Mclaren Artura, 100 Persen Spesies Baru!

CARVAGANZA -  Tahun ini menjadi tahun yang meriah buat pabrikan supercar menghadirkan model-model terbarunya dengan tenaga alternatif. Salah satu yang paling hangat adalah Mclaren Artura yang baru saja diluncurkan kemarin 16 Februari 2021, langsung jadi primadona di kalangan pecinta otomotif. Hal tersebut karena, Mclaren Artura menjadi supercar Inggris pertama yang menggunakan mesin plug-in hybrid.

Sebenarnya Mclaren juga pernah memproduksi mobil hybrid salah satunya P1. Tapi berbeda dengan itu, Artura juga merupakan supercar buatan Mclaren yang ditenagai oleh plug in hybrid dengan mesin baru V6 3.0-liter. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 671 hp dan torsi puncak 718 Nm yang merupakan gabungan dari produksi mesin dan motor listriknya. Motor listrik Mclaren Artura ditenagai baterai 7,4 kWh dan mampu berakselerasi hingga pada kecepatan 130 km/jam.

McLaren Artura

Mclaren Artura juga menggunakan arsitektur baru MCLA pada platformnya yang khusus dibangun untuk mesin listrik. Namun sayangnya, ia bukanlah pengganti dari Sport Series 570S yang baru saja dihentikan produksinya. Meskipun tenaga dan torsinya dianggap lebih bertenaga dan membuat Mclaren Artura mampu melesat 0-100 km/jam hanya dalam 3 detik saja.

Malahan pabrikan membuat dimensi Artura mirip McLaren 720 dengan panjang 4,5 meter dengan tampilan yang lebih agresif dan proporsional demi meningkatkan tingkat aerodinamika. Bahkan sang desainer, Rob Melville menyebutkan bahwa Artura konturnya dibentuk dengan pahatan teknis yang paten sehingga tidak butuh lagi tambahan sirip aktif untuk aerodinamikanya. Selain itu, Artura juga memiliki ventilasi samping yang lebih fungsional dan terdapat ventilasi udara di atas rodanya. Ruang headlightnya dipenuhi dengan LED dengan desain yang lebih kecil dari 570S. Pada bokong seksinya terdapat dua knalpot besar dan diapit oleh lampu belakang yang juga pipih.

McLaren Artura

Dibandingkan dengan 570S, ventilasi samping Artura telah memperoleh bentuk yang lebih organik, juga mendapatkan tambahan ventilasi udara atas spatbor yang desainnya mirip dengan yang digunakan oleh Porsche RS 911s. Lampu depan "soket mata" lebih kecil daripada 570S dan berisi semua elemen LED. Di bagian belakang, lampu belakang yang sangat sempit terdapat di dalam gril mesh berpotongan laser yang juga mengakomodasi knalpot kembar. Penutup mesin juga mencakup apa yang digambarkan sebagai lubang cerobong asap yang mengarah ke vena mesin untuk meningkatkan pendinginan.

McLaren Artura

Sejauh ini, Artura menjadi supercar pertama Inggris dengan performa yang paling cepat paling tidak jika disandingkan dengan 570S. Untuk menebusnya, anda harus merogoh kocek hingga US# 250.000 atau setara Rp. 3,5 Miliar. Tentu saja harga tersebut belum termasuk pajak, pengiriman dan biaya opsional untuk tampilan interior dan eksteriornya. Di Eropa, Artura sudah mulai bisa dipesan tapi pabrikan mulai mengantarkannya ke rumah konsumen pada akhir 2021. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda