Beranda EDITOR'S PICKS Mitsubishi Rayakan 40 Tahun Sukses Pikap, dari Forte ke Triton

Mitsubishi Rayakan 40 Tahun Sukses Pikap, dari Forte ke Triton

JAKARTA, 17 September 2018 – Perjalanan panjang sudah dilakoni pikap Mitsubishi. Bulan September tahun ini, Mitsubishi merayakan 40 tahun kelahiran pikap 1 ton pertamanya. Model yang terus hidup, berkembang, dan digunakan lebih dari 4,7 juta orang.

Kehadiran pikap menjadi salah satu kebangkitan Mitsubishi. Kendaraan tersebut mampu menempuh semua jenis medan, daya tahan dan performa daya angkut, dengan pengendalian, utilitas, kenyamanan dan pengendaraaan yang dapat disamakan dengan sebuah sedan.

Model pertama dinamakan FORTE, sementara di beberapa pasar ekspor menggunakan nama L200 yang masih digunakan hingga saat ini. Mitsubishi Motors kemudian membangun warisan four-wheel-drive dengan menambahkan versi 4×4 pada tahun 1980. Model ini menjadi fondasi bagi kendaraan 4WD Mitsubishi saat ini, seperti PAJERO atau MONTERO dan DELICA.

Model pikap ini segera berganti nama menjadi TRITON di banyak pasar dan memberikan dampak yang mendalam pada bisnis Mitsubishi Motors. Platform generasi pertama dan kedua diproduksi di Pabrik Ohe Mitsubishi Motors. Sejak generasi ketiga yang hadir pada 1995, produksi model ini dipusatkan di Pabrik Laem Chabang di Thailand dan diekspor ke seluruh dunia. Pabrik ini merupakan pabrik terbesar Mitsubishi Motors saat ini dengan kapasitas produksi sekitar 400.000 kendaraan.

Berikut sekilas perjalanan pikap Mitsubishi:

Generasi Pertama (September 1978)

Pada September 1978, FORTE, truk pikap 1 ton diperkenalkan di Jepang dan diekspor dengan nama MITSUBISHI TRUCK dan L200. Ekspor ke Amerika Utara dimulai pada Oktober. Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin. Ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter, dengan pilihan mesin 2.6 liter untuk pasar Amerika Utara dan 1.6 liter untuk pasar Jepang dan region lain. Pilihan mesin diesel 2.3 liter juga tersedia untuk pasar ekspor umum.

Pada Oktober 1980, Mitsubishi memperkenalkan sistem 4WD part-time.

Generasi Kedua (Maret 1986)

Pada bulan Maret 1986, Mitsubishi melakukan pergantian model total. Tiga tipe variasi bodi diperkenalkan: Single Cab, Club Cab, dan Double Cab dengan pilihan bodi pendek dan panjang untuk Single Cab. Pilihan penggerak 2WD dan 4WD tersedia dengan pilihan mesin bensin 2.0 liter, bensin 2.6 liter, dan diesel 2.5 liter (meningkat dari 2.3 liter).

Kemudian pada Mei 1991 diperkenalkan dengan nama STRADA untuk pasar Jepang (khusus Double Cab).

Generasi Ketiga (November 1995)

Model truk pikap baru L200 STRADA diperkenalkan di Thailand. Produksi dipusatkan di pabrik MSC Laem Chabang untuk ekspor ke seluruh dunia.

Ada tiga variasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab untuk ekspor. Menggunakan mesin diesel 2.5 liter atau 2.8 liter dengan mekanisme 4WD yang dilengkapi dengan sistem inovatif “Easy Select 4WD”.

Generasi Keempat (Agustus 2005)

Pikap TRITON baru diperkenalkan di Thailand dan penjualan di pasar lain juga dimulai secara berurutan setelah peluncurannya di Thailand.

Hadir dengan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dan Double Cab yang ditenagai oleh mesin diesel common-rail pengembangan terbaru 2.5 liter dan 3.2 liter. Tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD yang dilengkapi dengan sistem “Easy Select 4WD” atau “Super Select 4WD”.

Generasi Kelima (November 2014)

Generasi kelima diluncurkan di Thailand yang diikuti dengan penjualan di negara lain. Menggunakan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dua pintu, dan Double Cab.

Generasi ini sudah menggunakan mesin diesel hasil pengembangan terbaru 2.4 liter MIVEC turbo, 2.5 liter turbo, dan mesin bensin 2.4 liter. Tersedia dalam pilihan drivetrain 2WD dan 4WD yang tersedia dengan sistem “Super Select 4WD-II” yang mengadopsi electronic actuator.

Generasi Keenam (2018)

Mitsubishi rencananya akan memperkenalkan Triton generasi terbaru di Thailand pada awal November tahun ini.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Generasi Baru Mazda2 akan Pinjam Basis Yaris Hybrid

HIROSHIMA, Carvaganza.com – Bila ingat beberapa tahun lalu, Mazda dan Toyota menjalin kemitraan yang salah satunya diwujudkan lewat rebranding Mazda2. Saat itu, Mazda2 digunakan...

Kisah Nyata Dibalik Mercedes-Benz 600 Pullman John Lennon

JAKARTA, carvaganza.com – Tak ada nama yang lebih tenar selain dari John Lennon dalam hal perdamaian dunia. Bebeda dari John F. Kennedy atau tokoh...

Nissan Terra Dapat Facelift, Adopsi Nama SUV Klasik

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Setelah cukup lama beredar, Nissan Terra akhirnya resmi mengalami penyegaran alias facelift tahun ini. Untuk versi improvement ini, Nissan mengadopsi nama...

MODIFIKASI: Mitsubishi Bravo, Yang Masih Sedarah Dengan Suzuki Every Dan Wuling

NEW YORK, carvaganza -  Ada yang pernah dengar Mitsubish Bravo? Mungkin tak pernah karena nama itu tak familiar dan memang nama mobil tersebut tak...

Tertarik Balapan Lain, Audi akan Tinggalkan Formula E

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Audi memberikan kejutan di akhir tahun 2020 ini, dengan mengumumkan akan menyudahi partisipasinya di Formula E. Strategi baru Audi di motorsport...