Mau Beli Safety Car Formula 1? Aston Martin Vantage F1 Edition Bisa Jadi Pilihan

JAKARTA, Carvaganza – Produsen mobil sport asal Inggris, Aston Martin baru saja kembali ke Formula 1. Tak hanya mendaftar sebagai salah satu tim kontestan, Aston Martin juga merekrut pemabalap Juara Dunia dari Ferrari, Sebastian Vettel. Tak berhenti sampai di situ, mereka bahkan menggeser posisi Mercedes-Benz untuk memandu para jet balap di setiap balapan . Ya, karena tahun ini Mercedes-Benz tak lagi menjadi penyedia tunggal official car di F1. Aston Martin sediakan dua model, Vantage sebagai Safety Car dan DBX menjadi Medical Car resmi F1 2021.

Menariknya, untuk merayakan kembalinya mereka ke balap jet darat setelah 60 tahun absen, Aston Martin memperkenalkan Vantage F1 Edition. Label F1 Edition bukan hanya tema semata. Karena Vantage F1 Edition adalah versi jalan raya dari Safety Car yang akan digunakan Aston Martin memandu para pembalap mobil tercepat di Bumi tahun ini.

Aston Martin Vantage F1 Edition

Walaupun Aston Martin Vantage F1 Edition bukan replika yang sempurna dari versi safety car, tetapi kalau diperhatikan hampir tak ada bedanya. Bahkan dari luar sulit menemukan perbedaan keduanya. Versi jalan rayanya dijual dalam dua tipe, coupe dan roadster. Keduanya datang dengan pilihan warna Racing Green, warna yang sama dengan yang dipakai oleh versi Safety Car. Tetap saja Aston Martin tawarkan pilihan warna alternatif, Putih dan Hitam. Tetapi warna apapun yang Anda pilih, ornamen grafis atau racing livery bertema matte gelap di beberapa bagian bodinya. Termasuk aksen serat kabron, quad exhaust di belakang dan diamond-tuned satin balck wheels berdiameter 21-inci.

Bagian interiornya juga mendapat sentuhan bernuansa Formula 1. Roll cage yang terdapat di versi safety car tentu saja tidak perlu dipasang untuk versi jalan rayanya. Tetapi kabinnya memakai jok kulit premium berwarna hitam dan trim Alcantara berwarna abu-abu tua di dashboard dan beberapa bagian interiornya. Persis seperti Vantage Safety Car, ada logo Formula 1 di side sill. Kalau Anda tak suka, jangan khawatir karena Aston Martin tawarkan personalisasi warna interior dengan beberapa alternatif pilihan warna, termasuk aksen jahitan berwarna kontras.

Aston Martin Vantage F1 Edition

DI balik kap mesinnya, tersedia daya sebesar 527 hp dengan torsi puncak 685 Nm. Performanya ini dihasilkan oleh mesin 4,0 liter V8 buatan AMG. Dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan yang sangat cepat, Aston Martin Vantage F1 Edition bisa melesat dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 3,5 detik saja. Sedangkan kecepatan maksimumnya sekitar 314 km/jam.

Untuk varian yang beratap terbuka tak kalah kencang. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dlam 3,6 detik atau berselisih 0,1 detik saja dari varian coupe. Sementara itu Aston Martin Vantage Roadster memiliki kecepatan maksimum 305 km/jam. Baik varian coupe maupun roadster, keduanya telah mendapat penyesuaian pada konstruksi struktur rangka hingga suspensinya untuk meningkatkan kualitas pengendaliannya di lintasan balap Formula 1. Pastinya sih, Aston Martin Vantage F1 Edition ini akan jauh lebih menyenangkan dikemudikan ketimbang versi biasanya.

Lalu berapa harganya? Mobil ini mulai dipasarkan pada Mei 2021 dan dijual dengan harga US$ 162 ribu atau sekitar Rp 2,3 miliar kalau dikurskan ke Rupiah. Harganya ini lebih mahal US$ 20 ribu atau sekitar Rp 300 jutaan dari versi standarnya. RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda