Wuling Cortez hanya 2.750 mm.

Sedangkan untuk interior dan tatanan lain. Ia bakal menggunakan konfigurasi tujuh penumpang. Kemudian bentuk lingkar kemudi tampak berbeda dari model eksis. Pakai tiga palang, namun bagian bawah setir rata alias flat bottomed. Dial klakson membulat, plus tombol multifungsi, termasuk audio switch tersisip.

Terlihat head unit monitor menggunakan gaya floating berukuran besar, mengikuti tren sekarang. Kemudian tuas transmisi menggunakan gaya T, bukan lagi bulat seperti di kendaraan BMW. Untuk layar MID pun menggunakan tipe digital, agar berkesan premium.

Dongfeng Scenery

Bicara soal mesin, berdasar bocoran beredar bakal dilengkapi dengan mesin bensin 2.0 liter turbo. Kemudian pilihan transmisi berupa otomatis CVT atau transmisi manual. Bobot kendaraan mencapai 2.425 kg. Opsi kedua, memakai mesin 1.5 liter direct injection turbo. Varian ini memiliki bobot total 2.385 kg, cukup berat untuk seukuran MPV. Kemudian masing-masing top speed yang bisa diraih mencapai 170 km/jam dan 190 km/jam.

Untuk kelengkapan fitur keselamatan dan keamanan belum tertera. Namun dari data, mobil berkode F527 ini hanya mengantongi peringkat empat bintang C-NCAP. Jika resmi dipasarkan, harga estimasi mencapai 100.000 yuan sampai 200.000 yuan. Angka ini setara dengan Rp 220 juta hingga Rp 445 jutaan di Tiongkok.
ANJAR LEKSANA / WH

Sumber: autohome, daydaynews

Artikel yang direkomendasikan untuk anda