Beranda Hot Topics Mengenal Aston Martin DB5 1963 Yang Dipakai James Bond

Mengenal Aston Martin DB5 1963 Yang Dipakai James Bond

GOLDFINGER, Sean Connery, 1964.

JAKARTA, Carvaganza.com – Trailer kedua film James Bond terbaru, No Time To Die, sudah dirilis. Terdapat empat model Aston Martin yang dipakai dalam film itu yakni Aston Martin DB5 tahun 1963, Aston Martin Valhalla, V8 Vantage dan DBS Superleggera.

Dari keempat mobil tersebut, yang paling terkenal adalah DB5. Kendaraan grand tourer (GT) itu dipakai pertama kali pada film James Bond, Goldfinger yang dirilis tahun 1964 dan menjadi mobil Aston Martin paling ikonik di sekuel film laga ini. Yang berperan sebagai agen 007 waktu itu adalah Sean Connery.

Selain main di Goldfinger, DB5 juga dilibatkan dalam film Agen 007 lainnya yaitu Thunderball, GoldenEye, Tomorrow Never Dies, Casino Royale, Skyfall dan Spectre.

Baca juga: Mobil James Bond, Aston Martin DB5 Goldfinger Diproduksi Kembali

Foto: www.topgear.com

Layout kendaraan
Aston Martin DB5 masuk dalam kategori grand tourer (GT). Dibuat oleh pabrikan Aston Martin, sementara desain dikerjakan oleh perusahaan karoseri asal Italia, Carrozeria Touring Superleggera. Pertama kali dirilis tahun 1963 dan merupakan evolusi dari DB4 yang sudah dinon-aktifkan produksinya.

Perbedaan utama DB4 vs DB5
Perbedaan utama antara DB4 Series V dengan DB5 adalah seluruh mesin yang dipakai DB5 terbuat dari alumunium. Sedangkan sebelumnya adalah logam. Kapasitas jantung pacu dinaikkan dari 3.7 liter pada DB4 menjadi  dari 4.0 liter.  Transmisi memakai ZF lima percepatan. Mesin menghasilkan tenaga 285 hp dan kecepatan maksimal 233 km/jam.

Unveiling
DB5 pertama kali disingkap tirainya di Earls Courth Motor Show, Inggris. Pertama kali keluar, tak disangka bisa sesukses dan seheboh pada eranya. Padahal, sebagai pengganti DB4, tak banyak mengalami perubahan, bahkan secara penampilan bisa dibilang identik.

Pada waktu DB4 dikembangkan akhir 1950-an, General Manager Aston Martin John Wyer waktu itu bersikeras agar desain mobil dikerjakan oleh perusahaan karoseri dari Italia. Keputusan Wyer tidak alah, malah membuahkan hasil mengejutkan.

Berkat Touring Superleggera, style mobil menjadi terlihat sangat indah dan menawan. Efeknya terbayarkan dengan angka penjualan DB4 yang begitu tinggi di kelasnya waktu itu sebagai GT premium.

Foto: www.topgear.com

Baca juga: Aston Martin akan Buat Lagi 25 Unit DB5 Spek James Bond

Baca juga: Aston Martin James Bond Lengkap dengan Senapan Mesin Dilelang Rp 86 M

Komponen Standar
Komponen standar yang terdapat pada DB5 di antaranya jok reklining, karpet dari wol, jendela elektrik, dua tangka BBM, velg model wire dengan pulas krom dan bodinya terbuat dari magnesium-alloy. Kabinnya dibungkus oleh material kulit serta terdapat alat pemadam api. Semua model yang diproduksi hanya dua pintu dengan konfigurasi 2+2.

Varian
Terdapat tiga varian yaitu DB5 Vantage, DB5 Convertible dan DB5 Shooting Brake. DB5 Vantage masuk dalam kategori high-performance. Mesinnya menghasilkan 328 hp pada 5.500 rpm. Sementara untuk varian Convertible, yang diproduksi sebanyak 123 unit (termasuk bodi yang dikerjakan oleh Karoseri Touring). Nama Volante baru disematkan tahun 1965. Varian ini ditawarkan dari tahun 1963 sampai 1965.

Prototipe untuk DB5 Shooting-Brake merupakan varian custom yang diproduksi oleh pabrikan khusus untuk Sir David Brown. Seorang bangsawan dan industrialis terkenal Inggris, Setelah itu karoseri independent, Harold Radford, membuatkan sekitar 12 unit custom untuk pabrikan Aston.

Baca juga: Ian Fleming, The British Who Loves American

Foto: www.topgear.com

Kiprah Di  James Bond
Sebetulnya kalau menuruti novel James Bond karya Ian Fleming, mobil yang dipakai sesuai novel adalah DB Mark III. Namun, pakar special effect John Stears membujuk perusahaan film agar memakai DB5. Stears pun merayu Aston untuk membuatkan prototipe DB5. Setelah disetujui, Stears jualah yang memodifikasi DB5 untuk film Goldfinger yang dirilis tahun 1964.

Untuk mempromosikan film tersebut, dua DB5 dipamerkan di New York World’s Fair 1964. Kendaraan itu disebut-sebut sebagai “Mobil Paling Termashur di Dunia”. Berkat Goldfinger, jualannya langsung melejit.

Spesifikasi Aston Martin DB5 1963 
Tahun produksi   1963 – 1965 (1.059 unit)
Layout kendaraan   GT, mesin depan, coupe, 2+2, RWD
Mesin   6 silinder DOHC 4.0L/ 280 – 323hp @5.500 rpm/380 – 390Nm @4500 rpm
Transmisi  M/T 5-speed ZF atau opsional A/T 3-speed BorgW
PxLxT   4570 x 1680
Kerb weight   1502 kg

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Ngeri, Jeep Wrangler Nyangkut Di Bibir Jurang Trek Motor Trail

CALIFORNIA, Carvaganza.com -  Berpetualang adalah kegiatan yang mengasyikkan. Mengunjungi tempat-tempat baru, trek menantang dan bertemu dengan orang-orang baru. Apalagi kalau perginya dengan sepeda motor...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Bagaimana Teknologi Cerdasnya Bekerja? (Bagian 3)

JAKARTA, Carvaganza.com - Sampai mana Nissan Kicks e-Power dengan satu tangki bahan bakarnya bisa melaju? Apakah fitur-fitur cerdasnya dapat membantu Crossover baru ini menjelajah...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...