Rocky, Raize, Sonet dan Magnite Siap-Siap Dapat Lawan Baru Hari Jumat Ini

Reanult Kiger

JAKARTA, Carvaganza – Pekan ini mobil baru akan kembali meluncur untuk pasar Indonesia, yang siap menjadi pemain baru di segmen SUV kompak dan murah. Renault Kiger dipastikan akan diluncurkan di Indonesia pada pekan ini, menjadi rival bagi Kia Sonet, Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Nissan Magnite. Dengan begitu menjadikan Agustus sebagai bulan yang ramai dengan peluncuran mobil di tahun ini.

Hal ini dipastikan oleh undangan yang masuk ke redaksi Carvaganza dari PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), sebagai distributor resmi Renault di Indonesia. Renault Kiger akan dipersembahkan lewat acara “Soft Launching” pada hari Jumat, 27 Agustus 2021 mendatang, melalui sesi konferensi pers virtual.

Akan hadirnya Kiger untuk pasar Indonesia bahkan sudah bukan rahasia baru lagi, karena selama beberapa bulan terakhir sosoknya kerap terlihat diuji di jalanan Jakarta. Kala itu, sosok Kiger dibalut kamuflase tebal, bahkan sempat hanya dikamuflase dengan stiker. Akan menarik mengetahui seperti apa spesifikasi dan harga yang ditawarkan Maxindo Renault Indonesia untuk Kiger nantinya.

Renault Kiger

Kiger sendiri akan datang menyusul Magnite sang kembaran di pasar Indonesia. Magnite sudah  hadir sejak awal tahun ini, dan merupakan mobil yang berbagi platform dengan Kiger. Keduanya diproduksi memanfaatkan platform CMF-A hasil pengembangan Aliansi Nissan-Renault, untuk menciptakan mobil berdimensi kompak. Lalu bagaimana spesifikasi di balik tampilannya?

Baca Juga: Beda Kelas, Hyundai Staria Bukan Pengganti Posisi H-1

Kemungkinan besar Kiger akan mendapatkan juga mesin tiga silinder 1.0 liter turbo seperti Magnite. Tenaga 100 ps (98 hp) dan torsi 160 Nm disajikan oleh mesin Magnite dengan transmisi manual, sementara untuk transmisi CVT torsinya menjadi 152 Nm. Belum bisa dipastikan Kiger akan hadir dalam transmisi otomatis saja atau juga menawarkan opsi manual.

Untuk interior, Kiger akan dilengkapi fitur infotainment pada layar sentuh 8 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Pengalaman berkendara bisa dinikmati dengan tiga pilihan mode mengemudi Multi-Sense, yaitu mode Eco, Normal, dan Sport. Bisa jadi versi pasar Indonesia akan dilengkapi juga dengan sistem audio Auditorium 3D Sound by Arkamys.

Bicara fitur keselamatan, selain ABS dan EBD yang menjadi standar, varian termahal dilengkapi oleh 4 airbag, Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Hill-Start Assist (HAS).

Renault Kiger

Selain spesifikasi, harga juga menjadi yang ditunggu dan menarik disimak. Menurut Oto.com, bersumber dari sales dealer Renault Maxindo Bintaro, harga Kiger akan berkisar di Rp 275,9 jutaan. Jika dibandingkan, tentu lebih mahal daripada Magnite Premium CVT sebagai varian tertinggi, yang dibanderol Rp 244,8 juta.

Secara dimensi, Kiger punya kombinasi panjang 4.004 mm, lebar 1.779 mm, tinggi 1.630 mm, wheelbase 2.496 mm, dan ground clearance 220 mm. Kiger dan kawan-kawan hadir membuat ramai segmen SUV baru yang telah berkembang hampir satu tahun terakhir, sejak Kia Sonet meluncur. Sejak itu, secara bergilir hadir Magnite, kemudian Rocky dan Raize.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Jeep Wrangler dan Gladiator Dipastikan Segera Datang ke Garasi Konsumen Indonesia

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Renault Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature