5 Hal Menarik Pada Hyundai Tucson N-Line 2021

Hyundai Tucson N-Line

JAKARTA, Carvaganza – Pengembangan DNA sport pada mobil-mobil Hyundai masih berlanjut hingga pada model 2022. Setelah mengumumkan kehadiran Elantra N dan Hyundai Kona N-line, kini giliran Hyundai Tucson yang memperkenalkan varian N-line pada konsumen global. Tepatnya 28 Januari lalu, Hyundai Tucson N-line baru saja diperkenalkan di pasar Eropa dengan model basis Tucson 2022 yang berpenampilan lebih sporty.

N-line sendiri merupakan divisi khusus di Hyundai, yang menangani struktur desain, performa dan tampilan kendaraan agar lebih aerodinamis dan bertenaga dibandingkan model standarnya. Kehadiran Hyundai Tucson N-line tentu saja menjadi kabar baik bagi mereka yang kurang puas dengan Hyundai Tucson standar. Kami menghadirkan beberapa hal menarik dari Hyundai Tucson N-line ini kepada Anda yang baru saja diperkenalkan di pasar Eropa.

1. Desain Eskterior

Hyundai Tucson N-Line

Sejatinya, Hyundai Tucson adalah sebuah SUV dengan penampilan yang cukup maskulin. Namun, N-line membuatnya jauh lebih garang di antaranya pada grille berkelir krom (pada model standar) berubah menjadi agak gelap dan tambahan emblem N-line di sampingnya. Selain itu, desain unik pada headlight LED juga terdapat di dalam kisi-kisi grille.

Selain itu, N-line membuat bumper depan Hyundai Tucson menjadi lebih lebar dengan dua lubang udara di kiri dan kanannya. Tentu saja hal ini akan meningkatkan tingkat aerodinamika pada Hyundai Tucson N-line. Sedangkan pada bagian belakang terlihat knalpot double muffler yang menggantung manis di bawah bumper. Sisi buritan ini memang lebih mencolok dan membuatnya berbeda dari versi standar, apalagi terdapat tambahan skid plate dan diffuser pada bagian bumpernya.
Hyundai Tucson N-line menyediakan tujuh pilihan warna cat eskterior dengan dua warna (two-tone).

2. Performa

Hyunda Tucson N-line tidak ditanamkan mesin yang berbeda dengan versi standarnya. Keduanya sama-sama menggendong mesin 4-silinder 2.5-liter yang menghasilkan tenaga 187 hp yang dialirkan ke semua rodanya. Beberapa varian juga ditawarkan dengan pilihan penggerak roda depan saja. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-kecepatan. Secara umum, mesinnya tidak jauh berbeda dengan model standar tapi diklaim mampu memberikan pengalaman berkendara yang berbeda. Selain itu, Hyundai Tucson N-line juga tersedia dengan pilihan mesin lain mulai dari 4-silinder 1.6-liter Turbo untuk varian hybrid dan Plug in Hybrid Electric Vehicle. Mesin tersebut dikawinkan dengan motor listrik 44.2 kWh yang menghasilkan tenaga maksimal 230 hp. Tenaga tersebut dialirkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan ke roda depan atau semua roda, tergantung variannya.

Sentuhan balap pada Tucson N-line juga menyentuh hingga pada kerja suspensi yang dibekali dengan electronic controlling suspension. Tentu saja ini membuat bantingan saat berkendara menjadi lebih halus dan tetap stiff saat melakukan manuver di jalan raya.

3. Interior

Hyundai Tucson N-Line

Hyundai membuat interior Tucson N-line ini tidak terlalu mencolok dengan aura balap seperti pada eksteriornya. Yang terlihat jelas hanya penambahan warna jahitan yang kontras dengan jok kulitnya. Serta beberapa emblem N-line yang menegaskan bahwa ini adalah varian tertinggi di jajaran keluarga Tucson. Sentuhan sport di sudut lain juga dikemas manis, misalnya penggunaan material alumunium dengan krom untuk pedal akselerasi, rem dan tuas transmisinya.
Layanan informasi kendaraan terdapat pada layar cluster 10.25 inci dibalik lingkar kemudinya. Sedangkan fitur hiburannya juga ditampilkan melalui layar sentuh 10.25 inci yang bertengger di tengah dashboard dengan

4. Fitur Keselamatan

Hyundai Tucson N-Line

Hyundai Tucson N-line dibekali dengan fitur-fitur yang terdapat pada Tucson standar, namun di sini menjadi standarnya. Salah satunya adalah fitur Blindspot View Monitoring yang dapat menampilkan bagian samping kendaraan dan belakang saat Anda menyalakan tuas sein. Selain itu, Hyundai Tucson N-line juga menyediakan tampilan kendaraan secara 360 derajat melalui fitur Surround View Monitoring. Setiap sudut di bagian luar kendaraan akan ditampilkan pada layar hiburan di dashboard tengah dan menjadi panduan ketika berkendara.

Selain itu terdapat juga paket fitur Forward Collision-Avoid Assistant yang merupakan sensor aktif untuk membaca kondisi jalan raya. Di antaranya adalah mendeteksi kendaraan lain termasuk sepeda, bahkan sistem pengereman akan bekerja secara otomatis jika membaca kemungkinan kecelakaan di depannya.

Di samping fitur-fitur tersebut, terdapat juga fitur lain seperti Lane Following Assist, Driver Attention Warning, Smart Cruise Control yang memungkinkan Tucson berakselerasi secara otonom tanpa sentuhan kaki pengendara.

5. Fitur Off Road

Meski dibuat stiff lewat fitur Electronic Controlling Suspension, Hyundai Tucson N-line juga dibekali dengan kemampuan off-road. Pada varian dengan penggerak AWD, fitur ECS akan membaca setiap kerja roda saat membaca permukaan jalan. Sehingga kendaraan akan tetap aman meski harus melewati jalanan non aspal. Bahkan Tucson N-line juga menawarkan tiga pilihan pengendaraan khusus medan off-road. Melalui mode Terrain, anda dapat memilih tiga pilihan mode pengendaraan yakni, mud khusus untuk jalanan berlumpur, sand untuk jalanan berpasir dan bebatuan, serta mode snow tentu saja untuk melalui jalanan yang tertutup salju.

Sistem secara otomatis mengubah kerja suspense agar lebih rigid menapak permukaan jalan. Selain itu, aliran torsi dari ruang mesin pun diatur sesuai dengan kebutuhan roda agar tetap aman saat melewati hambatan di jalan non aspal. Kemudian, Tucson N-line juga dibekali dengan Adaptive Dampers yang membua handling dan guncangan pada kendaraan tetap terasa nyaman. ALVANDO NOYA / RS

Baca juga: Makin Canggih, Inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem Diperkenalkan

Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Tucson

Mobil Hyundai Lainnya

  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai i20
    Hyundai i20
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai Stargazer
    Hyundai Stargazer

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature