Beranda Hot Topics Lamborghini Aventador Capai Angka Produksi 10.000 Unit

Lamborghini Aventador Capai Angka Produksi 10.000 Unit

Foto: www.motor1.com

SANT’AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com – Lamborghini Aventador telah diproduksi sejak tahun 2011. Dan pada Agustus 2020 ini alias dalam kurun waktu Sembilan tahun, angka produksinya sudah mencapai 10.000 ribu unit. Angka produksi ini sekaligus menandakan sebagai angka penjualanya karena Lambo umumnya diproduksi berdasarkan pesanan.

Lamborgini Aventador ke-10.000 itu langsung dipajang di depan pabrik. Sant’Agata juga melakukan perayaan kecil bersama sejumlah karyawan. Mobil dengan nomor chassis 10.000 tersebut adalah Aventador SVJ Roadster dengan warna Grigio Acheso (abu-abu), diberi sentuhan livery Rosso Mimir (merah) dan interior Ad Personam berwarna Rosso Alala (merah) dan hitam. Mobil tersebut akan dikirim ke pasar Thailand.

Ketika mendebut tahun 2011, Aventador yang diproduksi adalah versi coupe dengan nama Aventador LP 700-4. Hal yang paling menonjol dari kendaraan ini adalah Sant’Agata Bolognese membuat terobosan teknologi inovatif berupa monokok serat karbon ‘single shell’ alias cangkang tunggal. Nah, pabrikan mengklaim cangkang yang dibangun berbeda dibandingkan pabrikan lainnya. Jadi bagian kokpit, floor dan bagian atap mobil diintegrasikan dalam satu struktur. Tujuannya agar struktur betul-betul rigid sehingga mobil menjadi makin dinamis dan level keselamatan pasifnya semakin tinggi.

Baca juga: Cuma 10 unit, Lamborghini Aventador SVJ Roadster Xago Mendebut

Lamborghini Aventador

Engine Aventador
Mesin yang diusung Aventador tahun 2011 pun mesin V12 baru. Khusus dikembangkan untuk Aventador LP 700-4, menyemburkan tenaga 700 hp pada 8250 rpm. Waktu itu menjadi benchmark bagi super sport dunia. Pabrikan mengklaim memiliki kemampuan sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 2,9 detik dan kecepatan maksimal 350 km/jam.

Teknologi canggih lainnya yang disematkan adalah mekanisme transmisi robotic ISR. Dengan teknologi ini perpindahan gigi menjadi sangat cepat. Sistem suspensi push-rod memberikan peredaman guncangan secara presisi mirip dengan mobil balap. Sistem buka pintunya pun ke depan, seperti Countach dan model-model Lambo lainnya yang bermesin V12.

Aventador versi Roadster baru dirilis Automobili Lamborghini pada November 2012. Atapnya terbagi dalam dua bagian dan seluruhnya terbuat dari serat karbon. Di versi ini, pabrikan menerapkan inovasi teknologi RTM dan Forged Composite yang membuat estetika kendaraan semakin baik dan bobotnya sangat ringan. Bayangkan, bobot atap mobil menjadi lebih enteng 6 kg.

Baca juga: Lamborghini Aventador LP750-4 SuperVeloce

Lamborghini Aventador Roadster

Baca juga: Lamborghini Huracan Evo Spyder RWD, Punya Tenaga 618 PS!

Pilar belakang belakang didesain ulang agar removable roof (atap copot) bisa mendapatkan support yang maksimal. Bertujuan memberikan perlindungan maksimal kepada penumpang dan bisa menjadi lubang ventilasi yang baik pada ruang mesin.

Nah sejak dirilis tahun 2011, Aventador berkembang menjadi beberapa model dan varian. Berikut adalah sebagian pengembangan yang dilakukan Sant’Agata.

2012
Pada Geneva Motor Show, dirilis Aventador J. Berjenis super sport ‘terbuka’ atau convertible dengan eksterior dan interiornya menyatu. Two-seater bertenaga 700 hp ini memamerkan solusi dan material berteknologi canggih. Sekaligus sebagai ruang pamer teknologi Lambo di bidang serat karbon.

Baca juga: Sangar! Begini Lamborghini Aventador SV Kustom Milik Chris Brown

Lamborghini Aventador Skyler Grey

2016
Tahun ini dirilis Aventador Miura Homage. Merupakan seri istimewa dari Aventador coupe sebagai tanda penghormatan bagi Miura atas anniversarynya yang ke-50. Setelah itu di tahun yang sama keluar juga Aventador S.

2018
Tahun ini diperkenalkan Aventador SVJ. SV merupakan singkatan dari Superveloce dan J penyingkat dari Jota. Yang artinya superioritas super sportscar tersebut dalam hal performa dan kehandalannya di trek. Diproduksi terbatas, hanya 900 unit. Menorehkan catatan sejarah sebagai production car terkencang di trek Nurburgring-Nordschleife dengan waktu 6 menit, 44,97 detik meliputi jarak 20,6 km.

2019
Pabrikan merilis Aventador S one-off (satu unit) hasil karya Skyler Grey. Mobil ini sebagai simbol menyatukan dua konsep seni. Pertama adalah seni Lamborgini sebagai benda otomotif. Ditandai desain bentuk yang unik yang diperlihatkan lewat garis tegas, volume tiga dimensi, geometrik dan lain-lain. Di sini lain, Skyler Grey memberikan sentuhan street art pada mobil, berupa airbrushing, spray guns, roller dan stensil.

Sumber: www.motor1.com, thedrive.com

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Eskpor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...

Lebih dari 8.000 Peserta Ramaikan Kompetisi Balap Virtual Honda Brio

JAKARTA, Carvaganza -- Mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2020 lalu. Untuk menambah...

Shell Terbitkan Buku 10 Tahun Partisipasi Indonesia di Shell Eco-marathon

JAKARTA, Carvaganza -- Shell memberikan sarana bagi anak muda dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya melalui Shell Eco-marathon (SEM) Asia dan juga Drivers’ World...

Ichan Chaniago Terpilih Jadi Ketua Umum Baru AXIC 2020-2020

JAKARTA, Carvaganza - Komunitas otomotif besar di Indonesia, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), memiliki ketua umum baru di ujung tahun ini. Melalui pemilihan ketua umum...