Beranda Updates Hadapi EURO 4, Isuzu: Kami Sudah Sangat Siap

Hadapi EURO 4, Isuzu: Kami Sudah Sangat Siap

JAKARTA, Carvaganza.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia kembali menegaskan kesiapannya menghadapi pelaksaan kebijakan standar emisi EURO 4. Hal itu karena Isuzu sudah memiliki teknologinya yaitu engine common rail sejak tahun 2011. Artinya mereka tinggal mengaplikasikan pada produk yang dijual di Tanah Air.

Pemerintah memang sudah mewacanakan regulasi EURO 4 dari tahun 2019. Rencananya implementasi aturan untuk kendaraan bermesin diesel akan diberlakukan tahun depan atau pada 2021. Melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV, Presiden Joko Widodo sudah tandatangan Perjanjian Paris Degree, dimana ini menandakan bahwa Indonesia sangat concern terhadap permasalahan emisi.

Ernando Demily, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia mengatakan sedianya Indonesia termasuk lambat dalam melaksanakan aturan ini. Negara-negara lain sudah mengimplementasikan lebih dulu seperti Singapura, Thailand, dan negara lainnya sudah beralih ke EURO 4 dan bahkan lebih.

“Isuzu sudah sangat siap dalam menghadapi regulasi pemerintah mengenai EURO 4, karena kami sudah menggunakan engine yang nantiknya akan menjadi standard untuk kebijakan EURO 4 sejak tahun 2011, yaitu engine common rail pada Isuzu Giga. Pastinya ketika regulasi ini dilakukan ada dampak untuk para pengusaha, terutama untuk bisnis logistik dimana akan terkena dampak yaitu biaya logistic juga akan meningkat,” kata dia.

Selain kesiapan produk, layanan purna jual juga menjadi penting, salah satunya dari sisi kemampuan mekanik dalam menangani teknologi baru. “Kami dari Isuzu juga sudah terbiasa menangani teknologi common rail. Hal ini dikuatkan dengan kemenangan mekanik Isuzu Indonesia dalam Isuzu World Technician Competition CV (Commercial Vehicle) Division atau I-1 Grand Prix yang ke-12 di Jepang,” kata dia.

Baca juga: Punya Mesin Common Rail Sejak 2011, Isuzu Siap Hadapi Euro4

Isuzu Network

Kesiapan Isuzu juga ditunjang dengan jaringan serta pelayanannya. Saat ini Isuzu memiliki 117 outlets dan 24 outlet satelit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pabrikan ini juga siap melayani kebutuhan spare parts Isuzu memiliki 2.403 parts shop yang berada di 355 kota. Selain itu ada 12 parts Depo, yang terdiri dari 6-part Depo untuk Isuzu GIGA (Medan, Pekanbaru, Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, Makassar), 4 parts Depo untuk Isuzu Elf (Lampung, Palembang, Manado, Bali) dan 1 parts Depo gabungan di kota Semarang.

Guna mendukung layanan purna juga Isuzu dilengkapi dengan Armada Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) sebanyak 128 unit mobil BIB dan 5 unit motor BIB. Plus 128 bengkel resmi dan authorized workshop.

Baca juga: Tersandung Euro4, Isuzu Panther Segera Stop Produksi?

Penjualan

Untuk penjualan, Isuzu berharap bisa melebihi raihan tahun lalu. Market share Isuzu di YTD Desember 2019 tumbuh 2.4% dari tahun sebelumnya. Penjualan retail sales Isuzu pada tahun lalu tercatat 25.315 unit atau naik tipis dari tahun sebelumnya yang berada di angka 25.284 unit. Penjualan tertinggi masih dipegang oleh ELF sebanyak 13.996 unit. Kemudian diikuti Traga (6.151 unit), medium truck (2.983 unit), Panther (763 unit), mu-X (457 unit), D-MAX (357 unit), dan Panther Pick-Up (608 unit).

Ernando dalam sambutannya menuturkan soal pencapaian positif Isuzu Indonesia sepanjang 2019 lalu. Beberapa model Isuzu mengalami peningkatan penjualan antara lain Isuzu Elf menjadi 21,2% dan Isuzu Traga yang naik signifikan 7,7% menjadi 17,6%. Menurut Ernando, peningkatan penjualan Elf menjadi rekor tertinggi selama model tersebut hadir di Indonesia.

“Di tahun ini, Isuzu mengatakan akan mengeluarkan beberapa varian baru, dan tentunya Isuzu akan teru memberikan customer kami produk yang fit dan dapat diandalkan, selain itu Isuzu Indonesia juga akan terus memperkuat jaringan after sales kami untuk para customer,” tutup dia.

Baca juga: Isuzu Janjikan Beberapa Model Baru di 2020

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com - Nissan Indonesia kini punya strategi baru. Tahun lalu, di Hong Kong, rencana besar mereka untuk Indonesia di 2020 adalah merilis model...