Beranda Updates Penjualan Anjlok Dihantam COVID-19, Toyota Siapkan 4 Model Baru

Penjualan Anjlok Dihantam COVID-19, Toyota Siapkan 4 Model Baru

JAKARTA, Carvaganza.com – Dampak pandemi virus corona alias COVID-19 mulai terasa oleh pelaku otomotif Tabah Air. Bahkan pabrikan besar seperti Toyota juga mengalami penurunan penjualan menyusul wabah yang merebak. PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan jika penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) tidak terlalu berbeda dibandingkan Februari. Namun retail sales (langsung dari dealer ke konsumen) pada Maret lalu anjlok.

“Secara suplai (penjualan secara wholesales) masih angka yang sama dengan Februari, sekitar 25.000-an. Retail salesnya turun lumayan jauh jadi 17.000-an. Kenanya di 1-2 minggu terakhir, semenjak mulai work from home, social distancing dan lain-lain,” kata Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor, Dimas Aska, dalam video conference dengan sejumlah media, Selasa (7/4/2020) sore.

Menurut catatan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan retail Toyota pada Februari tercatat sebanyak 23.884 unit. Kalau retail sales Toyota pada Maret hanya 17.000-an unit, artinya penjualan mobil merek Jepang itu anjlok hingga 28 persen.

Padahal dengan jengan jumlah hari pada Maret yang lebih banyak dibanding Februari, angka penjualan ini tidaklah terlalu baru. “Penurunan dilihat dua minggu terakhir. Kan keadaannya memang hampir semua orang work from home dan lain-lain, jadi (bisa mencatat penjualan segitu) masih bisa dibilang lumayan bagus,” ujar Dimas.

Ia menyebut pemesanan model terbaru mereka Toyota New, mengalami kenaikan. Meski, permintaan mobil Toyota lainnya secara keseluruhan turun. “Memang karena baru, permintaannya tetap ada yang naik. Cuma memang secara total model semua pasti kena (turun). SPK Agya Februari itu 1.814 unit, di Maret naik menjadi 1.901. Itu gara-gara baru launching, jadi masih bisa dibilang cukup baguslah walaupun di tengah COVID-19,” sebut Dimas.

Baca juga: Beli Toyota New Agya Pakai Deal Cermat, Ini 3 Manfaatnya

Promosi dan Layanan

Terkait suplai ke dealer Maret lalu masih normal. Pihaknya akan melihat kondisi di awal April ini apakah distribusi akan mandek karena COVID-19. Sedangkan layanan after sales masih berjalan normal. Dealer dan bengkel Toyota tetap buka, meski sebagian melakukan penyesuaian jam operasional.

Toyota tetap melakukan promosi penjualan. Yang terkini adalah Deal Cermat. Dengan promo ini konsumen bisa tenang karena cicilan lebih hemar, trade-in lebih mudah, dan tenang karena sudah ada kelengkapan servis berkala.

Kemudahan untuk mendapatkan layanan purna jual terbaik di rumah juga diberikan. Toyota tetap berikan layanan terbaik demi memenuhi kebutuhan konsumen, sekaligus menekan penyebaran virus COVID-19. Layanan Chatbot Toyota dan aplikasi mTOYOTA terus ditingkatkan kualitas dan layanannya, begitu juga dengan disiapkannya Toyota Mobile Service (TMS) dan Pick Up Delivery. Kedua layanan tersebut siap menjawab kebutuhan konsumen, dengan armada 13 unit motor dan 555 unit mobil service. Dengan begitu, layanan Toyota datang ke konsumen, tanpa perlu repot ke bengkel.

Baca juga: Ini Layanan Pembelian, Servis dan Digital Toyota Selama COVID-19

Model Baru

Toyota tetap menggodok rencana kehadiran mobil-mobil baru di Indonesia. Yang baru saja dilakukan adalah mengenalkan Alphard 2020, Prius Pug-In Hybid, dan New Agya. LCGC ini mendapat banyak ubahan baik dari sisi tampilan eksterior yang makin sporty maupun fitur guna menambah kenyamanan kabin.

Mengenalkan model-model baru menjadi salah satu cara untuk tetap menarik konsumen. Dimas menuturkan akan ada sekitar empat unit mobil baru yang diluncurkan. “Secara planning sih harusnya ada tiga atau empat mobik baru. Tapi, kami belum tahu masih bisa tetap dengan schedule yang sama atau enggak,” ujarnya.

Sayangnya ia masih enggan menyebutkan model-model yang direncanakan. Perkiraanya adalah Toyota Raize dan Fortuner. Dimas tak mau menanggapinya. “Rencananya ada yang baru, lalu facelift, ada yang minor change juga. Memang akan ada yang outline untuk pasar yang baru, tetapi karena pasarnya agak terganggu, ya kami belum tahu nantinya akan seperti apa,” tutup Dimas.

Baca juga: Toyota New Agya Makin “Sporty dan Advance”, Simak Bagian Barunya

VALDO PRAHARA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listrik yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...