Lewat APM Baru, Secepat Apa Bisa Beli Land Rover Sampai Masuk Garasi?

Land Rover Pop Up

JAKARTA, Carvaganza – Merek Jaguar Land Rover (JLR) telah kembali aktif di pasar otomotif Indonesia, yang kini dipegang oleh PT JLM Auto Indonesia sebagai distributor resmi. Mobil-mobil mewah asal Inggris tersebut siap kembali memenuhi permintaan dan kebutuhan konsumen di Tanah Air. Meski bukan yang terlaris di segmennya, Jaguar dan Land Rover tetap memiliki pasar dan penggemarnya di Indonesia.

Gerry Kertowidjojo, Presiden Direktur PT JLM Auto Indonesia, mengungkapkan pasar Land Rover sendiri cukup unik. Calon konsumen dan penggemar merek tersebut masih sangat antusias mendapatkan model terbaru meski di tengah kondisi pandemi.

“Kita tahu ekonomi Indonesia terkena dampak besar karena pandemi. Namun penggemar Land Rover masih sangat passionate sama merek ini dan terus antusias mendapatkan model terbaru. Sekarang ini produk terlaris kita masih dari seri Defender dan Range Rover Velar karena ini mobil yang cocok secara dimensi, kemewahan dan performa,” ucap Gerry dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Land Rover Defender V8

Kondisi pandemi juga membuat pasokan produk dari pabrikan mengalami masalah. Termasuk masalah chip di pabrikan otomotif yang terpengaruh secara global ini membuat pengiriman produk ke konsumen mengalami keterlambatan.

Baca Juga: Demi Seorang Kolektor, Prototipe Lamborghini Countach Dibuat Ulang

Gerry mengungkapkan saat ini rata-rata untuk waktu tunggu pengantaran di Indonesia mencapai dua sampai tiga bulan. Pihak JLM Auto sendiri terus berupaya untuk memberikan yang terbaik dalam pelayanan pada konsumen Tanah Air.

Kondisi waktu tunggu yang cukup lama ini juga mempengaruhi target penjualan di Indonesia. Meski demikian, menurut Susilo Darmawan, Head of Retail Network PT Indomobil Trada Nasional, capaian penjualan Jaguar Land Rover di luar ekspektasi alias mengalami peningkatan.

“Saya tidak bisa bicara angka tapi misalkan targetnya 100 saat ini kami sudah mencapai kenaikan 160 sampai 200 persen. Terus terang di luar ekspektasi kita. Seperti yang sudah diungkapkan, kondisi saat ini jujur kami sedang short supply. Terutama untuk model seperti Defender 110 dan 90. Kami meminta maaf pada penggemar yang sudah bersedia memberikan DP tapi pengantarannya delay,” ucap Susilo dalam kesempatan yang sama.

Range Rover Sport SVR

Mengenai target penjualan, pihak JLM Auto terus melakukan evaluasi terhadap permintaan pasar. Minat luar biasa dari penggemar Jaguar Land Rover membuat mereka terus menginfokan terkait ketersediaan dan pengantaran unit ke konsumen.

After Sales Service

Salah satu yang ditawarkan JLM Auto setelah ditunjuk sebagai authorized dealer adalah memperkuat layanan after sales. Bekerja sama dengan Indomobil yang dikenal memiliki jaringan terpercaya di seluruh Indonesia, para pengguna Jaguar Land Rover tidak perlu khawatir dengan layanan purna jual kendaraannya.

“Saat ini kami menyediakan delapan stall di Halim Perdana Kusuma. Pada 20 September lalu kami siapkan temporary showroom di Metropolitan Building di TB. Simatupang. Ke depan akan dibangung showroom dengan standar global Jaguar Land Rover di PIK. Penunjukkan Indomobil itu juga salah satu strong point karena sudah memiliki pengalaman dan jaringan serta SDM,” ucap Susilo.

Bagi pemilik Jaguar Land Rover lawas yang membeli dari agen pemegang merek terdahulu juga bisa memanfaatkan layanan purna jual ini. Menurut Susilo keterbukaan layanan ini juga menjadi perhatian bagi principal Jaguar Land Rover menunjuk pihak yang kompeten untuk melayani semua pemilik Jaguar Land Rover di Indonesia.

Range Rover Evoque

Bagi pemilik yang berada di luar Jakarta, pihak JLM Auto akan menyediakan flying doctor untuk menangani masalah di kendaraan konsumen. Selain itu jaringan Indomobil yang tersebar di berbagai kota dapat dimanfaatkan untuk menjadi service point Jaguar Land Rover kedepannya.

“Soal usia kendaraan yang diterima servis, kami tidak memberikan batasa. Sejauh kita bisa supply suku cadang, pasti kita akan bantu. Model Jaguar usia 10 sampai 11 tahun masih kita layani,” ucap Susilo.

Lini produk yang saat ini ditawarkan di Indonesia antara lain Range Rover, Range Rover Sport, Range Rover Velar, Range Rover Evoque, Discovery, Discovery Sport dan New Defender.
SETYO ADI / WH

Baca Juga: Land Rover Pop-Up Display Hadir di Ashta District 8 Sambut Film Terbaru James Bond

Mobil Land Rover Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature