Jaguar Restorasi 10 E-Type ke Bentuk Aslinya

Jaguar Restorasi 10 E-Type ke Bentuk Aslinya
COVENTRY, 2 April 2017 - Pabrikan mobil Jaguar akan merestorasi 10 unit Jaguar E-Type sehingga kembali ke bentuk orisinilnya dan hasilnya akan dijual sebagai bagian dari proyek restorasi yang mendapat sokongan penuh dari pabrikan. Proyek restorasi yang disebut E-Type ‘Reborn” ini adalah proyek restorasi pertama pabrikan Jaguar terhadap produk mobil klasik yang pernah diproduksinya.

Pabrikan mengklaim bahwa pihaknya memiliki dokumen-dokumen asli pembuatan ke-10 mobil yang hendak direstorasi itu, termasuk sketsanya yang dikerjakan oleh tangan.

Sister company Jaguar, Land Rover, sudah lebih dulu menjalankan program restorasi serupa terhadap 25 Land Rover pada tahun 2016 dan dilanjutkan dengan program restorasi kedua yang menyasar 10 Range Rover generasi pertama pada tahun 2017.

Dalam program pertamanya untuk E-Type, mobil-mobil Jaguar yang direstorasi adalah E-Type “Series 1” yang dibuat antara tahun 1961 dan 1968. Mobil ini dilengkapi mesin 6 silinder segaris dengan kapasitas mesin 3.8 lier atau 4.2 liter dengan transmisi manual 4-kecepatan. Mobil-mobil itu memiliki kemampuan akselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 7,0 detik dan top speed 240 km/jam.

Kesepuluh Jaguar E-Type hasil restorasi tersebut akan dipertontonkan kepada publik di pameran mobil klasik Techno-Classica Essen Jerman pada 5 – 9 April mendatang.

Dalam proses merestorasi, pabrikan akan semaksimal mungkin mempertahankan komponen-komponen orisinilnya, namun komponen-komponen yang memegang peranan penting terhadap safety diganti dengan yang baru. Proses restorasi ini sampai memperhatikan ke hal-hal detail misalnya pabrikan harus  membuat ulang tipe spot pengelasan ketika akan memasang komponen-komponen orisinil. Meski direstorasi ulang ke bentuk aslinya, pemilik juga boleh menambahi mobil dengan perangkat modern sesuai keinginan misalnya sistem AC yang lebih modern atau transmisi all-syncromesh.

Harga untuk merestorasi Jaguar tersebut mulai dari 285.000 poundsterling (sekitar US$ 355.000) per unit. Mobil-mobil yang sudah direstorasi pun akan dijual kepada yang berminat.



EKA ZULKARNAIN

Mobil Jaguar Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya