Beranda Hot Topics IIMS Digelar Februari 2021, Motobike Expo Masih Punya Peluang

IIMS Digelar Februari 2021, Motobike Expo Masih Punya Peluang

JAKARTA, Carvaganza.com – Dyandra Promosindo sudah memastikan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 batal dilangsungkan tahun ini. Pandemi virus corona (COVID-19) yang masih melanda Indonesia menjadi alasan utama. Meski demikian masih ada rencana yang menggantung, terkait IIMS Motobike Expo dan IIMS Surabaya 2020.

Sedianya, pameran otomotif ini dilangsungkan pada 9-19 April 2020 lalu. Namun karena pertimbangan keselamatan dan kesehatan menyusul wabah coronavirus (COVID-19) ajang ini diundur. Belakangan, dengan situasi yang masih tidak jelas, Dyandra mengambil keputusan untuk meniadakan IIMS 2020. Sebagai informasi, hingga Minggu (17/5/2020) malam, kasus COVID-19 di Indonesia tercatat berada di angka 17.514 kasus. Sedangkan jumlah korban meninggal ada di angka 1.148 orang.

Ditambah lagi, pandemi COVID-19 ini berdampak signifikan terhadap industri otomotif Indonesia. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk Januari – Maret 2020 mengalami penurunan sebesar 15,6 persen (219.361 unit) bila dibandingkan periode yang sama tahun 2019 (259.963 unit). Sementara data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) juga memperkirakan terjadinya penurunan antara 25 – 30 persen untuk penjualan roda dua, khususnya pasar domestik hingga akhir tahun 2020.

Kondisi ini membuat Dyandra memutuskan tidak menggelar IIMS 2020. “Keputusan tidak terselenggaranya IIMS 2020 bukan kebijakan populis. Langkah ini kami ambil untuk mengutamakan kepentingan banyak pihak utamanya dari sisi Kesehatan sekaligus mendukung keputusan pemerintah untuk memutus penyebaran virus maha dahsyat ini,” kata Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo.

Penyelenggara memutuskan untuk mengadakannya kembali pada 2021, tepatnya 15-28 Februari. Lokasinya masih sama di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: IIMS 2020 Resmi Batal, Digelar Februari Tahun Depan

Pelaksanaan IIMS 2021

Untuk tahun depan, IIMS tidak lagi mengusung tema “Your Infinite Automotive Experience”. Kohen, Hendra Noor Saleh, mengatakan untuk perhelatan mendatang IIMS mengambil konsep New Normal yang tengah trending. Dengan tema tersebut, banyak hal baru ditemukan nanti. Terutama terkait keselamatan pengunjung, dengan penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Pengaplikasian inovasi swab test mungkin saja dilakukan saat IIMS, meski harus mengeluarkan biaya lebih untuk memanjakan para pengunjung.

Waktu yang cukup panjang hingga pagelaran, memberikan banyak ruang bagi penyelenggara untuk mempersiapkan lebih matang. Tujuannya tak hanya membuat acara menjadi ramai, tapi juga mampu mendukung para pelaku industri otomotif untuk bangkit lagi.

“Sejak kita umumkan hari ini, tentu kita tidak berpangku tangan. Kita berusaha mendukung industri. Terutama dalam aktivitas marcom dan program-program sales. Salah satu concern dari industri adalah bagaimana memulihkan market. IIMS akan menggunakan semua kanal dan resource kami. Agar program sales dari para stakeholder dan APM bisa kita bantu penjualannya,” kata Kohen, sapaan akrab Hendra Noor Saleh.

Baca juga: IIMS 2020 Seharusnya Dibuka Hari Ini, Kohen: Lega dan Nyesek

IIMS Motobike Expo dan IIMS Surabaya

Meski demikian ada sisa pertanyaan. Bagaimana dengan dua event Dyandra lainnya, seperti IIMS Surabaya dan IIMS Motobike Expo? Hendra mengaku pihaknya masih menunggu dan memantau perkembangan untuk penyelenggaraan keduanya. IIMS Surabaya sendiri sebenarnya telah disetel berlangsung pada 10-15 November di Grand City Convex.

Untuk IIMS Motobike Expo yang seharusnya dilaksanakan Juli nanti, belum diketahui akan digelar tahun ini atau tidak. Kalau pun memungkinkan, Hendra mengungkapkan akhir tahun menjadi waktu yang paling pas untuk menghadirkan ajangnya para pecinta kendaraan roda dua di Tanah Air itu. Hal ini sama seperti Motobike 2019 yang dilangsungkan 29 November – 1 Desember.

Namun Kohen mengakui pihaknya masih menunggu dan terus memantau perkembangannya. “Kalau November atau Desember sudah bisa, mungkin akan kita laksanakan,” tutupnya.

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto