Lebih Lengkap dan Premium, Perubahan New Hyundai Palisade Ini Tidak Ada di Brosur

New Hyundai Palisade

JAKARTA, Carvaganza – Sepekan lalu PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan New Hyundai Palisade ke pasar Indonesia. Menjadi versi facelift dari model SUV (sport utility vehicle) termahal mereka, Palisade mengusung banyak penyegaran. Baik dari tampilan sampai teknologi pendukung dihadirkan pada edisi 2022 ini.

Tapi daftar perubahan yang dipaparkan saat peluncuran bisa dibilang sebatas data yang ada di brosur, alias baru ‘kulitnya’ saja. Rupanya ada banyak perubahan penting yang Hyundai terapkan pada New Palisade yang belum disampaikan. Hal ini terungkap saat HMID menggelar "Deep Dive New Hyundai Palisade", bersama Bonar Pakpahan sebagai Product Expert PT HMID.

Pemaparan mendetail disajikan oleh Bonar terkait SUV flagship dari pabrikan Korea Selatan ini. Pertama-tama, ada 4 faktor yang menjadi fokus atau penekanan pada improvement dari Palisade baru: Design, Convenience, Safety, dan Luxury. Sinergi dan komposisi dari keempat hal tersebut menjadi semakin berkelas baik dari desain maupun kualitas berkendaranya.

Hyundai Palisade 2022

Desain Aerodinamika Lebih Efisien

Jika dilihat sepintas, khususnya dari luar, ubahan Hyundai Palisade 2022 cukup drastis. Fascia depan memiliki desain grille dan kombinasi lampu utama dan DRL (daytime running lights) baru. Wajahnya mengandalkan grille bergaya parametric shield, dengan sentuhan dark chrome. Sementara DRL direvisi menjadi lebih minimalis.

Baca Juga: Deretan Fitur Pintar Andalan Hyundai Palisade Facelift 2022

Pada umumnya ada dua trim ditawarkan untuk New Palisade, yaitu Prime dan Signature (4x2 & AWD). Tapi perbedaan tampilan antara Palisade varian Prime dan Signature nyaris tidak kentara dikatakan Bonar. Varian Signature seperti yang ditampilkan saat peluncuran menggunakan velg model baru berdiameter 20 inci. Sedangkan varian Prime diameter velgnya 18 inci, dengan desain palang lima yang agak lebih sporty.

Tapi bukan sekadar tampilan, penyegaran eksterior New Palisade juga disertai pembenahan dari sisi aerodinamika. Bukan hanya untuk menambah efisiensi aliran udara, tapi hal ini juga untuk memperbaiki kenyamanan saat berkendara.

Caranya? Hyundai membuat celah antara setiap panel bodi menjadi lebih rapat. Bahkan celah antara dudukan spion luar dengan panel bodi pintu juga diperkecil. Hal ini demi meminimalisir noise dari angin yang menerpa bodi Palisade saat melaju. Bahkan area pendingin (cooling) mesin, kolong mobil, sampai bushing di mounting driveline juga diperbaiki untuk mengurangi noise.

Improvement Hyundai Palisade

Handling Rasa Premium

Untuk menyajikan kualitas berkendara yang semakin premium, Hyundai melakukan revisi pada karakter suspensi New Palisade. Rangkaian sistem peredam kejut di kaki-kaki diubah dari yang tadinya cenderung sporty menjadi ke arah lebih nyaman.

Jenis suspensi diubah dari yang tadinya berstruktur Preloaded Linear Damper (PLD) menjadi jenis Selective Damping Control (SDC). Dengan struktur baru ini, SDC, redaman suspensi memiliki karakteristik yang lebih cocok di segala kondisi. Baik dari guncangan frekuensi rendah maupun tinggi. Secara umum, karakter redaman suspensi New Palisade menjadi lebih lembut dari yang sebelumnya cenderung firm atau keras.

Selain suspensinya, Hyundai Palisade facelift turut mendapat pembenahan dari sistem kemudi dalam meningkatkan kualitas berkendara. Respons setir sebelumnya disebut lebih utamakan karakter agile dan direct. Di versi facelift ini, Palisade sedikit diperhalus menjadi ke arah linear dan predictive. Pengubahan ini dilakukan menyusul masukan dari para konsumen Palisade sebelumnya, dikatakan Bonar.

Improvement Hyundai Palisade

Nah, dengan perubahan dan pembenahan ini, New Palisade menjanjikan kualitas berkendara yang lebih nyaman untuk penumpang. Sementara untuk pengemudi, karakter pengendaliannya lebih sopan dan membuat tidak melelahkan saat diajak berkendara jarak jauh.

Baca Juga: Hyundai Palisade Facelift Meluncur di Indonesia, Semakin Mewah dan Kaya Fitur Canggih

Bluelink dan Smartsense Terlengkap

Sebagai model flagship, New Hyundai Palisade tentunya kini turut dibekali dengan teknologi tercanggih dan terlengkap dari Hyundai. Apalagi melihat beberapa model baru di Tanah Air punya fitur lebih lengkap dari Palisade awal, sebut saja Creta, Ioniq 5, dan Stargazer. Fitur khususnya dari sistem keselamatan dan keamanan.

Rangkaian fitur pada Bluelink dan SmartSense yang hadir di Palisade 2022 bisa dibilang ‘next level’ dibandingkan model lain di bawahnya. Contohnya Bluelink. Hyundai pertama kali kenalkan teknologi keamanan ini pada Creta, kemudian Stargazer. Konsumen pemilik Palisade yang merupakan kelas puncak dari line up Hyundai rupanya ingin punya Bluelink juga.

Bluelink New Palisade

Bluelink pada Palisade memiliki semua fitur yang tersedia di Creta dan Stargazer, yang bisa dioperasikan via aplikasi pada smartphone, termasuk tombol SOS. Tapi ada beberapa fitur baru yang hadir pada Bluelink milik Palisade. Fitur-fiturnya yaitu Rear Seat Passenger Notification, Remote Window Control, Remote Windscreen / Side Mirrors / Rear Window Heating, dan Remote Seat Heating / Ventilation Control.

Bicara soal SmartSense, Palisade juga punya daftar fitur keselamatan yang paling lengkap, bahkan lebih lengkap daripada Ioniq 5. New Palisade punya Smart Cruise Control with Stop & Go, Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot Collision Warning (BCW), Blind-Spot View Monitor (BVM), Safe Exit Assist (SEA), Surround View Monitor (SVM), Rear Occupant Alert (ROA), Driver Attention Warning (DAW), Rear-Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Lane Keeping Assist (LKA), dan High Beam Assist (HBA).

Yang Palisade punya tapi absen di model Hyundai lain adalah fungsi Car/Pedestrian/Cyclist with Junction Turn pada FCA. Fungsi ini bukan hanya bisa mendeteksi mobil, tapi juga pejalan kaki dan pesepeda yang melintas di persimpangan jalan. Saat pengemudi lengah dan tidak merespons ketika ada objek lain yang melintas dan berpotensi terjadi kecelakaan, FCA akan secara otomatis melakukan pengereman. Sebelumnya, FCA hanya merespons ketika sensor mendeteksi objek dari arah depan saja.

SmartSense Hyundai Palisade

Lalu yang mungkin belum banyak tahu, New Palisade mendapat fitur Multi Collision Brake. Perannya adalah untuk secara otomatis menerapkan pengereman setelah mobil mengalami kecelakaan atau benturan yang membuat airbag mengembang. Seandainya setelah benturan mobil memantul kembali ke jalan, sistem akan aktifkan rem otomatis saat terdeteksi kendaraan lain melintas. Sehingga potensi tabrakan lanjutan bisa dihindari.

Pertahankan Mesin dan Transmisi Awal

Dari banyaknya improvement dan penyegaran yang dibawa ke New Hyundai Palisade, Hyundai tidak menyentuh mesin dan transmisi dengan ubahan. Pengembangan Palisade 2022 lebih kepada peningkatan kualitas berkendara yang lebih premium, selain tampilan tentunya. Kombinasi mesin dan transmisi yang sudah ada dirasa cukup baik untuk dipertahankan.

Hyundai Palisade 2022

Mesin R2.2 liter CRDi turbodiesel dengan e-VGT tetap dengan kombinasi tenaga 200 ps (197 hp) dan torsi 400 Nm. Begitu juga dengan transmisi otomatis 8-speed berbasis torque converter yang bisa berikan performa powerful dan efisien secara bersamaan.

Untuk bisa memiliki New Hyundai Palisade, siapkan budget mulai dari Rp 842 juta untuk varian Prime. Sementara varian yang lebih lengkap, Rp 977 juta untuk Signature 4x2 dan Rp 1,11 miliar untuk Signature AWD. Semuanya dalam kondisi on the road (OTR) untuk wilayah Jakarta.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: ELECTRIA: Ragam Fitur Cerdas Ini Bikin Berkendara dengan Hyundai Ioniq 5 Nyaman dan Praktis

Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Palisade

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Palisade
  • Tampak samping Palisade
  • Tampak Depan Hyundai Palisade
  • Tampak atas Palisade
  • Tampak depan medium Hyundai Palisade
  • Tampak belakang tengah Palisade
  • Tampak depan Palisade, tilted
  • Hyundai Palisade Front Cross Side View
Hyundai Palisade
Rp 842 - 1.11 Milyar Cicilan mulai dari : Rp 19,21 Juta

Mobil Hyundai Lainnya

  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Stargazer
    Hyundai Stargazer
  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai i20
    Hyundai i20
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona

Don't Miss

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature