Demi Seorang Kolektor, Prototipe Lamborghini Countach Dibuat Ulang

  • Lamborghini Countach
  • Lamborghini Countach
  • Lamborghini Countach

SANT’AGATA, Carvaganza – Lamborghini belum lama ini merayakan 50 tahun usia Countach dengan membuatnya kembali dalam versi modern, berbasis Aventador. Kini, rangkaian agenda perayaan usia emas Countach berlanjut dengan membuat prototipe orisinil Countach LP500 yang lahir pada tahun 1971 lalu, sebagai persembahan khusus untuk mobil yang menandai era awal supercar di dunia.

Tidak seperti model Countach LPI 800-4 yang diproduksi terbatas dengan platform dan mesin modern, prototipe yang satu ini dibuat hanya satu unit. Lebih istimewanya lagi, Countach satu ini dibuat sepenuhnya dari nol, dan untuk satu orang konsumen spesial yang juga kolektor Lamborghini. Dibangunnya model baru tapi klasik ini bahkan melibatkan dua divisi Lamborghini, yaitu Polo Storico dan Centro Stile.

Konsumen yang tidak diungkap identitasnya tersebut diklaim sebagai salah satu kolektor Lamborghini paling penting di dunia. Khusus untuk mobil ini, sang kolektor tersebut kabarnya sudah mengajukan proyek pembuatan ulang prototipe LP500 ini ke Polo Storico sejak tahun 2017. Seperti dilihat pada foto resmi, hasil jadi prototipe baru ini tidak memiliki sayap besar berbentuk V di belakang, mengacu pada model versi awal Countach.

Lamborghini Countach

Sedikit sejarah tentang Countach, salah satu prototipe orisinil buatan Lamborghini hancur pada tahun 1974. Prototipe tersebut hancur dalam sebuah pengujian, setelah menjalani pengembangan selama tiga tahun yang kemudian diwujudkan dalam versi produksinya yaitu Countach LP400.

Baca Juga: Hati-Hati, Foto Jelek Bikin Harga Mobil Klasik Jadi Boncos

Tidak adanya model nyata saat ini membuat pabrikan harus membuka ulang rangkaian arsip lama soal Countach dari berbagai sumber. Lamborghini mendapatkan dan menganalisa semua dokumen, foto, laporan rapat, dan gambar asli prototipe berikut ingatan dari sejumlah orang yang terlibat dalam pembuatannya untuk kreasi ulang ini. Proses ini sendiri memakan waktu beberapa bulan dan sangat penting seperti disampaikan oleh Head of Service and Polo Storico, Giuliano Cassataro.

Sementara divisi desain Centro Stile yang dipimpin oleh Mitja Borkert menghabiskan waktu sampai 2.000 jam untuk merekreasi setiap garis desain. Prosesnya memanfaatkan gambar-gambar, lembar homologasi, serta pindaian 3D dari Countach LP400 pertama yang dirancang Marcello Gandini dan Bertone sebagai referensinya.

Lamborghini memulai pekerjaan fisik untuk prototipe Countach baru ini dari pembangunan platform chassisnya, yang sepenuhnya berbeda dengan frame tubular dari produksi awalnya. Setelah chassis, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan bodywork. Kedua proses ini dikerjakan dan dianalisa oleh peralatan canggih modern. Untuk proses tradisionalnya, dipertahankan untuk mencetak plat body. Bahkan komponen suku cadang dari tahun 70an dibuat ulang sepenuhnya dari basisnya, termasuk mesin V12 di tengah chassis.

Lamborghini Countach

Tidak cukup sampai situ saja, Lamborghini bahkan sampai meminta Pirelli untuk membuat lagi ban Cinturato CN12 yang dipakai pada Countach. Untuk membuatnya, Lamborghini dibantu oleh Fondazione Pirelli dengan spesifikasi sama yaitu 245/60R14 di roda depan dan 265/60R14 di roda belakang. Pola dan alur tapak ban juga di buat sama seperti aslinya, namun dengan kompon dan struktur modern.

Prototipe Countach LP500 berwarna Giallo Fly ini akan tampil di Concorso d’Eleganze Villa d’Este, untuk kelas mobil konsep. Mengingat proses dan cerita yang dialaminya, besar peluang Lamborghini akan menjadi pemenang di kategori tersebut.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Subaru Siapkan Banyak Model Saat Comeback Tahun Depan, Termasuk BRZ Baru

Sumber: Carscoops

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Lamborghini Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya