Kenali Hal-Hal Menarik dari BMW X5 xDrive40i 2021

JAKARTA, Carvaganza – BMW Group Indonesia membuka awal tahun 2021 dengan memberondong tiga model baru, yakni BMW X1, BMW X3 dan BMW X5 xDrive40i. Ketiganya merupakan hasil dari rakitan lokal di fasilitas Gaya Motor Sunter, Jakarta Utara. Model BMW X5 xDrive40i merupakan yang paling populer di segmen SUV mewah dan dikenal juga dengan julukan The Boss.

BMW X5 merupakan sebuah SUV mewah dengan paket yang lengkap baik di luar maupun di dalam kabinnya. Hal tersebut tergambar dari desain eksteriornya yang maskulin dan elegan, serta kenyamanan di dalam kabin. Hingga pada soal performanya yang diklaim tak hanya dapat meladeni jalan aspal tapi juga “menggaruk” medan off-road.

BMW X5 2021 ini sudah mulai dijual di Indonesia dengan banderol Rp. 1,5 Miliar off-the-road. Sebelum meminangnya sebagai tunggangan ada baiknya intip beberapa hal menarik dari BMW X5 2021 yang diluncurkan awal tahun ini mulai dari performa, kenyamanan hingga pada fitur-fitur yang ditanamkan ke dalam jasad X5.

BMW X5 2021

Performa

Selain menawarkan kemewahan sebagai SUV premium, pabrikan menginjeksi DNA sport yang cuku kental pada BMW X5 2021. Pada generasi keempat ini, BMW X5 menggendong mesin 6-silinder 3.0-liter Twin Turbo dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 340 hp dan torsi yang besar hingga 450 Nm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan Sport Steptronic yang mengalirkan tenaga ke seluruh rodanya. Tenaga dan torsinya tersebut mampu melesatkan BMW X5 ke 100 km/jam hanya dalam 5,5 detik saja. The Boss juga memiliki empat mode pengendaraan yakni Adaptive, ECOPRO dan Sport yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Selain performa di jalan raya, torsi badak dan penggerak AWD -nya juga mampu membawa BMW X5 melalui medan non-aspal. Suspensinya sudah disempurnakan dengan fitur auto-leveling, secara otomatis ketinggian kendaraan akan disesuaikan agar tidak terjadi benturan saat menghadapi permukaan jalan yang tidak rata. Selain itu, fitur pengaturan ketinggian kendaraaan pada suspensinya dapat dilakukan secara manual hingga mencapai 80 mm dan dapat diatur melalui Display Key.

Mesin menyalurkan daya melalui transmisi Sport Steptronic 8-percepatan lengkap dengan paddle shift pada setir. Sementara teknologi all-wheel drive cerdas BMW xDrive menunjukkan kelebihannya dengan memastikan traksi terbaik di semua permukaan jalan ataupun off-road. Berkat distribusi torsi pintar tersebut dinamika dan keamanan berkenda menjadi lebih baik lagi. di mana pada akhirnya menghasilkan peningkatan dinamika berkendara dan keamanan. All-New BMW X5 xDrive40i capai 0 hingga 100 km / jam hanya dalam 5,5 detik. Rata-rata konsumsi bahan bakar kombinasi 9.2 km/l dan emisi CO2 kombinasi hanya 211 gram per kilometer.

BMW X5 2021

Konfigurasi 7-Penumpang

Pada generasi terbarunya, BMW X5 2021 mengubah konfigurasi dari dua baris penumpang menjadi tiga baris. Tentu saja, hal tersebut dapat meningkatkan daya tampung dari sebelumnya hanya lima orang dan kini dapat mengangkut hingga tujuh penumpang. BMW mengklaim bahwa hal tersebut dilakukan demi memberikan ruang lebih nyaman di dalam kabin. Selain itu, baris kedua yang kini dapat diatus sesuai dengan kenyamanan saat bepergian jarak jauh. Pengaturan seluruh jok di dalam kabin sudah dengan dengan sistem elektrik.

Semua jok tersebut dilapisi dengan material kulit Alcantara dan dilengkapi Comfort Cushions pada bagian sandaran kepala, demi memaksimalkan posisi duduk yang nyaman. Selain itu kabin BMW X5 xDrive40i dipercantik dengan finishing trim interior dengan alumunium Mesheffect Dark.

Fitur Entertainment

Masih di dalam interior BMW X5 xDrive40i, kini kita beralih pada fitur di dalam kabin. Selain kenyamanan, BMW sangat dekat dengan teknologi tingkat dewa untuk urusan fitur-fiturnya. Untuk urusan layanan hiburan saja, BMW X5 dilengkapi dengan layar 12,3 inci yang bertengger di tengah dashboardnya. Tidak hanya itu, semua menu yang terdapat pada layar sentuh tersebut dapat diatur melalui gerakan tangan tanpa menyentuh layar. Selain itu, BMW juga menyematkan pengatur suara “Hey BMW” dan iDrive Controller yang ditanamkan di konsol tengah.

Layar hiburan tersebut juga menjadi menu tambahan yang nikmat untuk pengendara saat parkir. BMW X5 ini dilengkapi dengan Parking Assistant Plus yakni tampilan 360 derajat di luar kendaraan dan juga dapat diatur melalui gerakan tangan atau Gesture Control. Sehingga, pengendara dapat dengan mudah mengindetifikasi area sekitar mobil saat parkir maupun melalui jalanan yang sempit. Mode Panorama View ini juga dapat Anda simpan, sehingga saat Anda melalui jalan yang membutuhkan tampilan 360, sistem akan secara otomatis menampilkan mode tersebut.

Driving Assistance

New X5 xDrive40i xLine juga telah dilengkapi dengan Driving Assistant yang merupakan fitur keselamatan saat anda berkendara. Di antarnya adalah Crossing Traffic Warning yang mengurangi risiko tabrakan saat jarak pandang anda terbatas. Kemudian terdapat pula Lane Departure Warning yang memberi peringatan saat terjadi perubahan jalur tanpa komando secara otomatis kendaraan akan kembali ke jalur yang sesuai dengan marka.

Selanjutnya adalah Front  and Rear Collision Warning with brake Intervention, di mana sensor akan memonitor objek sekitar kendaraan. Jika terjadi kemungkinan bahaya, sistem secara otomatis akan memperingatkan pengendara atau bahkan mengerem secara otomatis. Namun demikian fitur Driving Assistant ini dapat diatur aktivasinya sesuai dengan preferensi pengemudi. (ALVANDO NOYA/EZ)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda