Land Rover Discovery akan Stop Produksi di Inggris Tahun Ini

SOLIHULL, 15 Juni 2018 – Sejak berakhirnya produksi dari Defender, praktis Discovery menjadi model Land Rover yang paling layak untuk dibawa off road. Namun dalam waktu dekat, Discovery juga akan menyusul dihentikan produksinya di Inggris.

Tidak sampai sepenuhnya dihentikan seperti Defender memang, karena Land Rover hanya akan memindahkan produksi Discovery ke fasilitas pabrik lainnya. Dari yang awalnya diproduksi dari pabrik Solihull, Inggris, Land Rover akan mengalihkan produksi Discovery ke pabrik baru di Slovakia.

Keputusan ini menjadi bagian langkah strategis pabrikan SUV murni Inggris tersebut, di mana pabrik Solihull akan dialihkan menjadi basis produksi mobil listrik Jaguar Land Rover (JLR). Kapasitas produksi yang tadinya digunakan untuk Discovery, akan menjadi lini produksi mobil listrik.

Hanya produksi Discovery yang akan dipindahkan dari Solihull, sementara produksi Range Rover dan Range Rover Sport tidak berubah. Sedangkan model Discovery Sport dan Range Rover Evoque generasi baru akan tetap berlangsung dari pabrik di Halewood.

Model yang paling mungkin untuk mengawali produksi mobil listrik di Solihull adalah Jaguar I-Pace, dipindahkan dari fasilitas di Magna Steyr, Austria.

Menurut Bloomberg, pabrik JLR di Slovakia akan mulai beroperasi pada akhir 2018, yang diikuti penghentian produksi Discovery di Solihull mulai 2019. Untuk model baru mobil listrik JLR sendiri dikatakan siap hadir pada 2020.

WAHYU HARIANTONO