Bukan Hanya di F1, McLaren 720S Juga Dapat Edisi Livery Gulf

WOKING, Carvaganza – Kolaborasi McLaren dengan Gulf Oil tidak ingin disia-siakan dengan hanya menjadi sponsor, seperti di Formula 1 yang akan menggunakan livery ikonik di Grand Prix Monako. Tidak sampai di situ, McLaren turut merayakan kolaborasinya ini sampai ke divisi road car, melalui salah satu supercarnya. McLaren 720S sebagai produk andalan saat ini yang dijadikan simbol perayaan ini.

Pabrikan supercar murni asal Inggris ini menghadirkan 720S versi coupe dengan livery Gulf Oil, yang merupakan salah satu livery paling ikonik di dunia balap. Dan dalam menghadirkan 720S edisi Gulf Oil ini, McLaren melibatkan divisi McLaren Special Operations (MSO) dalam penggarapannya.

Oleh MSO, penggarapan 720S edisi livery Gulf Oil ini dikatakan memakan waktu selama 20 hari kerja, karena proses pengecatannya dilakukan dengan tangan manusia. Eksteriornya, seperti nuansa ikonik dan klasik, menggunakan warna biru dan oranye. Logo Golf hadir di beberapa bagian eksterior, seperti di kap depan, masing-masing fender belakang di sebelah pintu.

McLaren 720S Gulf Livery

Tidak hanya cat body, warna yang senada diterapkan juga oleh McLaren pada kaliper rem yang dapat pulas warna oranye. Warna yang sama turut merasuki bagian interior 720S juga. Seperti terlihat pada jok bocket bawaan 720S, yang pada headrest diberikan bordir logo Golf Oil, berikut aksen detail jahitan berwarna oranye. Sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang juga menggunakan warna oranye untuk totalitas tema.

“Gulf dan McLaren pernah punya hubungan pada tahun 1968 lalu dan adalah salah satu kemitraan yang paling sukses dan dikenal. Kami bangga telah bekerja sama dengan McLaren Special Operations untuk menampilkan warna balap biru dan oranye terang Gulf yang terkenal pada 720S,” kata CEO Gulf Oil, Mike Jones.

“McLaren adalah merek yang memiliki kesamaan dengan aspirasi masa depan kami dan ambisi kami untuk inovasi, dan berharap dapat mengembangkan hubungan kami lebih jauh di tahun-tahun mendatang.”

Spesifikasi teknis tidak disebutkan, yang kemungkinan besar tidak mengalami perubahan berarti. Mesin V8 4,0 liter twin-turbo yang merupakan standar 720 S disebut tetap menghasilkan 710 hp dan torsi 770 Nm, untuk menyajikan akselerasi 0-100 km/jam dalam 2,9 detik. Menyandang status sebagai salah satu supercar terkencang di pasar saat ini, bobot kosongnya yaitu 1.283 kg.

McLaren 720S Gulf Livery

Lagi-lagi, McLaren tidak menyebut secara spesifik informasi soal 720S ini, termasuk ketersediaan unitnya. Namun dikatakan bahwa 720S bertampilan livery Gulf ini hanya dibuat dalam jumlah terbatas untuk konsumen khusus. Nilainya tentu akan sangat istimewa, apalagi mengingat catnya yang dikerjakan dengan tangan langsung.

Di masa lalu, kemitraan McLaren dan Gulf pernah terjalin di antara tahun 1968 sampai 1973, saat menjadi sponsor McLaren di ajang F1 dan Can-Am. Lalu di era 1990an, salah satu McLaren F1 GTR di Le Mans juga menggunaka livery Gulf dan finish kedua di tahun 1997. Lalu tahun ini, McLaren akan tampil dengan livery Gulf khusus untuk Grand Prix Monako, akhir pekan ini.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda