Aston Martin Datang, Mercedes Bukan Lagi Safety Car Eksklusif di F1

JAKARTA, Carvaganza – Seperti pernah diberitakan sebelumnya, mulai tahun ini Formula 1 akan punya semakin banyak armada safety car dan medical car dengan kedatangan Aston Martin. Unit safety dan medical car dari Aston Martin telah resmi diungkap oleh Formula 1 jelang musim 2021 dimulai. Artinya, kini Mercedes-Benz bukan lagi penyedia eksklusif kendaraan resmi untuk Formula 1.

Aston Martin, pabrikan sportscar asal Inggris, menyediakan dua model untuk diopeasikan sebagai safety car dan medical car mulai tahun ini. Dua mobil tersebut yaitu Aston Martin V8 Vantage sebagai safety car dan SUV kencang DBX untuk menjadi medical car. Dengan begitu penonton dan pembalap tidak akan lagi bosan melihat safety car yang itu-itu saja.

Hadirnya V8 Vantage dan DBX sebagai official car baru untuk F1 menyusul debut Aston Martin yang hadir kembali sebagai tim pabrikan. Mengakuisisi tim Racing Point, nama Aston Martin resmi hadir lagi di grid setelah absen selama 61 tahun. Sebastian Vettel dan Lance Stroll diandalkan untuk menjadi pembalap di mobil AMR21 yang diluncurkan pekan lalu.

Safety Car F1

Selain itu, Aston Martin juga menyudahi hak eksklusif Mercedes yang sudah sejak tahun 2000 menjadi penyedia tunggal official car di F1. Selama periode itu, Mercedes turut memanfaatkan statusnya sebagai supplier untuk sekaligus memamerkan model AMG unggulannya.

Safety car dan medical car dari Aston Martin akan tampil di trek dengan warna khas British Racing Green, yang keduanya sama-sama menggendong mesin V8 4,0 liter twin-turbo buatan AMG. Kemampuan akselerasi Vantage untuk 0-100 km/jam adalah 3,5 detik, sementara pada DBX yaitu 4,5 detik. Saat keadaan tertentu, Vantage akan memimpin barisan 20 mobil F1 di grid tahun ini.

Chassis Vantage telah mendapat modifikasi pada sisi suspensi dan aerodinamika agar lebih bisa diandalkan di sirkuit. Sementara DBX yang akan berperan memastikan keselamatan setiap pembalap setelah terjadi insiden di trek, telah dilengkapi dengan defibrillator, pemadam api dan peralatan untuk luka bakar.

Di sisi lain, safety car dan medical car Mercedes-AMG yang tetap hadir tahun ini akan tampil dengan warna baru. Setelah konsisten mengandalkan warna perak sebagai identitas sesuai dengan julukan Silver Arrow, armada Mercedes tahun ini akan berganti warna menjadi merah. Warna baru ini menyusul datangnya CrowdStrike sebagai sponsor baru F1, sebuah perusahaan keamanan di bidang IT.

Mercedes-AMG Safety Car

Warna yang sebenarnya lebih khas untuk Ferrari ini akan digunakan pada duo Mercedes-AMG GT R sebagai safety car dan AMG C 63 S Estate untuk medical car. Warna dengan kode Rote Sau ini mengikuti langkah yang dilakukan saat seri Mugello tahun lalu, saat F1 ikut merayakan grand prix ke-1000 Ferrari di F1.

Peran Aston Martin dan Mercedes-AMG sebagai official car di F1 tahun ini akan dibagi selama 23 seri yang dijadwalkan sejauh ini. Aston Martin akan hadir di 12 seri, sementara Mercedes pada 11 seri. Tidak disebutkan pasti, namun kemungkinan besar kedua merek ini tidak akan hadir bersamaan dalam satu seri. Sedangkan peran pengemudi safety car dan medical car tetap akan dipegang oleh Bernd Maylander dan Alan van der Merwe.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Formula 1

Artikel yang direkomendasikan untuk anda