Beranda Updates Teknologi Hybrid i-MMD Honda, Hemat BBM dan Responsif

    Teknologi Hybrid i-MMD Honda, Hemat BBM dan Responsif

    MOTEGI, 25 Oktober 2019 – Honda memperkenalkan teknologi hybrid terbaru yang disebut dengan nama Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD). Teknologi yang menggunakan dua motor ini diklaim lebih hemat bahan bakar tanpa menghilangkan akselerasi yang cepat dan responsif.

    Dalam rangkaian trip ke Tokyo Motor Show 2019, PT Honda Prospect Motor mengajak Carvaganza dan jurnalis Indonesia lainnya merasakan sensasi teknologi hybrid ini.Test drive kami lakukan di Sirkuit Twin Ring Motegi, menggunakan sedan Insight 1.5L dan SUV CR-V tipe 2.0 L.

    “Sistem Sporty Hybrid i-MMD mewujudkan efisiensi bahan bakar yang tinggi dengan menggunakan two-motor system, serta kesenangan berkendara dengan akselerasi yang cepat dan responsif,” kata Nobuyuki Aoyama, President of Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. saat uji berkendaraan di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Kamis.

    Teknologi i-MMD yang bekerja menggunakan tenaga motor membuat mesin konvensional tidak hidup terus menerus, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

    Baca juga: All New Honda Jazz Meluncur, Bakal Segera Masuk Indonesia?
    Baca juga: All-New Honda Jazz Pertama Kali dilengkapi Honda Sensing
    Baca juga: Debut di Tokyo Motor Show 2019, Ini Dia All-New Honda Jazz

    Akihiro Watanabe, Honda R&D Japan yang memberikan penjelasan mengatakan pengoperasian dapat dibagi ke dalam tiga mode berkendara, dimana mode akan berganti-ganti sesuai dengan keadaan berkendara, dan terus bekerja secara optimal.

    Pada mode EV Drive dan Hybrid Drive, sistem beroperasi menggunakan tenaga motor. Penggunaan motor bertenaga besar membantu mode ini untuk digunakan di nyaris semua keadaan berkendara.

    Sedangkan pada mode Engine Drive, pengoperasian sepenuhnya menggunakan mesin berbahan bakar bensin. Di mode ini, sebuah mesin dengan konsumsi bahan bakar yang efisien akan digunakan hanya saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

    “Dengan terus berganti-ganti di antara tiga mode tersebut dan menggunakan setiap mode dengan efektif, kami mampu mewujudkan efisiensi bahan bakar yang tinggi serta kualitas pengendaraan mobil listrik yang tinggi,” kata Akihiro.

    Ketika Carvaganza mencoba sistem ini di Insight, tenaga yang dihasilkan sangat linear dan teratur. Tidak banyak hentakan karena pergantian antar gigi sangat mulu dengan penggunaan E-CVT.

    Sistem i-MMD terdiri dari E-CVT dan Power Control Unit yang merupakan sistem mesin dan 2 motor di bagian depan. Dengan memasang baterai IPU di bawah kursi belakang, maka ruang bagasi menjadi lebih besar yang setara dengan kendaraan berbahan bakar bensin. Sistem yang sama juga diaplikasikan pada 2.0 i-MMD yang dipasang pada Honda CR-V.

    Fitur unik dari i-MMD tidak terbatas pada pencapaian efisiensi tertinggi saja. Motor berdaya tinggi yang digunakan dalam sistem memungkinkan kinerja mengemudi yang setara dengan EV.

    Aoyama mengatakan pengembangan i-MMD merupakan bagian dari target Honda di 2030 yaitu meraih penjualan mobil listrik sebanyak dua per tiga dari total penjualan pada 2030.

    RAJU FEBRIAN

    Video Terbaru Youtube Carvaganza



    Last Updates

    V-Kool Rilis VK10 dan VK30, Kaca Film Tolak Panas Hampir 100%

    ANYER, 13 Desember 2019 – Menutup akhir tahun 2019, V-Kool Indonesia meluncurkan varian produk terbarunya yang diklaim memiliki kemampuan tolak panas tertinggi dari seluruh...

    Permintaan Terios Meningkat, Penjualan Daihatsu Naik 4,1%

    JAKARTA, 12 Desember 2019 – Peningkatan permintaan model-model Daihatsu, terutama Terios, membuat capaian Daihatsu di bulan November 2019 mengalami peningkatan...

    Depok Car Communities Rayakan HUT ke-4 dengan Meriah

    JAKARTA, 12 Desember 2019 – Komunitas mobil Depok Car Communities (DCC) menggelar acara untuk merayakan HUT ke-4 yang jatuh pada...

    Ini 4 Fitur Unggulan Peugeot 3008 SUV Saat Hujan

    JAKARTA, 12 Desember 2019 -- Memasuki musim penghujan Anda harus mempersiapkan diri dan kendaraan Anda. Jangan sampai ada masalah saat...

    Buka Pool di Yogyakarta, Cititrans Kini Layani Jalur Yogyakarta – Semarang

    Yogyakarta, 12 Desember 2019 -- Cititrans penyedia layanan Executive Shuttle mengoperasikan pool di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai hari ini, Kamis (12/12/2019)....