Beranda Hot Topics Tips WHO untuk Menjaga Kebersihan Kabin Mobil Anda

Tips WHO untuk Menjaga Kebersihan Kabin Mobil Anda

JAKARTA, Carvaganza.com – Penyebaran virus corona membuat kalang kabut dunia. Virus corona baru pertama muncul di provinsi Hubei China kini telah menyebar di semua benua, kecuali Antartika. Di Indonesia, virus corona meningkat tajam pada minggu pertama Maret dari enam menjadi 34 pasien terjangkit dan melonjak menjadi 69 orang pada Jumat (13/3/2020) kemarin.

Virus yang dikenal sebagai Covid-19 ini merupakan penyakit infeksi pernafasan. Dimulai dengan demam dan batuk kering dan setelah sekitar satu minggu, dapat menyebabkan sesak nafas. Virus ini telah menginfeksi orang di lebih dari 120 negara, dengan lebih dari 123.000 orang terkena, dan korban meninggal mencapai 4.900 lebih.

Langkah pencegahan utama adalah dengan tidak banyak bepergian ke tempat-tempat yang berpotensi. Namun, jika hal ini tidak memungkinkan dan Anda harus berkendara, setidaknya ada beberapa tindakan pencegahan dapat dilakukan dalam mobil. Tujuannya agar penumpang tidak saling menularkan atau tertular.

Untuk itu, saran proteksi basic dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dapat diadaptasi:

1. Cuci Tangan

World Health Organization menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan tangan lewat mencuci dengan sabun. Air dan sabun dapat membunuh virus yang sedang bersarang di tangan. Organisasi dunia ini juga menyarankan agar tidak memegang area wajah karena virus ditularkan lewat cairan tubuh (droplets). Bila terkontaminasi dan menyentuh area seperti hidung, mata, atau mulut, dikhawatirkan tertular.

Mencuci tangan dengan air sabun jelas merepotkan di dalam mobil. Maka dari itu, menyiapkan cairan antiseptic atau hand sanitizer adalah jalan paling masuk akal. Simpan saja di laci dasbor atau di kompartemen belakang bangku depan, agar tidak terpapar langsung sinar matahari sebagaimana dalam anjuran penyimpanan.

Baca juga: Virus Corona Makin Luas, GIIAS Surabaya Tetap Jalan Sesuai Jadwal

2. Perhatikan Sampah

Senjata penting lainnya adalah tisu dan wadah sampah tertutup. Siapkan di tempat yang mudah dijangkau. Ini merupakan anjuran dari WHO untuk selalu melakukan respiratory hygiene. Bila terasa akan batuk atau bersin segeralah tutup dengan tisu kemudian buang ke tempat sampah. Semua penumpang dalam kabin jelas tidak ada yang mau tertular bukan?

Nah, bila ternyata tidak memungkinkan pakai tissue, anjuran lain adalah menutupi bersin atau batuk dengan bagian dalam sikut. Bukan telapak tangan. Ini meminimalisir transfer virus lewat sentuhan permukaan di dalam kabin. Misal sehabis bersin dan menutup dengan tangan lalu menyentuh tuas laci dasbor, penumpang lain bisa saja memegang tuas yang sama sehingga mengakibatkan penularan.

Ada baiknya juga sembari mengarahkan ke luar jendela karena disarankan menjaga jarak. Minimal satu meter dengan siapapun yang sedang batuk atau bersin. Lantaran jarak tiap penumpang tentu sangat dekat apalagi berkendara bersama dalam sebuah city car. Sirkulasi udara dalam kabin pun akan berganti dengan udara baru dari luar.

Baca juga: Corona Makan Korban Lagi, GP F1 Australia Dibatalkan

3. Menjaga Kualitas Udara

Kebanyakan mobil baru disematkan filter AC guna menyaring udara masuk dari luar. Setelah sekian lama menyaring udara kotor dari luar kemungkinan kesegaran kabin menjadi berkurang. Cukup masuk akal bila diganti secara berkala meski tidak menjamin partikel virus Corona turut tersaring. Setidaknya ada upaya untuk menjaga kebersihan udara kabin. Tak hanya itu, dapat juga membeli air purifier tambahan sebagai tindakan preventif lewat penyaringan udara.

Di saat seperti ini alangkah baiknya tidak banyak bepergian dan bertemu di kerumunan. Meski begitu, tak perlu panik dan tetiba jadi OCD soal kebersihan kabin. Tapi memang setidaknya perlu penekanan lebih soal kebersihan diri dan lingkungan. Tak terkecuali interior mobil.

Sumber: WHO, Foto: nytimes, cheatsheet

Baca juga: Corona Paksa Mitsubishi Batal Rilis Xpander Cross di Filipina

AHMAD KARIM RIZQURRAHIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...