Virus Corona Makin Luas, GIIAS Surabaya Tetap Jalan Sesuai Jadwal

JAKARTA, Carvaganza.com – Beberapa pameran otomotif dunia terpaksa batal digelar gara-gara merebaknya Virus Corona. Namun, di Indonesia, pameran otomotif tetap jalan sesuai rencana. Sampai berita ini ditulis, Jumat (13/3/2020), Gaikindo Indonesia International Auto Show Surabaya 2020 tetap akan diselenggarakan. Tanggal dan tempat pun tak berubah, 20-29 Maret 2020 di Grand City Convex, Surabaya.

Penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 sendiri telah mendapat izin tertulis dari pihak terkait setempat. Diantaranya ada Pemerintah Kota Surabaya dan Kepolisian Daerah Kota Surabaya. Maka dari itu, kegiatan kemungkinan besar tetap terselenggara sesuai rencana. Lantaran belum ada perintah larangan terpusat terkait pembatasan gelaran acara yang melibatkan banyak pengunjung. Di tengah kekhawatiran Corona, semua keputusan masih tergantung izin tiap daerah.

Seperti halnya pameran khusus kendaraan komersial, Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo 2020 (GIICOMVEC 2020) berlangsung selama emat hari, 5-8 Maret 2020 lalu di di Jakarta Convention Center Senayan Jakarta.

Sama seperti GIICOMVEC, penitia GIIAS Surabaya 2020 melakukan berbagai tindakan pencegahan penyebaran virus. Setiap pengunjung GIIAS Surabaya akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum bisa memasuki venue. Mereka dengan temperatur lebih dari 38 derajat celcius akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan tidak diperkenankan masuk area.

Tak hanya itu, pihak penyelenggara juga akan menyiapkan cairan desinfektan di setiap sudut. Tujuannya tentu agar tangan tetap bersih dari kontaminasi dan tidak menularkan apapun ke pengunjung lain. Tindakan preventif kian diperlengkap dengan mengingatkan cara-cara pencegahan lewat informasi tersebar di seluruh area pameran.

Baca juga: Virus Corona Terdeteksi di Indonesia, IIMS 2020 Jalan Terus


Rangkaian Program


Acara yang digelar Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini bakal memamerkan beragam produk dari merek ternama. Diantaranya ada pemain Jepang: Honda, Toyota, Suzuki, Daihatsu, Mazda, Mitsubishi dan Lexus. Merek Asia lain dapat Anda temukan seperti Wuling, DFSK, sampai Kia. Tak ketinggalan jenama asal Eropa turut meramaikan. Sila kunjungi booth BMW, Audi, Volkswagen, dan Peugeot bila mencari kendaraan premium.

Selain memajang jajaran model teranyar, GIIAS Surabaya mengadakan berbagai kegiatan penunjang. Pertama ada GIIAS Autopreneur sebagai wadah berbagi pengetahuan dan informasi seputar otomotif, serta mengapresiasi pelaku usaha otomotif yang tengah berkembang. Autopreneur ini akan membahas berbagai tema, diantaranya mengenal fitur keselamatan mobil serta berdiskusi tentang peluang dan tantangan kendaraan listrik.

Jika ingin menjajal mobil teranyar, disediakan pula sesi test drive dan test ride di area outdoor. Ini wajib dikunjungi bila sedang berminat untuk meminang mobil anyar agar tidak salah pilih. Perlu diingat, ada persyaratan perlu dipenuhi guna menjaga keamanan dan keselamatan kegiatan.

Rangkaian hiburan dihadirkan agar membumbui jalannya acara. Seperti Autoshow Music Lounge, menyajikan live music serta entertainment lainnya. Community Gathering diadakan sebagai ajang kumpul dan silaturahmi dari berbagai komunitas di seluruh Jawa Timur. Jika senang dengan mobil modifikasi, sila kunjungi GIIAS Surabaya Auto Contest. Tentu masih banyak lagi acara lainnya untuk menghibur pengunjung. Selama belum ada arahan khusus, pagelaran ini akan tetap berlangsung sesuai rencana.

Baca juga: Di Tengah Kekhawatiran Virus Corona, GIIAS Surabaya Tetap Sesuai Rencana

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda