Beranda Drives THE CHOICE: Honda HR-V Vs Mazda CX-3, Fitur dan Performa

THE CHOICE: Honda HR-V Vs Mazda CX-3, Fitur dan Performa

KONSUMEN otomotif saat ini sudah sangat pintar. Mereka tak lagi hanya melihat penampilan sebagai syarat utama memilih mobil. Banyak aspek lain kini juga menjadi pertimbangan orang membeli sebuah mobil. Nah, kali ini kami membandingkan dua crossover yang tengah naik daun.

Kami menyandingkan Honda HR-V 1.5L E Special Edition dan New Mazda CX-3 Touring. Kedua mobil ini berkapasitas 5 penumpang dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 300 juta.

Pada bagian pertama kami sudah membandingkan keduanya dari sisi tampilan eksterior dan fasilitas interior. Pada bagian ini kami akan coba mengulas dan membandingkan fitur dan bagaimana driving experience keduanya.

FITUR

New Honda HR-V maupun New Mazda CX-3 memiliki fitur dan teknologi andalan masing-masing yang menjadi keunggulannya. Nilai jual HR-V terletak pada pelipatan jok baris kedua sehingga menambah utilitas. Dengan begitu, ruang bagasinya yang luas bisa menjadi jauh lebih luas lagi.

Honda HR-V didukung transmisi CVT dengan mode Sport dan paddle-shift demi memaksimalkan performa mesin. Sementara itu, cincin bingkai speedometer bisa berubah warna sebagai Eco Assist. Layar infotainment 8 inci memiliki fungsi koneksi USB, AUX, Bluetooth dan smartphone mirroring melalui aplikasi MiraCast.

Dari sisi sistem keselamatan terdapat Electric Parking Brake + Auto Brake Hold, Hill Start Assist, serta Brake Override System. Perlindungan terhadap kecelakaan, HR-V didukung dengan 6 buah airbag.

Mazda melengkapi CX-3 dengan fitur lebih lengkap daripada HR-V dan lebih fokus pada pengemudi dan keselamatan. Fitur paling baru yang hadir pada New CX-3 adalah Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold. Seperti pada Mazda lain, CX-3 dibekali dengan MZD Connect. Fitur ini memiliki pusat kendali terpisah dari layar sentuh meski ukurannya lebih kecil. Sistem infotainment CX-3 telah dilengkapi GPS dan voice command yang tidak dimiliki HR-V.

Meski mesinnya paling besar di segmennya, konsumsi bahan bakar ekonomis dijamin oleh fitur i-Stop. Fokus pengemudi dalam kecepatan tinggi lebih terjaga dengan tersedianya Active Driving Display, juga paddle-shift untuk transmisi otomatis Skyactiv-Drive.

Selain Dual Front SRS, Side and Curtain Airbag, keselamatan pengemudi didukung juga oleh Hill Launch Assist, G-Vectoring Control, Dynamic Stability Control dan Traction Control. Pada varian CX-3 Grand Touring, fitur keselamatan semakin lengkap lewat i-Activsense yang diwakili Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert.

DRIVING EXPERIENCE

Pada dasarnya Honda HR-V Special Edition dihadirkan untuk mereka yang ingin menggunakan SUV tapi tetap irit bahan bakar. Maka dari itu, HR-V Special Edition ini dibekali mesin 1.5L dengan tenaga 120 hp. Sebagai crossover ia cukup lincah di jalan. Hal ini kami buktikan dengan bermanuver di tengah kemacetan. Handling masih menyenangkan dan visual spion ke buritannya masih cukup jelas. Alhasil memudahkan untuk melihat ke belakang.

Bobot setirnya terasa sangat ringan dan mudah dikendalikan seperti membawa platform hatchback miliknya, Honda Jazz. Untuk tipe E Special Edition ini, setir juga sudah dibekali tombol pengatur audio dan cruise control.

Mobil ini jauh terasa lebih nyaman dari Mazda CX-3 Touring yang memiliki bantingan sedikit lebih keras demi memenuhi karakter sporty. Karena pada dasarnya, Honda HR-V memang ditawarkan untuk kenyamanan dan kelegaan kabin penumpang. Meski ia cukup nyaman, mobil masih nikmat untuk menikung tajam dan tidak limbung. Tapi harus diakui, Mazda CX-3 lebih stabil ketika melibas tikungan lebih tajam.

Sedangkan untuk mesin, tentunya Mazda lebih berbangga hati karena mesinnya menggunakan 2.0L atau paling tinggi di kelasnya. Mazda juga selalu menawarkan karakter fun to drive pada setiap lineup terbarunya. Kelebihan Honda HR-V adalah efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dengan mesin 1.5L miliknya.

KESIMPULAN

Masing-masing mobil memiliki kelebihan. Honda HR-V menawarkan kelegaan kabin, desain yang cukup stylish dan irit bahan bakar. Sedangkan Mazda CX-3 tak hanya sekadar alat transportasi, tapi juga memberikan kenikmatan mengemudi yang sporty. Penampilan dan performa miliknya layak untuk dibayar dengan harga lebih tinggi. Apa pun pilihan Anda, pastikan sesuai dengan karakter dan kebutuhan.

Spesifikasi Honda HR-V
Layout kendaraan:
SUV, Mesin Depan, 5 Pintu, 5 Penumpang, FWD
Mesin:
1.5 Liter SOHC 4 silinder, i-VTEC, 118 hp @ 6.600 Rpm, 145 Nm @ 4.600 Rpm
Transmisi:
CVT
0 – 100 km/jam: 
11,4 detik
Top speed:  
180 km/jam
PxLxT:
4.294 x 1.772 x 1.580 mm
Wheelbase:
2.610 mm
Ground clearance:
185 mm
Bobot kosong:
1.220 kg
Kapasitas tangki:
40 liter

Spesifikasi Mazda CX-3
Layout kendaraan:
SUV, Mesin Depan, 5 Pintu, 5 Penumpang, FWD
Mesin: 2.0 Liter DOHC 4 silinder, Skyactiv-G, 145 hp @ 6.000 Rpm, 195 Nm @ 2.800 Rpm
Transmisi: Otomatis 6-Percepatan
0 – 100 km/jam:
9,2 detik (estimasi)
Top speed:  
192 km/jam
PxLxT:
4.275 x 1.765 x 1.535 mm
Wheelbase:
2.570 mm
Ground clearance:
160 mm
Bobot kosong:
1.730 kg
Kapasitas tangki:
48 liter

VALDO PRAHARA | WAHYU HARIANTONO