Beranda Hot Topics Takut Virus Corona, Kantor APM Wajibkan Tamu Ukur Suhu Tubuh

Takut Virus Corona, Kantor APM Wajibkan Tamu Ukur Suhu Tubuh

JAKARTA, Carvaganza.com – Merebaknya wabah virus corona (covic-19) mengkhawatirkan banyak pihak termasuk Indonesia. Apalagi kasus pertama virus ini di Tanah Air sudah dikonfirmasi langsung Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020) lalu. Langkah antisipasi dilakukan agen pemegang merek (APM) di Indonesia. Salah satunya dengan melakukan pengecekan suhu tubuh.

Jokowi mengumumkan kasus suspect coronavirus menimpa dua warga Depok, Jawa Barat. Berita ini menjadi viral di kalangan masyarakat. PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai pemegang merek Toyota di Indonesia juga melakukan antisipasi. Mereka melakukan pengecekan suhu tubuh bagi seluruh karyawan maupun tamu yang datang ke kantor mereka di di Jl. Yos Sudarso, Sunter II, Jakarta.

“Antisipasi sudah kami lakukan sejak Januari lalu,” kata Dimas Aska, Interactive Communication Department Head PT TAM kepada Carvaganza. Semua pengunjung bahkan karyawan harus menjalani pengecekan suhu tubuh. Jika lebih dari suhu normal, 36 derajat, diminta untuk melakukan pemeriksaan di klinik.

Mereka ditanya mengenai kondisi, apa yang dilakukan dalam dua hari terakhir, apakah melakukan perjalanan ke luar negeri, dan lain-lain. “Kita coba dapatkan informasi sehingga kita bias tahu kondisi yang bersangkutan. Dilakukan daily basis” kata dia.

bangkokpost.com

Penyaringan Tamu Asing

Lain dengan PT Honda Prospect Motor (HPM) yang memayungi merek Honda di Indonesia. Mereka membuat kebijakan salah satunya adalah menghimbau para karyawannya agar tidak berpergian ke luar negeri. “Saat ini memang belum ada larangan bepergian untuk karyawan Honda, namun tetap dibatasi sesuai kepentingan,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy.

Kebijakan lainnya, yaitu kewajiban setiap tamu asing mengisi formulir terkait wabah virus tersebut sebelum bertolak ke kantor pusat Honda di Sunter, Jakarta Utara. Penyaringan ini berlaku terutama buat tamu dari negara yang telah resmi diumumkan terjangkau penyebaran Virus Corona. Jika sebelumnya tamu pernah melakukan kegiatan di negara yang punya kaitan dengan pandemik tersebut, manajemen akan meminta tamu itu menunda perjalanan. Yusak mengatakan kebijakan ini sudah berlaku sejak awal Februari 2020.

“Terhadap tamu asing yang akan berkunjung ke HPM, sebelum datang mereka akan diminta isi form history terkait virus corona. Apa belum lama pernah berkunjung ke negara yang sedang pandemik, apakah saat ini sedang sakit, dan lainnya. Kami menyarankan untuk menunda kedatangannya sampai benar-benar yakin yang bersangkutan sehat dan aman untuk bisa datang ke kantor kami,” katanya.

Ilustrasi, Foto: npr.org

Langkah mewajibkan tamu untuk mengisi form dan surat keterangan dari dokter juga dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) yang membawahi motor Honda.

Sementara PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan pemindaian suhu tubuh. Kantor Suzuki yang berada di Jl. Raya Bekasi Km. 19, Pulogadung Jakarta menyiapkan alat pengukur suhu tubuh bagi semua tamu dan karyawan. Rudiansyah, Head of PR and Digital PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan hal itu dilakukan untuk pencegahan. “Sudah dilakukan mulai pekan ini,” kata dia kepada Carvaganza.

Wabah coronavirus ini memang menakutkan. Seperti dilansir nytimes.com kasus ini menghantam 98,442 orang. Angka kematian sudah mencapai 3.387 orang. Sedangkan negara yang terjangkit melebihi 70 negara.

Baca juga: Virus Corona Terdeteksi di Indonesia, IIMS 2020 Jalan Terus

EUGENIUS STEAVE FAUBUN | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto