Beranda EDITOR'S PICKS Toyota Avanza 15 Tahun Menjadi Bagian dari Indonesia

Toyota Avanza 15 Tahun Menjadi Bagian dari Indonesia

USIA 15 tahun bagi seorang manusia sudah memasuki usia remaja beranjak ke dewasa. Di usia ini biasanya remaja menjadi pusat perhatian, tampil aktif, atraktif, dan kekinian. Itulah yang didapatkan Toyota New Avanza saat dilansir secara resmi pada 15 Januari 2019 lalu. Perhatian dunia otomotif Tanah Air hari itu tertuju pada Low Multi Purpose Vehicle (MPV) andalan Toyota tersebut.

Menjadi pusat perhatian tidak didapatkan Toyota New Avanza dalam sehari. Perjalanan dan proses panjang dilalui dan hasilnya sepadan. Toyota Avanza yang hadir sejak 2003, selalu menjadi mobil favorit dan terlaris di Indonesia.

Kelahiran Toyota Avanza diawali krisis moneter di Indonesia pada 1998 yang menyebabkan harga kendaraan bermotor melambung dalam sejarah otomotif. Ketika itu, Toyota Kijang yang diplot sebagai mobil keluarga terpaksa mengalami kenaikan harga. Toyota kemudian merumuskan jagoan baru di segmen mobil keluarga.

Pengalaman membesarkan nama Kijang sejak era 1970-an menjadi bekal berharga untuk menciptakan kembali mobil keluarga Indonesia. Hasil survei yang dilakukan Toyota menemukan jika konsumen Indonesia menginginkan kendaraan dengan harga murah, kapasitas yang mampu menampung seluruh anggota keluarga, dimensi yang ringkas, daya tahan kendaraan, dan harga jual kembali yang tetap tinggi. Maka lahirlah Avanza pada Desember 2003.

Nama “Avanza” diambil dari kata “avanzato” yang dalam bahasa Italia berarti peningkatan. Hingga usianya ke-15 tahun, Toyota Avanza tetap hadir mewujudkan mimpi para konsumen dalam kepemilikan kendaraan keluarga yang membanggakan.

Selama perjalanan menemani masyarakat Indonesia, Avanza mengalami beberapa kali penyegaran. Selang waktu tiga tahun dari pertama diluncurkan, pada 2006, Avanza generasi awal mengalami minor change, seperti mengadopsi mesin VVT-i, desain eksterior dan interior baru, hingga pengembangan dari sisi kenyamanan berkendara.

Dua tahun berikutnya, Avanza kembali mengalami penyegaran terutama dari bagian desain eksterior dan interior. Sementara pada 2009 hadir varian baru, yakni 1.3 G A/T dan satu tahun setelahnya hadir 1.3 E A/T.

Toyota Avanza generasi kedua lahir pada 2011 dengan banyak ubahan. Bahkan tersedia varian baru, yakni Avanza Veloz dengan mesin 1.5 A/T dan 1.5 M/T, hingga tersedia pilihan warna baru pada masing-masing tipe. Nama “Veloz” diambil dari kata “velocity” yang berarti kecepatan.

Pada 2013, generasi kedua mobil keluarga itu kembali mengalami penyegaran. Fokus utama pada sisi safety, meningkatkan kenyamanan berkendara dan tempat duduk, hingga  desain interior yang dibuat lebih beda.

Penyegaran juga dilakukan pada 2015, dan saat itu disebut sebagai Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Keduanya mengalami ubahan dari sektor teknologi mesin, menjadi dual VVT-i, serta punya fitur keamanan lebih lengkap.

Kini, di awal 2019, hadirlah Toyota New Avanza dan New Veloz. Keduanya tampil semakin modern dengan berbagai penyegaran dan penambahan fitur-fitur baru. Tujuannya tak lain untuk memberikan pengalaman berkendara yang berbeda untuk para konsumen.

“Berbagai kelebihan yang dimiliki New Avanza dan New Veloz menjadikan mobil ini tetap menjadi pilihan pelanggan setianya. Sejak diperkenalkan pada 2003, hingga kini Avanza telah terjual lebih dari 1,7 juta unit. Sentuhan yang kami berikan pada New Avanza dan New Veloz senantiasa didasarkan kebutuhan pasar,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

CARVAGANZA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto