Mobil Toyota Camry 2022

Camry baru menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang membuat lebar serta wheelbase bertambah. Desain eksterior serta interior revolusioner, diikuti fitur yang memiliki banyak teknologi baru dan memberi sensasi berkendara semakin menyenangkan.

Saat peluncurannya, mesin yang digunakan masih sama dengan generasi sebelumnya, empat silinder Dual VVT-I berkonfigurasi empat silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan mencapai 183 PS dan torsi 234 Nm.

Tetapi pada versi faclift 2021, Toyota Camry mengganti mesinnya dengan versi baru. Mesin baru TNGA pada New Camry V menggunakan model baru berkode A25A-FKS meningkat dari 183 PS pada 6.000 rpm menjadi 204 PS pada 6.600 rpm. Torsinya pun naik dari 234,3 Nm pada 4.100 rpm menjadi 243,2 Nm pada 5.000 rpm. Mesin ini dipasangkan transmisi baru yakni otomatis 8-speed yang menawarkan pengalaman berkendara dan penyaluran tenaga yang lebih efisien.

Toyota juga mengklaim, mesin baru ini menghasilkan emisi CO2 yang lebih rendah yakni 148 g/km. Efisiensi bahan bakar juga meningkat menjadi sekitar 16,3 km per liter, tentu dengan catatan ini tergantung kondisi jalan dan gaya yang berbeda-beda.

Baca Selengkapnya Tutup
  • Tampak Depan Bawah Toyota Camry
  • Tampak samping Camry
  • Tampak Depan Toyota Camry
  • Tampak Grille Camry
  • Fog lamp depan Camry
  • Lampu depan Camry
  • Toyota Camry Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Camry
  • Pelek Camry
  • Toyota Camry Front Side View
  • Tampak depan medium Toyota Camry
  • Tampak belakang tengah Camry
  • Toyota Camry Front Cross Side View
  • Toyota
  • Tampak depan Camry, sudut rendah
Rp 741,7 Juta DP Rp 185,42 Juta EMI : Rp 16,92 Juta x 36
Fuel Petrol Engine 2494 cc Tempat Duduk 5 Kursi Transmission Otomatis

Harga Toyota Camry

  • All
  • Petrol
  • Value For Money 2.5 V
    Rp 741,7 Juta
    5 Kursi 2494cc Bensin
  • Value For Money 2.5 V
    Rp 741,7 Juta
    5 Kursi 2494cc Bensin

Toyota Camry Varian dengan value for money terbaik

Ketika diperkenalkan pertama kali pada awal 2019, generasi terbaru Toyota Camry hadir dalam tiga varian, yakni G, V Hybrid. Namun setelah tahun 2021 Camry mendapat penyegaran di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) dan kini hanya dijual dalam dua varian saja, V dan Hybrid.

 

Jelas keduanya ada perbedaan harga. Menariknya setelah penerapan CO2 tax (carbon tax) harga Camry hybrid terbaru mengalami penurunan harga yang signifikan. Harga Camry Hybrid sebelum CO2 tax sekitar Rp 849,5 juta. Sekarang harganya menjadi Rp 767 juta atau turun sebanyak Rp 82 jutaan. Harga ini bahkan lebih rendah dari harga saat peluncurannya di 2019 (Rp 806,6 juta).

 

Harga Camry tipe V juga turun meski tak sejauh Varian hybrid. Saat peluncurannya pada 2019, mobil ini dijual Rp 646,6 jutaan sekarang harganya Rp 637 juta. Bayangkan harga ini jauh lebih murah dari kompetitornya, Honda Accord yang dijual Rp 749 juta. Melihat perbedaan harga ini saja, sudah ketahuan kalau Toyota Camry menawarkan value for money yang baik di kelasnya.

 

Tapi mana yang lebih baik dipilih, Camry hybrid atau tipe V? Selisih keduanya Rp 130 juta. Harga tersebut untuk menebus teknologi sistem penggerak listrik, pusat pengaturan audio dan ac di kursi belakang, speaker JBL dan lainnya. Apakah sepadan? Kalau menurut kami, masih sangat sesuai. Pasalnya harga barunya yang Rp 767 juta hanya beda tipis dari Honda Accord seharga Rp 749 juta yang bukan hybrid. Bonus, fitur keselamatan terpadu Toyota Safety Sense (TSS).

Baca Selengkapnya Tutup

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Camry

Dapatkan wawasan yang lebih baik tentang Toyota Camry, Baca pendapat ahli kami dan bantu untuk membeli atau tidak

Skor Penilaian Carvaganza untuk Toyota Camry

3/5

Overall rating

Dinilai oleh Rizki Satria Carvaganza

  • Toyota Camry - Value For Money

    4 Bintang

    Harga Toyota Camry memang tidak murah. Tapi kalau melihat persaingan di segmennya, harga Camry terbilang cukup bersaing. Bahkan varian hybrid mobil ini hanya berselisih Rp 18 juta saja dari Honda Accord yang bukan hybrid. Artinya, Camry non hybrid jauh lebih murah dari musuh bebuyutannya itu.

     

    Harga memang lebih murah, tapi Toyota tidak menawarkan Camry sebagai produk murahan. Semua dibalut dengan transformasi desain dari elegan ke nuansa sport yang kental di bagian eksteriornya. Interionya beda lagi, terlihat elegan dan mewah khas sedan premium lengkap dengan segudang fitur canggih nan mewah di dalam.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Eksterior Camry

    4 Bintang

    Soal desain memang tergantung. Silakan nilai sendiri wujud baru Camry. Setidaknya, menurut kami, bentuk ini lebih tegas dengan pendekatan bergaya Eropa yang mengangkat derajatnya. Aura agresif dan sporty lebih kental memancar, ketimbang unsur elegan yang melekat pada dirinya sejak lama. Lihat saja hidung mancung dengan grille yang tipis. Tapi bumper depan menganga lebar dengan banyak lubang udara khas mobil sport, yang membutuhkan banyak udara untuk mendinginkan mesin.

     

    Garis bahu di samping disambut seksinya pahatan pinggul. Ditambah garis jendela di pillar-C yang menukik mirip sentuhan khas Hofmeister kink pada BMW. Menyampaikan pesan, Camry sekarang lebih berotot dan tak manis lagi seperti dulu. Apalagi di bagian belakangnya, terdapat diffuser dengan dua knalpot yang menyembul di tiap tepi. Semua itu disepuh fitur eksterior modern, lampu depan LED proyektor dan lampu belakang LED.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Interior Toyota Camry

    4 Bintang

    Pesan sporty dipertahankan hingga masuk ke dalam kabin. Tema bernada hitam membuktikan itu. Center fascia pun didesain driver oriented atau agak sedikit serong menghadap pengemudi. Tujuannya, memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk mengoperasikan seluruh instrumen di dashboard, tanpa mengganggu konsentrasi saat berkendara. Platform TNGA juga diklaim memungkinkan Toyota memasang kaca depan lebih besar, menempatkan dashboard lebih rendah, serta pillar-A yang tipis.

     

    Bidang pandang yang luas ini, dibutuhkan untuk menurunkan posisi berkendara lebih rendah dari sebelumnya, menghasilkan low center of gravity. Maksudnya, memberikan pengalaman berkendara yang lebih intuitif bagi pengemudi dan kenyamanan bagi penumpangnya di belakang. Kenyamanan ditunjang lagi oleh kesenyapan kabin yang patut diacungi jempol. Suara hambatan angin saat melaju kencang maupun artikulasi roda yang bertapak cukup lebar mampu diredam dengan tak mengecewakan.

     

    Material kabin khas sedan mewah seharga lebih dari setengah miliar rupiah. Bahan kulit berkualitas membungkus interior, mulai dari jok, lingkar kemudi, door trim, dashboard hingga ke kenop tuas transmisi. Ornamen panel kayu di konsol tengah dan dashboard memberi sentuhan kemewahan nan klasik. Suasana yang nyaman nyaman ini didukung ruang kabin yang luas. Dimensi panjang 4.885 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.445 mm dan jarak sumbu roda 2.825 mm membuktikan itu.

     

    Bagasinya pun cukup besar, sekitar 425 liter barang ditelan. Uniknya, ada lubang dari kursi baris kedua saat sandaran tangan diturunkan, yang bisa digunakan tangan untuk merogoh barang ke dalam bagasi.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Mesin, Performa & Konsumsi BBM Camry

    4 Bintang

    Mesin Toyota Camry diubah dari 2AR-FE yang bertenaga 183 PS dengan torsi puncak 234 Nm menjadi mesin baru TNGA berkode A25A-FKS. Tenaganya meningkat menjadi 204 PS pada 6.600 rpm. Torsinya pun naik dari 234 Nm menjadi 243 Nm. Mesin ini dipasangkan transmisi baru yakni otomatis 8-speed yang menawarkan pengalaman berkendara dan penyaluran tenaga yang lebih efisien.

     

    Toyota juga mengklaim, mesin baru ini menghasilkan emisi CO2 yang lebih rendah yakni 148 g/km. Efisiensi bahan bakar juga meningkat menjadi sekitar 16,3 km per liter, tentu dengan catatan ini tergantung kondisi jalan dan gaya yang berbeda-beda.

     

    Versi hybrid Toyota Camry beda lagi. Camry Hybrid masih menggunakan mesin 4-silinder segaris 2.487 cc berteknologi hibrida yang menghasilkan tenaga 178 ps dari mesin konvensional dan 20,6 ps dari baterainya. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission).

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Pengendaraan dan Pengendalian Toyota Camry

    4 Bintang

    Toyota Camry dibangun di atas struktur rangka TNGA (Toyota New Global Architecture). Apa sih TNGA dan apa kelebihannya? Toyota telah menemukan formula fundamental struktur rangka kendaraaan. Arsitektur rangka yang didesain seluruhnya untuk menyajikan kesenangan mengemudi secara maksimal. Resep jitunya, low center of gravity, body rigidity, pengendalian yang akurat, suspensi belakang double wishbone dan bidang pandang sempurna.

     

    Begitu Anda duduk di depan lingkar kemudi, semua itu langsung dapat dirasakan. Pertama bidang pandang yang sempurna. Padahal posisi duduk diposisikan sangat rendah. Posisi berkendaranya sangat sporty, dengan kaki yang hampir selonjor ke depan. Ternyata struktur rangka didesain agar mampu menempatkan dashboard sangat rendah. Sasis yang kokoh, juga memungkinkan Camry punya pillar-A yang tipis. Semua ini meminimalkan blind spot.

     

    Desain bodi yang mengalir dengan banyak sentuhan aerodinamis, membuat mobil bak mencengkeram aspal dan menjaga stabilitas saat dipacu melesat di kecepatan tinggi. Pergerakan bodi mobil, pun jadi sangat menurut input pada lingkar kemudi. Sungguh tak sulit mengemudikan mobil yang berdimensi panjang hampir 5 meter ini, padahal ia memakai penggerak roda depan.

     

    Kualitas bantingan suspensi Camry sekarang adalah kompromi terbaik. Saat menikung di kecepatan tinggi, bukannya tak ada gejala body roll sama sekali. Tetapi suspensi double wishbone dan racikan peredaman suspensi depan, sukses menjaga kesimbangan antara kenyamanan dan kesenangan mengemudi. Jangan bayangkan bantingan suspensi keras sampai bikin sakit pinggang khas mobil sport sungguhan. Camry masih tetap menjaga tradisi kenyamanan untuk penumpangnya.

     

    Transmisi otomatis 8-speed sequential turut menyumbang kenyamanan. Bayangkan saja, dalam mode berkendara normal dari posisi diam, Camry memilihkan gigi ke empat untuk Anda melaju tenang. Tak ada kekhawatiran Camry menerkam mobil di depannya saat situasi stop and go di kemacetan. Tapi penyaluran daya yang moderat itu dapat berubah seketika jika pedal gas di kick down tiba-tiba. Apalagi posisi gigi dapat dipindah secara manual lewat tuas transmisi di mode sport.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Fitur keselamatan Camry

    4.5 Bintang

    Model hybrid Toyota Camry sudah mendapatkan perlindungan tujuh SRS airbag dan Rear cross traffic alert serta blind spot monitor. Camry Hybrid juga menggunakan Toyota Safety Sense 2.

     

    Fitur ini terdiri dari pre collision system, lane departure alert dengan steering control, dynamic radar cruise control with curve speed reduction serta auto high beam. Masih ada Lane tracing assist yang terdiri dari lane departure warning, lane centering serta steering assist.

     

    Terbaru, Camry Hybrid juga sudah disertakan teknologi T intouch. Teknologi ini menghubungkan pemilik dengan kendaraannya melalui aplikasi di telepon genggam. Melalui aplikasi ini pemilik dapat menemukan mobilnya, mengikuti jejak kendaraan saat dicuri, geo fencing, serta info kendaraan secara realtime. Ada juga e-care untuk mengingatkan waktu servis, trip driving update, support center dan road assistance.

     

    Varian non hybrid meski belum mendapatkan sentuhan Toyota Safety Sense (TSS) seperti model hybrid, Camry V hadir dengan perangkat keselamatan 7 SRS airbag di interior, ABS EBD BA, Smart entry, rear camera serta back & corner sensor.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Layanan Purna Jual Camry

    4.5 Bintang

    Berpuluh tahun sudah Toyota ada di Indonesia. Selama itu pula Toyota dikenal sebagai salah satu produsen mobil dengan layanan purna jual terbaik di Indonesia. Bahkan tak sedikit konsumen setia yang tak rela mengganti Toyota miliknya dengan mobil dari brand lain atas alasan ini.

     

    Kesetiaan itu diwariskan turun-temurun ke anak cucu yang juga sudah merasakan sendiri betapa mudahnya merawat mobil-mobil Toyota. Layanan purna jual yang baik serta ketersediaan suku cadang yang memadai. Populasi kendaraan Toyota yang tinggi juga membuat banyak produsen suku cadang aftermarket menawarkan alternatif yang sepadan baik secara harga maupun kualitas. Sehingga jarang konsumen Toyota kesulitan menemukan suku cadang untuk kendaraannya.

    Baca Selengkapnya Tutup

Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Toyota Camry

Berapa tenaga mesin Toyota Camry?

Mesin baru TNGA pada New Camry V menggunakan model baru berkode A25A-FKS yang bertenaga 204 PS pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 243 Nm pada 4.000-5.000 rpm. Mesin ini dipasangkan transmisi baru, yakni otomatis 8-speed.

Berapa tenaga mesin Toyota Camry Hybrid?

Camry Hybrid masih menggunakan mesin 4 silinder segaris 2.487 cc berteknologi hibrid yang menghasilkan tenaga 178 ps dari mesin konvensional dan 20,6 ps dari baterainya. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi CVT.

Berapa kapasitas tanki BBM (bensin) Toyota Camry?

Kapasitas tangki bensin Toyota Camry 60 liter dan 50 liter untuk Camry Hybrid.

Berapa dimensi panjang Toyota Camry?

Toyota Camry memiliki dimensi panjang 4.885 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.445 mm dan jarak sumbu roda 2.825 mm.

Berapa ukuran ban Toyota Camry?

Toyota Camry menggunakan ban berukuran 235/45 R18.

Mobil Toyota

Alternatif Toyota Camry

Updates - Toyota Camry

Artikel Lainnya

New Cars - Toyota Camry

Artikel Lainnya

Drives - Toyota Camry

Artikel Lainnya

Video - Toyota Camry

Lihat Lainnya

Features - Toyota Camry

Artikel Lainnya

Artikel Mobil dari Oto

Artikel Mobil dari Zigwheels