Hyundai Kona N Lahir Sebagai 'Hot SUV'

NURBURG, Carvaganza – Hyundai N menepati janjinya yang sudah dinantikan selama beberapa bulan ini. Hyundai Kona N resmi diperkenalkan sebagai model SUV (Sport Utility Vehicle) terkencang di line up Hyundai. Bahkan Hyundai berani mengklaim Kona N sebagai sebuah ‘True Hot SUV’, alias SUV yang setara dengan Hot Hatch.

Meluncurkan Kona N, Hyundai ingin menawarkan komposisi terbaik antara performa andal di atas trek dengan kepratisan kendaraan utilitas. Lahirnya Kona N menyusul lini model Hyundai N lainnya seperti i30 N yang pertama, lalu juga Veloster N dan i20 N. Akhirnya, untuk pertama kalinya Hyundai meluncurkan SUV yang punya orientasi pada performa kencang.

Hyundai Kona N

“Portofolio N kami yang terus berkembang dan lebih seimbang akan membuka opsi kinerja tinggi baru, memberikan 'faktor senyum' tidak peduli apa pun teknologi propulsi atau tipe bodinya,” jelas Thomas Schemera, Executive Vice President and head of customer experience division di Hyundai.

Sementara Albert Biermann sebagai presiden dan head of R&D Hyundai ikut menyampaikan, “Kona N adalah SUV yang benar-benar hot dengan tingkat performa seperti hot hatch. Ini mematahkan aturan bahwa SUV kurang menyenangkan untuk dikendarai. Sebagai model N, ini melampaui batas SUV biasa. Kona N dapat mengukir sudut di arena pacuan kuda dan menghadirkan kegembiraan dalam berkendara sehari-hari.”

Hyundai Kona N

Dapur pacu Kona N mengandalkan mesin bensin empat silinder 2,0 liter turbo, yang menghasilkan 278 hp dan torsi 392 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi dual-clutch basah 8-percepatan alias 8DCT, yang diadopsi dari i30 N. gearbox yang juga bernama N DCT ini punya rasio gear yang unik, untuk mengikuti lonjakan performa model N, salah satunya dengan perpindahan gigi lebih singkat.

Ada beberapa mode pilihan untuk dinikmati bersama Kona N, mulai dari N Grin Shift (NGS), lalu N Power Shift (NPS), dan N Track Sense Shift (NTS). Saat diaktifkan mode NGS, mesin akan memberikan tambahan tenaga 8 hp menjadi 288 hp, yang bisa diaktifkan via tombol merah di setir. Akselerasi 0-100 km/jam Kona N dapat dicapai dalam waktu 5,5 detik, saat menggunakan Launch Control, sebelum neyentuh top speed 240 km/jam.

Hyundai Kona N

Drivetrain masih dilengkapi dengan N Corner Carving Differential, sistem elektrik untuk LSD, untuk optimalkan distribusi output ke roda yang menggunakan velg 19-inci alloy lightweight. Handling juga didukung rem yang lebih besar dan ban dengan spesifikasi kebutuhan trek. Mode berkendara Custom di antara lima pilihan mode (Eco, Normal, Sport, N, Custom) bisa personalisasi parameter operasi mesin, kontrol stabilitas, suara knalpot dan kemudi.

Tidak cukup sampai situ, Hyundai membuat interior Kona N untuk berikan pengalaman bermain game di kehidupan nyata. Mulai dari layar infotainment 10-inci, meter cluster digital dengan head-up display bergaya racing yang akan tampilkan grafis seperti video game saat mode N atau Sport. Mode N akan tampilkan elemen digital seperti lap time dan peta sirkuit saat berada di sekitar sirkuit.

Hyundai Kona N

Nah, kalau bicara soal penampilannya, Hyundai membuat tampang Kona N menjadi lebih ganas dan agresif dari trim Kona N Line (meski tidak beda jauh). Dari fascia depan, air dam bermotif honecomb di bagian bawah grille punya dimensi lebih lebar. Pada grille juga terpasang emblem N besar dna menonjol. Aksen sporty ditunjukkan oleh strip merah pada lip spoiler, side skirt dan diffuser belakang. Ujung knalpot besar menonjolkan aura kencang di buritan, diikuti roof spoiler yang terbelah dua.

Hyundai turut menyediakan warna baru yang pertama kali hadir pada Kona N, yaitu Sonic Blue, yang akan juga eksklusif tersedia untuk Seri N. ke depannya, Kona N akan mengawali ekspansi rangkaian model SUV kencang dari Hyundai N, yang salah satunya tengah dipersiapkan adalah Tucson N.
WAHYU HARIANTONO / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda