Beranda Drives TEST DRIVE: Menguji Toyota Avanza dan Veloz Baru dari Cirebon ke Yogyakarta

TEST DRIVE: Menguji Toyota Avanza dan Veloz Baru dari Cirebon ke Yogyakarta

CIREBON, 7 Maret 2019 – Selama 15 tahun Toyota Avanza meramaikan pasar otomotif Indonesia sejak pertama kali diluncurkan tahun 2003 lalu. Satu nama yang bisa dikatakan sebagai fenomenal. Sejak kehadirannya Avanza menjadi kendaraan terlaris sepanjang sejarah otomotif di Indonesia dan menjadi salah satu kendaraan favorit keluarga di negeri ini.

Menghadapi persaingan yang kian sengit di segmen Low MPV beberapa tahun terakhir, Toyota mengeluarkan model Avanza paling anyar yang diberi nama New Avanza dan New Veloz pada pertanghan Januari lalu. Carvaganza mendapat kesempatan untuk mencobanya pada weekend kemarin. Saya memang sudah merasakan Avanza dan Veloz, tapi generasi terbaru ini diklaim telah mendapat upgrade sehingga saya penasaran.

Pada media test drive kali ini, rute yang kami tempuh adalah dari Cirebon di Jawa Barat menuju Yogyakarta dengan jarak lebih dari 450 km. Perjalanan yang lumayan jauh. Saya bersama sejumlah media lainnya berangkat menuju Cirebon dari Jakarta dengan memakai kereta api eksekutif untuk menghemat waktu perjalanan yang akan ditempuh.

Di Cirebon, PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai APM Toyota di Indonesia menyediakan delapan unit Avanza terbaru yang terdiri dari tipe Avanza 1.5G transmisi manual, 1.3E manual dan matik serta New Veloz dengan transmisi otomatis. Mesin untuk ketiga tipe itu sama yakni mesin bensin naturally aspirated 4 silinder segaris 16 valve DOHC VVT-i dengan kapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter.

PENYEMPURNAAN KEKEDAPAN KABIN AVANZA

Pertama kali start dari Stasiun Cirebon menuju Semarang, Jawa Tengah, saya kebagian Avanza 1.5G transmisi manual bersama dengan tiga jurnalis lainnya. Saya yang duduk di bagian penumpang depan merasakan kabin terasa lebih senyap jika dibandingkan dengan Avanza sebelumnya, apalagi jika dibandingkan dengan Toyota Avanza tahun 2016 yang saya miliki. Suara bising yang disebabkan oleh gesekan ban dengan permukaan beton di jalan tol Trans Jawa mampu diredam berkat penyempurnaan pada sektor insulasi.

Toyota menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan penyempurnaan di tiga titik utama di dalam mobil agar kabin Toyota New Avanza dan New Veloz lebih kedap. Yakni pada rear floor (lantai belakang), shift floor (lantai pada transmisi) dan pada dash panel. Penyempurnaan itu membuat alunan musik yang dihasilkan oleh enam speaker bawaan pabrik menjadi semakin jelas dan jernih serta suara bising dari luar bisa dicegah masuk seminim mungkin.

Material yang dipakai di dalam kabin mobil memiliki kualitas yang baik di kelasnya baik kualitas material dashboard, konsol tengah maupun material kain yang dipakai untuk jok. Jahitan jok juga berbeda dibandingkan Avanza sebelumnya di mana yang sekarang terlihat lebih sporty.

Untuk menyalakan mesin tidak lagi memakai sistem kunci, melainkan tinggal memencet tombol kemudian mesin 4 silinder segaris DOHC dual VVT-I 1.5 liter menyala halus menghasilkan 102 hp pada 6000 rpm dan torsi maksimal 136 Nm pada 4200 rpm. Transmisi manual 5-kecepatannya bekerja secara halus untuk mengantarkan tenaga ke roda belakang dan presisi pada saat gigi transmisi naik maupun turun.

FITUR T-LINK

Saat perjalanan menuju Semarang, saya lebih banyak berada di bangku penumpang depan. Saya manfaatkan waktu untuk mengotak-atik fitur-fitur yang ada di dashboard. Layout dashboard memang berbeda dibandingkan sebelumnya terutama pada bagian tengah di mana terdapat center cluster-nya baru dengan pengaturan AC digital. Desain konsol tengahnya juga agak berbeda, di mana desain tempat terlihat lebih menarik.

Head unit layar sentuh baru berisikan ragam informasi tentang fitur infotainment mobil dan info lainnya yang sudah bisa terkoneksi smartphone atau pun Bluetooth. Selain itu juga berfungsi sebagai kamera mundur. Bahkan terdapat juga rear-seat entertainment berupa display di bagian belakang, namun hanya terdapat pada tipe 1.5 liter saja.

Fitur terbaru di display sentuh yakni T-Link yang mengoneksikan dengan smartphone Anda. Cara untuk mengoperasikannya gampang banget, tinggal sambungkan via Bluetooth lalu tekan T-Link dan langsung akan terkoneksi.

Anda bisa melihat google maps via layar sentuh tanpa pandangan terdistraksi ke HP. Artinya, semua fitur-fitur yang ada di HP Anda, bisa dilihat di layar sentuh sehingga akan mempermudah Anda untuk berkomunikasi.

MERASAKAN PERFORMA

Setelah sempat menginap di Semarang, pagi harinya kami melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta. Sebelumnya, kami mampir dulu untuk makan siang ke daerah Magelang. Kali ini, Carvaganza bersama tiga orang lainnya menaiki Toyota New Veloz 1.5 liter dengan transmisi otomatis berwarna putih metallic. Selama perjalanan kami mengunjungi tempat-tempat heritage kebudayaan Indonesia bernuansa adat istiadat Indonesia yang sangat kental karena Toyota Avanza sudah menjadi bagian dari perkembangan keluarga di negeri ini.

Begitu dinyalakan suara mesin bensin naturally aspirated 4 silinder segaris DOHC Dual VVT-I 16 valve 1500 cc terdengar halus. Tenaga 102 hp pada 6000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4200 rpm terasa cukup kuat mendorong kendaraan dengan bobot 1.085 kg dan panjang 4,2 meter serta tinggi 1,69 meter ini. Meskipun tendangan tenaga sampai rpm 3000 agak lamban karena indikator Eco berwarna hijau di indicator cluster di belakang kemudi menyala untuk mengejar efisiensi bahan bakar. Di atas 3000 rpm, tanda Eco akan mati secara otomatis.

Setir yang sudah mengadopsi teknologi electronic power steering dan tilt steering terasa bernyawa tanpa menyisakan ruang kosong dengan radius putar yang lebar. Pabrikan melakukan penyempurnaan pada setir, agar terasa berat ketika kecepatan mobil di atas 70 km/jam sehingga kerja setir tetap obyektif pada kecepatan tinggi. Pabrikan juga menyeting ulang kemudi sehingga menjadi semakin mudah dikendalikan pada kecepatan rendah, dan terasa solid atau sedikit berat pada saat kecepatan tinggi.

Pengendaraan mobil terasa cukup stabil ketika melahap tikungan-tikungan sedang dan panjang di jalan tol atau pun ketika melahap tikungan pendek di jalanan berkelok jika dibandingkan Veloz sebelumnya. Veloz memiliki ground clearance yang cukup tinggi 200 mm (20 cm) yang cukup aman ketika melewati jalanan dengan permukaan tidak rata. Pengereman pun bekerja secara efektif salah satunya berkat fitur ABS.

Tingkat kestabilan yang lebih baik itu juga berkat penyempurnaan pada suspensi di mana perubahan dilakukan pada shock absorber depan dan belakang, pada per (coil spring) dan pada bushing. Pabrikan memakai coil spring dengan daya puntir lebih kecil dan bushing dibuat lebih rigid lagi. Alhasil bantingan menjadi lebih empuk dan membuat penumpang di baris jok kedua dan ketiga menjadi lebih nyaman.

Untuk keselamatan, telah disediakan dua airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, ISOFIX, side impact beam untuk meminimalisir benturan dari samping serta adanya sistem peringatan seatbelt untuk penumpang depan.

Oh iya, bagaimana dengan konsumsi bahan bakar? Toyota Avanza dan Veloz direkomendasikan untuk konsumsi BBM Pertamax 92 (Ron 92). Selama perjalanan tersebut kami mendapatkan rata-rata 10,5 km/liter dengan pengendaraan normal di jalan raya, namun di tol memang kami pacu lebih cepat dari biasanya.

Dari perjalanan ini saya menyimpulkan, Toyota melakukan upgrade terutama pada sektor kenyamanan New Avanza dan New Veloz. Bagian kabin juga mendapat perhatian dengan penambahan beberapa fitur “jaman now”. Sedangkan performa, Toyota sepertinya mash percaya dan mengandalkan teknologi sebelumnya.

Spesifikasi Toyota New Avanza dan New Veloz

Layout kendaraan: MPV, mesin depan, 4 pintu, 7 penumpang, RWD
Mesin: I-4 DOHC 16 valve Dual VVT-i 1.5L/ 102 hp @6000 rpm/ 136 Nm @ 4200 rpm.
Transmisi : M/T 5-kecepatan; A/T 4-kecepatan.
P x L x T: 4200 x 1660 x 1695 mm
Wheelbase: 2655 mm
Ground clearance: 200 mm
Berat: 1.085 kg
Suspensi depan: MacPherson strut with coil spring
Suspensi belakang: 4-link lateral rod with coil spring. Suspen
Ban: 185/65 R16
Kapasitas tangki BBM: 45 liter

EKA ZULKARNAIN

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Mitsubishi Pasang Logo dan Tagline di Pesawat Garuda Rute Jakarta-Nagoya

NAGOYA, 25 Maret 2019 – Kerjasama branding antar perusahaan yang dilakukan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan Garuda...

9 Tips Aman Mengemudi di Malam Hari

JAKARTA, 25 Maret 2019 – Berkendara di malam hari seringkali tidak bisa kita hindari meskipun memiliki potensi bahaya lebih besar....

Mercedes-Benz A-Class Jadi Bintang Video Klip Terbaru KimoKal

JAKARTA, 25 Maret 2019 – Mercedes-Benz ingin membuat A-Class terbaru semakin digemari oleh kalangan muda atau millennials untuk menjadi mobil...

All New Ertiga Suzuki Sport Diperkenalkan Keliling Indonesia

JAKARTA, 24 Maret 2019 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memulai roadshow perkenalkan model baru All New Ertiga Suzuki Sport....

GOJEK Peduli Distribusikan Bantuan 7 Ton untuk Korban Banjir Jayapura

JAYAPURA, 24 Maret 2019 – GOJEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia bersama mitra driver, turut membantu korban...