Beranda Updates Pembalap Indonesia Dominasi Seri 1 AKOC 2020 di Sentul

Pembalap Indonesia Dominasi Seri 1 AKOC 2020 di Sentul

BOGOR, Carvaganza.com – Asian Karting Open Championship (AKOC) 2020 resmi telah dimulai, dengan dibuka oleh seri 1 di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pembalap Indonesia cukup mendominasi seri pertama ini, baik untuk partisipan sampai hasil akhir balapan.

Seri 1 AKOC 2020 berlangsung pada akhir pekan lalu, 14 – 16 Februari 2020, diikuti oleh 29 pembalap pada sesi Final di hari Minggu. Tercatat, para peserta di seri pertama datang dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, India, Jepang dan Sri Lanka.

Tiga balapan final digelar pada hari Minggu (16/2/2020) yang masing-masing adalah kelas MINI ROK, Formula 125 Junior dan Formula 125 Senior.  Salah satu karter kawakan Tanah Air, Silvano Christian, berhasil mendominasi kelas Senior dan nyaris tidak terkejar.

Selain itu, kelas Formula 125 Senior juga menunjukkan hasil dominasi para pembalap Indonesia. Hanya kelas Formula 125 Junior yang tidak dimenangkan oleh perwakilan dari Indonesia.

MINI ROK

Sejak sesi Pre-Final sampai Final, Qarrar Firhand berhasil mendominasi jalannya balapan di Sentul International Karting Circuit (SIKC), yang telah direnovasi untuk ajang ini. Sepanjang 14 lap berlangsung, Qarrar meninggalkan para rivalnya di trek untuk kemenangan di seri pembuka ini.

Qarrar menjadi yang pertama lewati garis finish dengan jarak 8,494 detik dari Kimi Rae Fitriyansah di posisi kedua. Untuk meraih posisi keduanya, Kimi Rae harus berjuang melawan Timofey Mikhaylov dari Malaysia.

Jelang finish, Timofey juga sempat melalui persaingan dengan Nicos Sebastien Kawpeng untuk mempertahankan posisinya di podium. Keduanya bahkan hanya terpaut 0,990 detik saat finish balapan.

Hasil AKOC 2020, MINI ROK:

  1. Qarrar Firhand (INA)
  2. Kimi Rae Fitriyansah (INA)
  3. Timofey Mikhaylov (MAY)
  4. Nicos Sebastien Kawpeng (PHI)
  5. Oliveri Rito Sini (INA)
  6. Micah Vino Satrio (INA)
  7. Katrina Ee (MAY)
  8. Maalik Bintang Alisyahbana (INA)
  9. Travis Teoh (MAY)

Formula 125 Junior

Sesi final untuk kelas ini berlangsung di bawah guyuran hujan yang turun di siang hari, menjadi tantangan bagi semua pembalap. Hujan yang semakin deras seiring berjalannya balapan, memaksa panitia untuk hentikan balapan lebih awal demi keselamatan para peserta.

Hanya 13 lap dijalankan dari 22 lap yang seharusnya berlangsung untuk balapan ini. Peserta asal Filipina, Zachary David menjadi yang tercepat pada balapan ini untuk memenangkan balapan di bawah guyuran hujan.

Zachary finish 4,935 detik di depan Gael Julien mewakili Indonesia di atas podium SIKC. Capaian Indonesia di podium Formula 125 Junior diapit oleh pembalap Filipina lainnya di posisi ketiga, yaitu William Riley T. Go yang tidak jauh di belakangnya.

Pembalap Indonesia lainnya di kelas ini adalah Michael Orlando yang finish di posisi kelima, lalu Kaenan Rito Sini di posisi ketujuh.

Hasil AKOC 2020, Formula 125 Junior:

  1. Zachary David (PHI)
  2. Gael Julien (INA)
  3. William Riley T. Go (PHI)
  4. Raja Arife Raja Azmi (MAY)
  5. Michael Orlando (INA)
  6. Yevan David
  7. Kaenan Rito Sini
  8. Gabriel Chan
  9. Putera Imran
  10. Maria Meliza Shaniah Quinones

Formula 125 Senior

Di kelas ini pembalap dari Indonesia membuktikan keunggulannya, dengan berhasil mendominasi hasil balapan. Setelah ditunda selama hampir satu jam, balapan Final akhirnya berhasil digelar dalam kondisi hujan yang belum reda sejak sesi Formula 125 Junior.

Memulai balapan dari posisi terdepan, Silvano Christian berhasil pertahankan posisinya sejak start hingga finish. Silvano mengulangi kesuksesannya dari sesi Pre-Final, untuk menguasai posisi pertama tanpa perlawanan berarti.

Namun untuk sesi Final ini, Silvano harus berusaha lebih keras, terlebih untuk menahan tekanan dari Prassetyo Hardja yang finish kedua dengan jarak 0,568 detik di belakangnya. Silvano dan Prassetya seolah berada di kelas berbeda, meninggalkan para pembalap lain di belakangnya dengan selisih besar.

Meraih posisi ketiga, Rava Mahpud finish dengan jarak sampai 21,261 detik di belakang Silvano. Rava meraih posisi podium setelah menaklukkan Keanon Santoso dan Nathaniel Andikara lewat duel di atas lintasan basah.

Dengan hasil ini, pembalap Indonesia tegaskan statusnya sebagai tuan rumah, dengan sukses menguasai lima besar posisi finish di seri pertama kelas Formula 125 Senior.

Hasiil AKOC 2020, Formula 125 Senior:

  1. Silvano Christian (INA)
  2. Prassetya Hardja (INA)
  3. Rava Mahpud (INA)
  4. Keanon Santoso (INA)
  5. Nathaniel Andikara (INA)
  6. Al Miguel Quinones (PHI)
  7. Suria Varathan (IND)
  8. Ayato Iwasaki (JPN)
  9. Akheela Chandra (INA)
  10. Adrian Hassan (INA)

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com - Nissan Indonesia kini punya strategi baru. Tahun lalu, di Hong Kong, rencana besar mereka untuk Indonesia di 2020 adalah merilis model...