Beranda Updates Teknologi Hybrid i-MMD Honda, Hemat BBM dan Responsif

Teknologi Hybrid i-MMD Honda, Hemat BBM dan Responsif

MOTEGI, 25 Oktober 2019 – Honda memperkenalkan teknologi hybrid terbaru yang disebut dengan nama Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD). Teknologi yang menggunakan dua motor ini diklaim lebih hemat bahan bakar tanpa menghilangkan akselerasi yang cepat dan responsif.

Dalam rangkaian trip ke Tokyo Motor Show 2019, PT Honda Prospect Motor mengajak Carvaganza dan jurnalis Indonesia lainnya merasakan sensasi teknologi hybrid ini.Test drive kami lakukan di Sirkuit Twin Ring Motegi, menggunakan sedan Insight 1.5L dan SUV CR-V tipe 2.0 L.

“Sistem Sporty Hybrid i-MMD mewujudkan efisiensi bahan bakar yang tinggi dengan menggunakan two-motor system, serta kesenangan berkendara dengan akselerasi yang cepat dan responsif,” kata Nobuyuki Aoyama, President of Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. saat uji berkendaraan di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Kamis.

Teknologi i-MMD yang bekerja menggunakan tenaga motor membuat mesin konvensional tidak hidup terus menerus, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

Baca juga: All New Honda Jazz Meluncur, Bakal Segera Masuk Indonesia?
Baca juga: All-New Honda Jazz Pertama Kali dilengkapi Honda Sensing
Baca juga: Debut di Tokyo Motor Show 2019, Ini Dia All-New Honda Jazz

Akihiro Watanabe, Honda R&D Japan yang memberikan penjelasan mengatakan pengoperasian dapat dibagi ke dalam tiga mode berkendara, dimana mode akan berganti-ganti sesuai dengan keadaan berkendara, dan terus bekerja secara optimal.

Pada mode EV Drive dan Hybrid Drive, sistem beroperasi menggunakan tenaga motor. Penggunaan motor bertenaga besar membantu mode ini untuk digunakan di nyaris semua keadaan berkendara.

Sedangkan pada mode Engine Drive, pengoperasian sepenuhnya menggunakan mesin berbahan bakar bensin. Di mode ini, sebuah mesin dengan konsumsi bahan bakar yang efisien akan digunakan hanya saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

“Dengan terus berganti-ganti di antara tiga mode tersebut dan menggunakan setiap mode dengan efektif, kami mampu mewujudkan efisiensi bahan bakar yang tinggi serta kualitas pengendaraan mobil listrik yang tinggi,” kata Akihiro.

Ketika Carvaganza mencoba sistem ini di Insight, tenaga yang dihasilkan sangat linear dan teratur. Tidak banyak hentakan karena pergantian antar gigi sangat mulu dengan penggunaan E-CVT.

Sistem i-MMD terdiri dari E-CVT dan Power Control Unit yang merupakan sistem mesin dan 2 motor di bagian depan. Dengan memasang baterai IPU di bawah kursi belakang, maka ruang bagasi menjadi lebih besar yang setara dengan kendaraan berbahan bakar bensin. Sistem yang sama juga diaplikasikan pada 2.0 i-MMD yang dipasang pada Honda CR-V.

Fitur unik dari i-MMD tidak terbatas pada pencapaian efisiensi tertinggi saja. Motor berdaya tinggi yang digunakan dalam sistem memungkinkan kinerja mengemudi yang setara dengan EV.

Aoyama mengatakan pengembangan i-MMD merupakan bagian dari target Honda di 2030 yaitu meraih penjualan mobil listrik sebanyak dua per tiga dari total penjualan pada 2030.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Mau Beli Xpander Cross Limited Edition? Ini Bedanya Dengan Versi Reguler

JAKARTA, carvaganza.com -  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai APM Mitsubishi baru saja meluncurkan compact SUV Xpander Cross edisi terbatas. Peluncuran...

Porsche Rilis 3 Varian Baru Panamera, Apa Saja Ubahannya?

STUTTGART, carvaganza.com – Porsche baru saja mengumumkan tiga varian baru Panamera model tahun 2021. Kehadiran ketiganya menambah line-up big size sedan Bavaria yang sudah...

5 Mobil Beroda Tiga Paling Unik Di Dunia Yang Legal Digunakan Di Jalan Raya

JAKARTA, Carvaganza -- Siapa sangka, ternyata selama ini banyak sekali mobil dengan wujud aneh yang pernah diperbolehkan seliweran di jalan raya. Begini, mobil wajib...

Dua Model Sekaligus, Mitsubishi Luncurkan Xpander dan Xpander Cross Edisi Terbatas

JAKARTA, Carvaganza.com – Menjaga momentum pasar di tengah masa pandemi yang sudah memasuki kuartal terakhir tahun ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia...

10 Model Nissan Dipasangi Fitur NSS 360 Sebagai Standar

TOKYO, carvaganza.com -  Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, mengumumkan bahwa fitur teknologi keselamatan Nissan Safety Shield 360 (NSS) bakal menjadi fitur standar di 10...