Beranda Drives Menjelajah Jakarta, Kabin Toyota New Veloz Terbukti Lebih Senyap

Menjelajah Jakarta, Kabin Toyota New Veloz Terbukti Lebih Senyap

JAKARTA, 20 Maret 2019 – Mungkin Anda sudah pernah membaca hasil test drive Toyota New Avanza dan New Veloz yang dilakukan oleh Carvaganza beberapa waktu lalu. Test drive kami lakukan bersama dengan sejumlah media lain atas undangan dari PT Toyota Astra Motor (TAM). Media test drive kami lakukan dari Cirebon Jawa Barat sampai Yogyakarta.

Medan jalan yang kami tempuh dalam perjalanan dari Cirebon menuju Yogyakarta via Semarang beragam. Dari mulai jalan perkotaan, Tol Trans Jawa sampai jalanan luar kota di pedesaan yang berliku. Namun, tak puas dengan hasil pengujian di luar kota, kami mencobanya lagi untuk kedua kali. Kali ini secara khusus kami mencobanya di jalanan perkotaan Jakarta. Kenapa kami test drive lagi? Kan baru dua minggu lalu kami mengemudikannya.

Begini, mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang ini adalah mobil MPV yang paling fenomenal di Indonesia pertumbuhannya. Sejak dilahirkan tahun 2003 sampai akhir 2018 lalu, angka penjualannya menembus 1,7 juta unit dan merupakan salah satu mobil yang memiliki rentang hidup paling lama di Indonesia.

Baca juga: TEST DRIVE: Menguji Toyota Avanza dan Veloz Baru dari Cirebon ke Yogyakarta
Baca juga: Toyota Avanza 15 Tahun Menjadi Bagian dari Indonesia
Baca juga: Toyota New Avanza dan New Veloz, The Upscaled MPV

Nah, sesuai dengan pertumbuhan jaman, konsumen Toyota Avanza dan Veloz berasal dari ragam lapisan masyarakat dan mereka umumnya adalah orang-orang yang tumbuh bersama produk ini. Penulis menjadi teringat seorang kawan, Ia mempunyai Toyota Avanza generasi pertama ketika ia mulai merintis usahanya. Sampai sekarang ketika Ia sudah memiliki mobil premium dari Jerman, Toyota Avanza masih terparkir di dalam garasinya.

Gambaran ini menurut saya cocok untuk Toyota New Avanza dan Veloz. Ketika kendaraan MPV ini dilahirkan 15 tahun lalu, Toyota Avanza merupakan bagian dari dinamika yang terjadi di dunia otomotif yang terus tumbuh dan bergerak. Pada waktu itu, publik membutuhkan kendaraan yang nyaman, affordable, memiliki durabilitas tinggi dan fungsional. Toyota Indonesia jeli melihat peluang pasar seperti itu yang akhirnya mendorong tumbuhnya pasar MPV compact secara masif.

Alasan lain yang menarik adalah kendaraan ini dipakai oleh ragam lapisan masyarakat dari mulai kelompok masyarakat kelas menengah sampai kelas atas, dengan ragam alasan. Dia menjadi alat berkendara ke kantor, ke pusat-pusat perbelanjaan, ke sekolah, ke tempat bermain, ke tempat les dan bahkan dipakai untuk berniaga atau pun piknik ke luar kota.

Nah salah satu penyempurnaan yang dilakukan oleh pabrikan untuk mendukung ragam kegiatan untuk konsumennya itu adalah pada sektor kekedapan kabin sehingga kami tertarik untuk membuktikannya.  Kondisi jalan perkotaan di Jakarta  yang begitu dinamis dengan traffic yang sangat padat bisa menjadi menjadi medan pembuktian riil yang menyenangkan.

Pada waktu kami membawa kendaraan ini selama seharian mengeliling Jakarta, terbukti kesenyapan kabinnya lebih baik dibandingkan Veloz sebelumnya. Rute jalan yang kami tempuh adalah Cipete – Sudirman – Senayan – SCBD sampai dengan Cinere yang kami lakukan pada jam sibuk atau pun saat traffic lebih lengang.

Pabrikan mengklaim bahwa mobil tersebut sudah mendapatkan pembenahan di tiga titik utama agar kabin New Veloz lebih kedap. Yakni pada rear floor (lantai belakang), shift floor (lantai pada boks transmisi) dan pada dash panel. Penyempurnaan itu sukses meminimalisir kebisingan dari luar baik yang dihasilkan oleh kondisi traffic maupun dari gesekan ban. Alunan musik yang dihasilkan oleh enam speaker bawaan pabrik pun terdengar menjadi semakin jelas dan jernih. Yang menarik lagi adalah suara sambungan telepon dengan menggunakan aplikasi T-Link terdengar lebih baik lagi.

Dengan kabin yang lebih kedap, perjalanan menuju kantor menjadi lebih nyaman. Apalagi ketika duduk di bangku baris kedua, Anda bisa menikmati musik lebih leluasa dan bisa berbicara dengan anggota keluarga secara lebih intens dengan intonasi normal. Kekedapan kabin yang lebih baik juga tentunya menambah kenyamanan keluarga jika bepergian ke luar kota.

Selain senyap, Toyota New Veloz ini juga terasa semakin lincah ketika harus membelah traffic padat di Jakarta. Dimensi panjang 4.200 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.696 mm membuatnya memiliki daya manuver yang baik. Hal ini tentunya juga dibantu oleh tenaga mesin 104 PS (102 hp) dan torsi maksimal 13,9 Kgm (136 Nm), plus curb weight (bobot kering) yang hanya 1.085 kg. Handling mobil pun terasa berisi dan enteng serta stabil.

WAHYU HARIANTONO | EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Tingkatkan Kualitas, Isuzu Gelar Kompetisi Teknisi Seluruh Indonesia

BEKASI, 24 April 2019 – Guna menjaga kualitas para teknisinya, PT Isuzu Astra Motor Indonesia kembali mengadakan National Isuzu Technical...

Dyandra Berharap Presiden Jokowi Buka Telkomsel IIMS 2019

JAKARTA, 24 April 2019 -- Gelaran pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 akan dibuka besok Kamis, 25...

Honda Brio Music Project Tantang Kreatifitas Grup Musik di Surabaya

SURABAYA, 24 April 2019 – PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali akan menyelenggarakan Brio Music Project Festival di Surabaya Town Square, Surabaya,...

IIMS 2019: MINI Luncurkan MINI Ice Blue Edition, Hanya 50 Unit

JAKARTA, 24 April 2019- MINI Indonesia membuka booth di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Booth ini bersamaan dengan...

BMW Z4 Hanya Dijual 20 Unit, Siapa Cepat Dia Dapat

JAKARTA, 24 April 2019 - BMW Indonesia akan meluncurkan Z4 di Indonesia besok pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS)...