First Drive Eksklusif Proton Iriz

First Drive Eksklusif Proton Iriz
JAKARTA, 5 Februari 2017 - PT Proton Edar Indonesia dikabarkan akan segera meluncurkan compact hatchback mereka yaitu Proton Iriz. Mobil ini sendiri nantinya akan mengisi segmen dimana Daihatsu Sirion, KIA Picanto, Mitsubishi Mirage dan Toyota Etios Valco bertarung.

Pabrikan mobi asal Negri Jiran ini membekali Proton Iriz dengan mesin berkapasitas 1.300 cc VVT. Di Malaysia, Proton Iriz juga hadir dengan mesin 1,6 liter. Mereka menawarkan 3 pilihan varian yaitu Standar, Medium dan Executive. Namun di Indonesia PT Proton Edar Indonesia hanya menyediakan versi standar saja. Meski hanya tipe standar, Proton Iriz sudah menggunakan velg Casting Wheel.

Carvaganza berkesempatan menjajal langsung kemampuan mesin dari Proton Iriz. Meski hanya di dalam lingkungan Showroom, saya sudah bisa mencicipi beberapa fitur yang tersemat di dalam Proton Iriz.

Saat itu saya memiliki kesempatan menjajal semua transmisi yang ditawarkan oleh Proton Edar Indonesia pada Proton Iriz yaitu manual dan otomatis CVT. Mesin 1.300cc nya cukup responsif untuk mobil sekelas compact hatchback ini. Ketika kopling dilepas dan gas di injak perlahan, tarikannya cukup enteng.

Sedangkan untuk tipe yang menggunakan transmisi otomatis CVT injakan pedal gas cukup responsif untuk memutarkan mesin. Hanya saja ketika dari posisi berhenti akan terasa lebih enteng tipe transmisi manual dibandingkan otomatis CVT.

Baca juga: First Review Eksklusif Proton Iriz
Baca juga: Foto-Foto Eksklusif Proton Iriz di Indonesia


Ada suatu hal yang cukup membuat saya takjub, mobil compact hatchback ini ketika menjajalnya di tanjakan. Ketika saya berhenti di tanjakan dan akan berjalan, saya melepas rem dan masih menginjak kopling. Saat itu mobil tidak mundur dengan kondisi saya tidak menginjak rem. Ketika saya menyenggol gas, barulah mobil mundur. Disitu saya baru sadar jika Proton Iriz sudah dilengkapi dengan fitur Hill Assist yang biasanya digunakan pada mobil-mobil di segmen premium.

Oh ya, posisi duduk pun cukup enak. Meski belum dilengkapi dengan pengaturan kursi otomatis, untuk mengatur pengaturan manualnya pun cukup mudah. Ketinggian stir pun bisa saya atur sesuai dengan posisi yang saya rasa nyaman berkat adanya tilt steering.

Nah, kapan Proton Iriz ini meluncur resmi di Indonesia, kita tunggu saja.

TITO LISTYADI

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya