Beranda Updates Mobil James Bond, Aston Martin DB5 Goldfinger Diproduksi Kembali

Mobil James Bond, Aston Martin DB5 Goldfinger Diproduksi Kembali

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan mobil mewah Inggris, Aston Martin, memberikan kejutan untuk penggemarnya dengan menyatakan akan merilis kembali Aston Martin DB5. Ini akan menjadi produksi pertama setelah edisi terakhir dibuat 55 tahun lalu dari lini produksi Newport Pagnell di Buckinghamshire, Inggris.

Ini boleh dibilang sebagai kejutan. DB5 dilabeli sebagai ‘salah satu mobil paling terkenal di dunia’ dan Aston Martin sportscar klasik terlaris sepanjang masa. Tak kurang 900 unit dibuat antara 1963 hingga 1965. Salah satu yang membuat masyur adalah penampilannya dalam film agen rahasia 007, James Bond, pada film Goldfinger yang tayang pada 1964.

Dalam keterangan resminya, Aston Marti mengatakan mobil ini sedang dirakit di Buckinghamshire. Jadwalnya akan dikirimkan kepada pelanggan mulai semester kedua 2020.

Upaya merilis kembali mobil-mobil ikonis merupakan strategi Aston Martin di bawah pimpinan baru Tobias Moers, mantan pimpinan Mercedes AMG. Ia menyatakan ingin meneruskan warisan legendaris Aston Martin namun dengan cara baru yang berbeda. Ini bukan kali pertama mereka membangun model klasik Aston Martin. Sebelumnya, mereka membangun kembali DB4 GT.

Baca juga: VIDEO: Begini Aksi Land Rover Defender di Film James Bond Terbaru

Perangkat James Bond

DB5 ini hanya akan tersedia dalam satu warna, yakni perak, seperti aslinya dalam film James Bond. Disebutkan nantinya hanya akan ada 25 unit saja di dunia.

Tak hanya soal limited edition yang membuatnya menarik. Aston Martin mengatakan setiap unit akan dibangun dengan gadget yang persis sama seperti milik 007. Aston Martin bekerja sama dengan Chris Corould, spesialis efek fil-film James Bond.

Di bagian eksterior antara lain tempat plat yang bisa diganti, senapan mesin tiruan di bagian depan, pelontar asap dan oli tiruan, dan kaca anti peluru.

Baca juga: Special Edition Aston Martin Vantage V12, Hanya 38 Unit!

Jantung Pacu

Sedangkan di bagian interor antara lain ada layar radar pelacak, telpon di pintu pengemudi, ruang senjata di bawah bangku, dan remote control untuk mengaktifkan gadget. “Kami mendapat izin dari film untuk menggunakan gadget Bond,” kata Chris.

DB5 ini menggunakan sasis baja dan bodi alumunium. Di bawah bonetnya tertanam mesin enam silinder 4.000 cc naturally aspirated inline 6 silinder. Enam busi, pembakaran karburator, dan oil cooler. Disebutkan mesin ini menghasikan tenaga 290 bhp. DB5 Goldfinger digerakkan transmisi manual 5-sped ZF dengan penggerak roda belakang.

Berminat? Menurut perusahaan, DB5 Goldfinger dijual 2,75 juta pound sterling atau sekitar Rp 49,5 miliar.

Sumber: Aston Martin

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto