Beranda EDITOR'S PICKS Mazda Luncurkan Edisi Anniversary 100 Tahun, Masuk Indonesiakah?

Mazda Luncurkan Edisi Anniversary 100 Tahun, Masuk Indonesiakah?

JAKARTA, carvaganza.com – Pabrikan Mazda sudah menginjak usia yang keseratus tahun pada tahun 2020 ini. Berdiri di Hiroshima, Jepang, pada 30 Januari 1920 dengan nama Toyo Cork Kogyo Co., namun tiga tahun kemudian pada Pada 1927 berubah nama menjadi Toyo Kogyo Co., Ltd.

Perusahaan saat itu bergerak di bidang produksi komponen mesin kendaraan. Tahun 1931 melebarkan sayap dengan memproduksi kendaraan roda tiga untuk niaga yang diberi nama Mazda-Go. Mirip dengan sepeda motor roda tiga yang dilengkapi dengan bak terbuka di bagian belakang untuk kepentingan niaga. Sekaligus menjadi kendaraan pertama yang diproduksi Mazda. Perusahaan juga pernah memproduksi persenjataan untuk militer Jepang ketika pecah Perang Dunia II.

Berdasarkan website resmi, nama Mazda diambil dari nama sang pendiri utama perusahaan yakni Jujiro Matsuda. Nama itu sudah dipakai pada Mazda-Go. Yang jadi masalah waktu itu adalah bagaimana pengucapannya jadi “Mazda” bukan “Matsuda”? Akhirnya diputuskan bahwa nama Mazda itu berasal dari nama Ahura Mazda, yaitu Dewa Harmoni, Kebijaksanaan dan Kecerdasan yang dipercaya oleh masyarakat Asia Barat pada jaman peradaban pertama.

Mazda-Go

Baca juga: Rayakan Usia 1 Abad, Mazda Luncurkan Edisi Spesial

Pada tahun 1960, Mazda untuk pertama kali memproduksi kendaraan roda empat R360 Coupe. Kei car dua pintu ini memiliki kapasitas 4 penumpang. Bentuknya mungil dengan dimensi wheelbase 1.760 mm dan bobot 380 kg. Mesin yang dipakai pun kecil jenis V-twin 356 cc yang diposisikan di bagian belakang mobil dengan berpendingin udara. Menghasilkan tenaga 14 hp (16 PS) dan torsi 22 Nm. Dikombinasikan dengan girboks manual 4 percepatan dan transmisi otomatis 2 speed. Top speed hanya 84 km/jam.

Pada tahun 1964 mulai memproduksi mobil sedan dengan bodi yang kecil, empat pintu. Diberi nama Mazda 800 atau dikenal dengan nama Mazda Familia. Mesin yang dipakai empat silinder segaris 4 langkah berkapasitas 782 CC.

Dari situ sejarah Mazda terus bergulir sampai akhirnya pada 1984, nama perusahaan menjadi Mazda Motor Corporation (MMC).

Edisi 100 Tahun Mazda

Untuk memperingati Anniversary 100 Tahun, MMC telah merilis mobil edisi khusus 100 tahun yang terdiri dari ragam model. The 100th Anniversary Special Edition Series ini akan dijual untuk periode terbatas sampai Maret 2021, meliputi Mazda2, Mazda3, Mazda6, CX-3, CX-30, CX-5, CX-8, Roadster (MX-5), Roadster RF.

Untuk Mazda edisi 100 tahun kelir yang tersedia hanya satu yaitu putih. Pabrikan menyebutnya Snow Flake White Pearl Mica. Interiornya mengombinasikan warna two-tone, putih dan burgundy. Warna ini adalah simbol warna passenger car pertama Mazda yaitu R360 yang dibuat tahun 1960.

Pada The 100th Anniversary series itu juga tersemat sejumlah komponen eksklusif berupa Logo Khusus 100th yang terpasang di eksterior maupun interior. Karpet mobil berwarna merah (burgundy) bertanda khusus 100th Anniversary, kunci juga diembos dengan Logo Khusus 100th dan kepala velg (center hubcap) juga memiliki Logo Khusus 100th Anniversary.

Lantas mobil Mazda edisi 100th Anniversary yang masuk Indonesia apa saja? Di Indonesia, semua model yang dijadikan 100th Anniversary ada di sini. Mulai Dari Mazda2, Mazda3, CX-3, CX-30, Mazda6 sampai MX-5. Mungkin bisa saja semua model edisi khusus itu masuk sini dan dijual dengan unit yang terbatas. Kita tunggu saja.

EKA ZULKARNAIN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...