Beranda Drives Mencicipi Ketangguhan Mitsubishi New Triton Bersama Legenda Reli Paris Dakar

Mencicipi Ketangguhan Mitsubishi New Triton Bersama Legenda Reli Paris Dakar

BALIKPAPAN, 20 Agustus 2019 – Guna memberikan pengalaman lengkap tentang New Triton, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengajak media merasakan langsung double cabin ini dipandu Hiroshi Masuoka, pereli legendaris juara Paris Dakar, di Grand City Sinar Mas, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (19/8) kemarin, melalui acara “Engineered Beyond Tough Experience”.

Carvaganza kebetulan tidak asing dengan Masuoka. Perkenalan pertama kami berlangsung saat test drive Triton generasi sebelumnya di Bali. Pria kelahiran 13 Maret 1960 ini juga hadir sebagai Global Ambassador Mitsubishi Motors Corporation.

Bicara soal kemampuan balap, Masuoka adalah satu dari segelintir pereli dengan segudang pengalaman. Ia adalah pemenang Reli Paris Dakar back-to-back 2002 dan 2003. Ia menjadi menjadi satu dari empat pembalap yang pernah memenangkan gelar di reli paling bergengsi ini secara berturut-turut. Pria murah senyum ini juga menjadi pemenang di Baja Italy (2003) dan UEA Desert Challenge (2004).

Selain Masuoka, MMKSI juga menghadirkan dua pembalap lain yaitu Kazuto Koide, pereli Internasional asal Jepang dan Rifat Sungkar pereli nasional yang juga Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

Baca juga: Jadi Raja di Kalimantan Timur, Mitsubishi Triton Kuasai 80 Persen Pasar
Baca juga: Segini Harga Mitsubishi New Triton di Kalimantan Timur

New Triton sebenarnya pernah saya coba ketika diluncurkan pertama kali di Thailand. Tapi kesempatan menjadi navigator Masuoka tentu saja tidak saya sia-siakan. Saya langsung duduk di bangku depan, bersebelahan dengan Masuoka yang menjadi pengemudi. Sebelum dimulai, pereli 59 tahun itu, memberikan beberapa informasi terkait New Triton.

“Banyak perubahan yang dilakukan Mitsubishi Motors. Dengan pengalaman 40 tahun di segmen ini, Mitsubishi membangun New Triton dengan berbagai keunggulan,” kata dia.

Begitu bendera start diinjak, mobil langsung melesat. Mesin baru dengan kode 4N15 berkapasitas 2.4 liter ini memang luar biasa. Tenaga yang dihasilkan mencapai 181 PS mampu membuat New Triton seperti terbang di track off-road yang dibuat khusus untuk event ini.

Baca juga: Mitsubishi New Triton Unjuk Kemampuan di Balikpapan
Baca juga: Mau Jajal Kemampuan Mitsubishi New Triton? Coba Daftar di Sini

Meski terguncang-guncang akibat jalanan bergelombang, kabin terasa tetap nyaman. Penggunaan Double Wishbone Coil Spring, Twin Tube Shock Absorber, Torsion Bar Stabilizer di bagian depan dan Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Twin Tube Shock Absorber untuk suspensi belakang cukup ampuh meredam guncangan.

Tikungan tajam dilahap dengan kecepatan tinggi juga tak mengurangi kenyamanan penumpang di dalam kabin. Bahkan ketika memasuki sebuah tikungan berbentuk U, Masuoka tetap menekan gas, saya sama sekali tak merasakan ada efek terlempar ke samping.

Meski pernah mencobanya, saya tetap terkesan dengan kestabilkan mobil ini. New Triton mampu bermanuver dengan baik dan lebih stabil. Saya sempat takut mobilnya terbalik karena kecepatan tinggi namun Masuoka langsung membanting setir di tikungan.

Baca juga: Mitsubishi Motors Ajak Konsumen dan Media Jajal New Triton
Baca juga: REVIEW: Mitsubishi New Triton, King of All Terrain

Meski singkat, hanya dua lap di lintasan test ride yang memiliki panjang 2,2 km, saya cukup puas. “Well? Bagaimana rasanya? Tetap nyaman kan?” kata Masuoka ketika mobil berhenti.

Masuoka mengatakan ada dua hal yang menurutnya mendapat improvement paling besar yaitu kenyamanan kabin dan fitur keamanan. Ada banyak fitur keamanan canggih yang ditanamkan pada New Triton.

“Senang karena Indonesia banyak penggemar Mitsubishi. Triton yang terbaru ini merupakan pengembangan sejarah dan teknologi pick Mitsubishi up selama 40 tahun. Saya yakin mobil ini akan disambut hangat,” tutup Masuoka.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza