Beranda New Cars Bentley Bentayga, The Ultra-Luxury SUV

Bentley Bentayga, The Ultra-Luxury SUV

JAKARTA, 6 Maret 2017 – Ettore Bugatti — insinyur, penggemar otomotif, dan juga pendiri Bugatti – tak sepenuhnya memuji ketika menyebut mobil balap keluaran Bentley sebagai ”le camion plus vite du monde” – truk tercepat di dunia. Pujian dan mungkin sekaligus ejekan itu ternyata kini terbukti.

Sembilan dekade kemudian Bentley melahirkan Bentley Bentayga, sport utility vehicle (SUV) alias truk tercepat di dunia — satu tambahan lain — dan juga termewah di dunia. Mobil dengan berat 2.4 ton, four-wheel-drive itu, mampu berlari 187 mil/jam atau 301 km/jam!

Banyak orang, dan mungkin termasuk Ettore Bugatti, tak pernah menyangka jika Bentley bisa membuat sebuah SUV dengan kecepatan wah. Maklum, pabrikan yang didirikan Walter Owen Bentley pada 18 Januari 1919 ini lebih dikenal sebagai pembuat sedan mewah ketimbang SUV.

Toh, Bentley mampu menjawabnya. Kehadiran Bentley Bentayga menjawab keraguan orang; satu, bahwa orang akan mau membayar sekitar Rp 10 miliar – plus minus — untuk sebuah SUV. Kedua, membuat sebuah luxury SUV dengan kecepatan sekitar 300 km/jam bukanlah perkara gampang.

Tampilan Gagah

Bentley Bentayga masuk ke Indonesia di bawah bendera PT Grandauto Dinamika, selaku agen tunggal pemegang merek Bentley Indonesia. Chief Operating Officer PT GAD, Roland Staehler, mengatakan Bentley Bentayga merupakan kombinasi dari kemewahan yang luar biasa dan menawarkan performa kemampuan off-road sekaligus dapat digunakan sehari-hari dalam segala situasi berkendara.

“Kami sangat optimis bahwa dengan memperkenalkan Bentley Bentayga, dapat menjadi game changer untuk Bentley juga untuk pasar SUV mewah di Indonesia,” ungkap Roland saat peluncurannya di showroom Bentley di Jakarta Selatan.

Soal tampilan, coba Anda bayangkan sebuah Bentley Flying Spur atau sedan mewah 4 pintu dari pabrikan Inggris tersebut, kemudian dibuat tinggi a la SUV. Secara fisik, Bentley Bentayga masuk dalam kategori big SUV. Menggunakan arsitektur yang sama dengan Audi Q7, Bentayga memiliki wheelbase 2.995 mm atau hanya 1 mm lebih panjang dari Q7. Meski demikian, Bentayga lebih besar dari Q7 berkat panjang 5140 mm, lebar 1998 – bahkan mencapai 2224 mm jika dihitung dengan spion — dan tinggi 1742 mm. Tampilannya makin gagah dengan velg 20 inci (opsional 21 dan 22 inci).

Kabin Super Mewah

Kemewahan tampil luar Bentayga juga terlihat pada bagian dalam. Desain interiornya mengesankan bahkan dibanding Bentley coupe maupun sedannya. Interior dibuat dengan handcrafted wood dan lapisan kulit secara menyeluruh. Ada yang unik dari sisi kabin. Pihak Bentley Indonesia mengatakan, pada dasarnya yang bisa dikonfigurasikan pada SUV mewah ini tak ada batasnya. Artinya, setiap Bentley lainnya, Bentayga memiliki interior dengan kualitas yang luar biasa baik.

Fitur-fitur kabin sangat tergantung pada pesanan konsumen atau contumized. Dengan kata lain, setiap Bentayga yang dipesan akan memiliki fitur yang berbeda-beda dan eksklusif.

Memasuki kabin Bentayga seperti kita memasuki kamar suite hotel bintang lima, serba wah. Tak ada perasaan kagok meski baru pertama kali duduk di jok berbahan kulit pun terasa sangat nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Semua panel diletakkan sedemikian rupa, sederhana, tidak neko-neko, dan gampang diadaptasi.

Performa Dahsyat

Bentley mengklaim Bentayga sebagai SUV tercepat di dunia. Hal ini dikarenakan Bentayga telah dibenamkan mesin W12 TSI twin turbocharged berkapasitas 6 liter yang mampu memuntahkan tenaga 600 hp pada 5.000-6.000 rpm dengan torsi raksasa 900 Nm pada 1.350-4.500 rpm.

Untuk menggerakkan mobil seberat 3,25 tonnya tersebut, tenaga disalurkan melalui transmisi ZF 8 speed automatic dan menggunakan sistem penggerak all wheel drive. Bentley mengklaim mesin ini dapat melesatkan Bentayga dari 0-100 km/jam dalam 4,1 detik dan dapat mencapai kecepatan maksimum 301 km/jam.

Konfigurasi suspensi multi link digunakan di depan dan belakang dengan suspensi udara self levelling. Yang istimewa, Active Anti-Roll Bar elektrik 48V tersedia yang diklaim membuat handlingnya sangat baik meski wujudnya sebagai sebuah SUV.

Segmen Baru

Meski baru resmi diperkenalkan pada jurnalis, Bentley Bentayga sebenarnya sudah dijual sejak tahun lalu. “Seperti yang kalian ketahui, Bentayga sudah diperkenalkan di market negara lain dari tahun lalu. Mengapa baru resmi kami bawa ke Indonesia pada bulan Februari ini, sebelumnya kami tidak memiliki unit untuk dipamerkan karena sudah dipasarkan ke konsumen,” jelas Roland Staehler.

Total sudah ada 9 unit Bentley Bentayga yang terjual. Menurut Staehler, jika seseorang tertarik untuk memesan Bentayga, maka ia harus menunggu sekitar empat hingga lima bulan. Namun dapat dipastikan, SUV mewah ini tidak akan mengecewakan. ”Harga yang ditawarkan untuk mobil ini berkisar Rp 10 miliar plus minus, tergantung dari spesifikasi yang diminta konsumen,” katanya.

Untuk pasar Indonesia, Bentley Bentayga memang tak memiliki lawan langsung. Di pasar dunia, model ini hanya head-to-head dengan Land Rover Range Rover. Namun Mercedes-Benz menawarkan GLS dengan trim Maybach bersama dengan G-Class, BMW tengah bersiap dengan X7. Sementara itu ada juga pembicaraan Rolls-Royce yang tengah menyiapkan SUV dan Lamborghini dengan Urus.

Spesifikasi Bentley Bentayga 2017

Mesin: 6 liter twin turbocharged W12 TSI
Tenaga maksimal: 608 PS / 600 bhp / 447 kW @ 5000-6000 rpm
Torsi maksimal: 900 Nm / 664 lb. ft @ 1350-4500 rpm
Transmisi: ZF 8-speed automatic gearbox, permanent all-wheel drive
Suspensi: Four link double wishbone, optional 48V electric active anti-roll bar (depan); Trapezoidal multi link, optional 48V electric active anti-roll bar (belakang)
Dimensi: 5140 x 1998 x 1742 mm
Wheelbase: 2995 mm
Berat: 3250 kg
Kapasitas tangki: 85 litres
Turning radius: 12.4 m
Top speed: 301 km/jam
0-100 km/jam: 4.1 detik

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Mobil Listrik Hyundai IONIQ Electric Jadi Armada Grab Mulai Tahun Depan

JAKARTA, 13 Desember 2019 – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Grab Indonesia hari ini, Jumat (13/12/2019) mengumumkan kemitraan menarik....

Pasar Otomotif Lesu, Dua Mobil Toyota Ini Berjaya di Segmennya

JAKARTA, 13 Desember 2019 -- PT Toyota Astra Motor (TAM) mengakui jika penjualan otomotif tahun 2019 mengalami kelesuan. Hal ini...

V-Kool Punya Paket Eksklusif Rp 12 Juta, Apa Keuntungannya?

ANYER, 13 Desember 2019 – Melengkapi rangkaian produknya sebagai merek kaca film premium, V-Kool Indonesia turut meluncurkan paket edisi terbatas alias Limited Edition, yang...

V-Kool Rilis VK10 dan VK30, Kaca Film Tolak Panas Hampir 100%

ANYER, 13 Desember 2019 – Menutup akhir tahun 2019, V-Kool Indonesia meluncurkan varian produk terbarunya yang diklaim memiliki kemampuan tolak panas tertinggi dari seluruh...

Permintaan Terios Meningkat, Penjualan Daihatsu Naik 4,1%

JAKARTA, 12 Desember 2019 – Peningkatan permintaan model-model Daihatsu, terutama Terios, membuat capaian Daihatsu di bulan November 2019 mengalami peningkatan...