Beranda Features Berlomba Menjadi Mobil Keluarga Teraman

Berlomba Menjadi Mobil Keluarga Teraman

JAKARTA, 2 Februari 2019 – Kampanye keunggulan mobil Small atau Low MPV (Multi Purpose Vehicle) terus dilakukan para pabrikan. Salah satunya adalah dari sisi fitur keamanan. Maklum, sebagai mobil keluarga fitur keamanan menjadi salah satu hal yang kini mendapat perhatian khsusus konsumen saat membeli mobil.

Di segmen LMPV ini, Mitsubishi Xpander menjadi salah satu nama yang berada di papan atas bersama Toyota New Avanza, Daihatsu Grand New Xenia, Suzuki All New Ertiga, Nissan Grand Livina, dan Wuling Confero S.

Beragam fitur keselamatan disematkan Mitsubishi pada mobil berkapasitas 7 penumpang ini. Fitur standar terdiri dari dual airbags atau kantung udara dan pengingat pada sabuk pengaman depan, baik untuk pengemudi maupun penumpang depan.

Perangkat lain juga banyak disematkan. Insinyur Mitsubishi memasang beberapa fitur keselamatan aktif yang bekerja sebelum atau mencegah terjadinya kecelakaan. Fitur keselamatan ini antara lain Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), dan Electronic Brake force Distribution (EBD).

Nah, ada dua fitur aktif lain yang cukup membantu pengemudi yaitu Active Stability Control (ASC), yaitu fitur yang secara otomatis bekerja mengontrol laju saat mobil bermanuver di jalanan licin sehingga tidak mudah tergelincir. Kemudian Hill Start Assist (HSA) yang mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalan tanjakan sehingga mobil tidak berjalan mundur. Dengan fitur mobil akan berhenti di tanjakan.

‎Sedangkan fitur keselamatan pasif bekerja ketika mobil terkena benturan atau kecelakaan. Ada banyak fitur pasif, beberapa di antaranya adalah Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter, serta Isofix atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak.

Mitsubishi membangun Xpander dengan struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution). Ini adalah teknologi rangka body yang dibuat dari High Tensile Metal, sehingga bagian dalam kabin terlindungi dari benturan karena rangkanya lebih kuat. RISE ini merupakan kesatuan antara body dan sasis untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Penggunaan RISE ini efektif menyerap energi tabrakan dari segala arah (depan, belakang, samping) untuk meminimalisir kerusakan dan menjaga penumpang dalam kabin tetap aman. Dalam tabrakan hebat, fitur ini menjaga bentuk interior tetap utuh, sehingga kemungkinan selamat pada penumpang menjadi lebih besar.

Di bagian depan, ada juga fitur Pedestrian Protection yang dibuat sedemikian rupa agar lebih aman bagi pejalan kaki. Fitur ini merupakan struktur peredam energi benturan atau built impact-absorbing ini ada di kap mesin, bumper, dan fender untuk minimalisir deformasi akibat benturan serta minimalisir cedera bagi pejalan kaki. Cidera diminimalkan dengan bentuk depan yang akan membulat dan terbuat dari bahan non-logam.

Fitur-fitur keamanan Mitsubishi Xpander mendapat peringkat Bintang 4 dari ASEAN New Car Asessment Program (NCAP). Model ini adalah MPV Mitsubishi pertama yang diuji oleh ASEAN NCAP. Secara keseluruhan, Xpander memperoleh skor 71,66 poin. Dalam kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), Xpander mencetak 39,08 poin, pada kategori Perlindungan Penghuni Anak (Child Occupant Protection) dan 13,89 poin pada kategori Safety Assist Technologies.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Daihatsu Tawarkan Harga Khusus Selama Astra Auto Fest 2020

TANGERANG, Carvaganza.com -- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Astra ke-63, Daihatsu ikut serta dalam gelaran acara Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung di...

Belum Jual Mobil Listrik di Indonesia, Ini Alasan Honda

JAKARTA, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pabrikan terbesar di Indonesia saat ini, Honda belum memiliki model mobil listrik dalam line up mereka. Di saat...

Daimler Resmikan Unit Baru, Khusus Produksi Kendaraan Komersial

JAKARTA, Carvaganza.com – Bisnis Daimler Group Indonesia semakin mengkilat. Mereka meresmikan unit kerja baru yang dinamai PT Daimler Commercial Vehicle Manufacturing Indonesia (DCVMI). Mereka...

Auto2000 Ikut Astra Auto Fest 2020, Ini 4 Promonya

BSD, Carvaganza.com -- Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia tak mau ketinggalan meramaikan Astra Auto Fest 2020 yang diadakan di Astra Biz Center,...

Megawati Berang, Formula E Jakarta Terancam Batal?

JAKARTA, Carvaganza.com – Gelaran Formula E pada 6 Juni 2020 sedang berada di posisi ngeri-ngeri sedap. Pasalnya suara kontra terus berhamburan, terutama dari kelompok-kelompok...