Beranda Updates Corona Makan Korban Lagi, GP F1 Australia Dibatalkan

Corona Makan Korban Lagi, GP F1 Australia Dibatalkan

Foto: www.sportskeeda.com

MELBOURNE, Carvaganza.com – Penyelenggaran Grand Prix Formula 1 Australia 2020 akhirnya batal juga. Keputusan pembatalan ini keluar Kamis malam (12/3/2020) beberapa jam setelah tim McLaren mengumumkan mengundurkan diri dari GP Australia tersebut karena salah satu anggotanya positif terkena Corona.

Gara-gara ada anggota yang positif Corona, bos-bos tim F1 langsung berembuk. Pertemuan juga diikuti oleh pihak penyelenggara balapan dan FIA. Dari hasil pertemuan, sebagian besar tim mengkhawatirkan virus Corona dan gusar jika balapan diteruskan.

Menurut sejumlah sumber, FIA menerima alasan dan keputusan mayoritas tim sehingga penyelenggara dan FIA mempertimbangkan untuk membatalkan event tersebut. Akhirnya, lepas jam 23.00 waktu Melbourne hari Kamis keluar keputusan untuk membatalkan balapan Grand Prix F1 Australia 2020.

Padahal race weekend mestinya sudah dimulai hari ini Jumat (13/3) ini. Tim-tim peserta juga sudah berdatangan ke Melbourne. Pihak penyelenggara mendirikan hospitality khusus untuk pemeriksaan Corona. Dari 9 orang yang diperiksa, tujuh orang negatif, 1 orang positif yang berasal dari tim McLaren dan satu lagi hasilnya belum keluar.

Baca juga: Tiga Anggota Tim F1 Diisolasi Jelang GP Australia

Foto: www.tellerreport.com

Test COVID-19

“Pada jam 9.00 hari ini, Australian Grand Prix Corporation mendapat anjuran dari peserta F1 untuk membatalkan semua kegiatan Grand Prix F1 Australia,” demikian bunyi pernyataan yang dirilis penyelenggara.

“Sehubungan dengan keputusan ini dan sesuai dengan masukan baru dari Chief Health Officer of Department of Human and Health Service Pemerintah Victoria, Australian Grand Prix Corporation mengonfirmasikan bahwa GP Australia dibatalkan. Tadi malam salah seorang anggota tim McLaren positif terkena virus COVID-19. Tujuh orang lainnya negatif, artinya mereka tidak mengidap virus COVID-19,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca juga: Gara-Gara Corona, GP F1 Bahrain Terlarang Bagi Penonton

Foto: www.formula1.com

Selain itu, orang kesembilan telah dalam pemantauan dan di test virus COVID-19, namun hasil test belum keluar. Orang ini tidak ada kaitannya dengan tim F1 manapun, FIA atau supplier yang berhubungan dengan F1.

Penyelenggara menyatakan bahwa persoalan refund tiket akan diinformasikan lebih lanjut. Sekarang ini penyelenggara fokus pada penanganan pembatalan dan anggota tim yang terkena virus Corona.

“Prioritas pertama kami adalah keselamatan semua orang, termasuk penonton, personel, seluruh mitra dan warga setempat,” demikian isi pernyataan. Setelah seorang anggota tim McLaren positif COVID-19, paddock langsung gempar. Sejumlah pembalap bahkan dikabarkan sudah berkemas-kemas untuk pulang.

Baca juga: F1 2020 Mulai, Deretan Rekor Ini Siap Dipecahkan

Kritik Lewis Hamilton

Juara dunia F1 Lewis Hamilton adalah pembalap yang mengeritik keputusan GP F1 Australia tetap dilangsungkan. Ia menegaskan kaget karena balapan F1 tetap dilanjutkan padahal Coronavirus sudah dinyatakan pandemic oleh WHO.

“Saya kaget enggak habis pikir buat apa kami di sini,” ujar Lewis. “Menurut saya, memang bagus kalau balapan tetap berlangsung, tapi buat saya, saya tak habis pikir saja kita duduk di dalam ruangan ini.”

Bahkan sebelum keluar pernyataan resmi, tim Mercedes sudah secara terbuka mengusulkan agar balapan dibatalkan. “Tim Mercedes pada hari ini sudah mengirim surat kepada FIA dan F1 untuk membatalkan Grand Prix Australia 2020,” demikian isi pernyataan Mercedes.

“Kami sama kecewanya dengan penonton dan pecinta balapan kalau balapan ini tidak bisa dilaksanakan seperti yang direncanakan. Namun, kesehatan fisik dan mental anggota tim kami dan warga F1 yang lebih luas lagi menjadi prioritas utama kami.”

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listrik yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...